Haermes Human Resources Payroll System

Kenapa Haermes?

Kenapa namanya “Haermes?” 

Itulah pertanyaan yang selalu muncul ketika saya memperkenalkan produk kami. Dan biasanya akan selalu muncul dikaitkan dengan sebuah merek fashion papan atas asal Perancis yang cukup terkenal.

Sebenarnya Haermes adalah produk Human Resource Management System  (Ha eR M eS -> di sinilah asal usul nama Haermes) yang ditujukan untuk kepada perusahaan yang ingin menggunakan piranti lunak bisnis untuk mengelola sumber daya manusia (sumber daya yang paling penting di dalam perusahaan).

Haermes versi pertama dimulai di tahun 2007 untuk salah satu perusahaan di Batam, di mana versi pertama hanya memiliki modul payroll sederhana dan berjalan di Windows sebagai aplikasi desktop. Saat ini, Haermes sudah ber-evolusi menjadi sebuah solusi dari process permintaan karyawan baru, process hiring, pengolahan data karyawan, process penanganan kehadiran, perhitungan upah dan benefit, portal self service karyawan, pinjaman karyawan, pengolahan claim karyawan dan juga process evaluasi karyawan dan training. Dan dari aplikasi sederhana berupa desktop, kita sudah memiliki aplikasi berbasis web dan sedang dalam tahap untuk menuju ke aplikasi Cloud yang sedang tren di dunia IT.

Dasar rancangan dan tujuan dari Haermes adalah untuk meningkatkan kinerja perusahaan pada umumnya dan divisi Human Resources (HR) pada khususnya, dengan otomatisasi process, menyederhanakan atau mengeliminasi process manual serta memberikan informasi kepada management untuk melakukan decision making yang tepat terkait dengan sumber daya manusia di dalam perusahaan. Kami percaya bahwa Departemen HR seharusnya fokus terhadap pengembangan dan peningkatan SDM perusahaan. Tetapi kami juga melihat banyak sekali perusahaan yang tanpa bantuan sistem yang bagus, Departemen HR hanya akan terfokus kepada rutinitas  pekerjaan paperwork yang menyita banyak waktu. Dan dengan pengolahan yang tidak efisien juga menyebabkan berkurangnya kepercayaan antara perusahaan dan karyawan dan pada akhirnya bisa menyebabkan kinerja yang tidak bagus untuk perusahaan.

Terkait dengan dasar ini Haermes memberikan beberapa solusi seperti:

  1. Sistem yang dirancang secara modular sehingga pelanggan kami bisa memilih implementasi modul sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan perusahaan.
  2. Process otomatisasi yang lengkap dan berguna seperti penarikan data secara otomatis dari mesin absensi, pengiriman notifikasi dan laporan dari system sesuai dengan kriteria yang di-inginkan
  3. Haermes dirancang untuk memberikan fleksibilitas dan kebebasan kepada pelanggan kami untuk bisa melakukan perubahan laporan yang ada di sistem, perhitungan formula dan juga penyediaan web services untuk integrasi dengan aplikasi lainnya, serta modul import dan export yang sangat fleksibel yang dapat digunakan.

Dalam tulisan saya selanjutnya saya akan coba memberikan penjelasan modul yang ada di Haermes yang bermanfaat dengan peningkatan kinerja, dan saya akan coba memberikan pengalaman implementasi kami di beberapa perusahaan pelanggan kami terkait modul tersebut. Semoga tulisan saya ini bisa memberikan gambaran mengenai apa itu Haermes dan apa yang kita sedang kerjakan untuk memberikan solusi yang lebih bagus kepada peningkatan kinerja perusahaan anda.

 

Cheers…

Simillar post