SAP2

Mengapa Perusahaan Skala Medium dan Enterprise Menggunakan Sistem SAP di 2024

A. Alfan Alif

Share on:

Dalam persaingan bisnis yang semakin kompetitif saat ini, hampir semua bisnis sedang menghadapi sejumlah tantangan. Nah, tantangan-tantangan ini perlu segera diatasi dengan solusi digital yang efisien dan adaptif. Sayangnya, proses pilah pilih solusi sistem mana yang paling sesuai dengan kebutuhan itu tidak mudah, karena banyak sekali perusahaan atau vendor yang menawarkan solusi sistem digital berbasis SaaS di luar sana. Karena itu, ada sebuah rekomendasi di sini, yaitu pilih perusahaan penyedia solusi digital yang sudah lama established di dunia. Dalam konteks ini, maka sistem SAP dengan berbagai solusi yang ditawarkannya adalah jawaban yang selama ini Anda cari. 

Baik bisnis Anda kecil, menengah atau besar, sistem SAP dapat membantu. Salah satu yang paling sering dicari di sistem SAP adalah solusi sistem ERP-nya. Solusi ini menyediakan berbagai modul yang mana bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Finance, Manufaktur. Pengadaan Barang. Sales, Jasa dan Layanan, Supply Chain adalah beberapa contoh modul yang bisa Anda pilih. Semua modul ini bisa terhubung dengan satu sama lainnya di satu tempat. Jelas, hal ini dapat memudahkan Anda dalam mengerjakan operasional atau proses bisnis secara lebih efektif dan efisien. Dan, tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan data terupdate dengan cepat sehingga langkah untuk mengikuti perubahan pasar bisa dilakukan dengan lebih baik.

single image

Solusi sistem manajemen talenta dari SAP juga bisa Anda perhitungkan karena berdasarkan data, sistem manajemen talenta SAP itu…. spoiler alert! Telah digunakan oleh banyak orang. Berikut ini beberapa fakta tentang sistem SAP.

Beberapa Fakta tentang Penggunaan Sistem SAP secara Global

Berdasarkan laporan yang telah dihimpun SAP Global Communications pada April 22, 2024, SAP SuccessFactors, sistem manajemen talenta dari SAP, telah digunakan oleh 290 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Bagaimana dengan fakta lainnya tentang sistem SAP? Berikut ini beberapa yang bisa kami himpun.

  • SAP adalah pemimpin pangsa pasar dalam enterprise applications software di beberapa kategori, seperti aplikasi manajemen sumber daya perusahaan, aplikasi manajemen rantai pasokan, aplikasi pengadaan barang, software manajemen perjalanan dan pengeluaran, dan ERP menurut IDC.
  • Salah satu penyedia solusi sistem digital modular dan suite terbanyak yang sekaligus juga dapat diterapkan secara cloud, on premise, atau hybrid. 
  • Total basis pengguna sistem cloud-nya adalah lebih dari 299 juta pengguna
  • Memiliki 46 data centers di 26 lokasi yang tersebar di 15 negara
  • Memiliki 25,900 partner regional yang tersebar di 140 negara, termasuk Indonesia.
  • Customer dari sistem SAP telah menghasilkan 87% dari total perdagangan global ($46 triliun)
  • 99 dari 100 perusahaan terbesar di dunia adalah pelanggan SAP
  • 85 dari 100 perusahaan terbesar di dunia adalah pelanggan dari sistem SAP S/4HANA, solusi ERP dari SAP.
  • Sekitar 80% pelanggan dari SAP adalah SMEs.

Sejumlah data tersebut adalah alasan mengapa beberapa perusahaan menengah sampai enterprise menggunakan sistem SAP. Tidak hanya sampai sini saja, di artikel kali ini, kami akan memberikan 5 alasan tambahan mengapa sistem SAP adalah pilihan tepat bagi bisnis Anda di tahun 2024 dan seterusnya. 

5 Manfaat Menggunakan Sistem SAP

single image

1)  Fitur Integrasi yang Komprehensif

Salah satu alasan utama menggunakan SAP adalah sistem ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan seluruh bagian bisnis Anda. Artinya, segala sesuatu mulai dari masalah finansial, penjualan, pengadaan barang, rantai pasokan hingga layanan pelanggan dapat bekerja sama dalam satu sistem. Hal ini, jelas, memudahkan tim Anda untuk mengelola dan melihat apa saja yang terjadi di perusahaan Anda.

Kemudian, ketika semua tim dari berbagai departemen itu memiliki satu sumber data yang sama di suatu sistem, maka semua informasinya itu sudah dapat dipastikan kalau benar. Begini, kadang kala, jumlah stok barang dari tim gudang dan tim sales itu bisa saja berbeda. Jelas sekali hal ini akan merugikan banyak pihak. Dengan adanya sistem ini, maka kejadian ini dapat dihindari.

2)  Fitur Keamanan Data yang Kuat

SAP memiliki tingkat keamanan yang kuat untuk menjaga keamanan data bisnis Anda. Selain itu, SAP juga dapat mengontrol siapa saja yang dapat melihat informasi tertentu di dalam bisnis Anda. Anda dapat menetapkan aturan atau izin akses untuk setiap orang berdasarkan pekerjaannya atau perannya. Artinya, hanya orang-orang terpilihlah yang dapat melihat data penting tersebut. 

Fitur keamanan kuat semacam ini menjadikan sangat bisa menjadi pilihan yang baik dan aman untuk bisnis Anda. Hal ini membuat bisnis Anda tetap dipercaya di dunia yang mengutamakan keamanan data.

3)  Fleksibel dan Skalabel

SAP dapat berkembang bersama bisnis Anda. Baik Anda yang memulai dari skala kecil atau yang sedang mengelola perusahaan besar, SAP dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Jika Anda baru memulai, Anda bisa memulai dengan menggunakan fungsi dasar dari sistem SAP. Seiring berjalannya waktu, Anda dapat menambahkan lebih banyak fungsi di sini. Tentu, hal ini dapat menghemat pengeluaran karena Anda hanya menggunakan fungsi yang benar-benar dibutuhkan saja. 

4)  Bisa Dipakai di Berbagai Industri

SAP adalah sistem fleksibel yang berfungsi untuk banyak industri berbeda. Karena dapat beradaptasi dengan kebutuhan yang berbeda, banyak jenis industri yang menggunakan hal ini, seperti:

Manufaktur: sistem SAP dapat melacak produksi sekaligus mengelola inventaris di perusahaan Anda. 

Ritel: Mengelola sales dan menjaga hubungan dengan pelanggan dengan modul CRM.

Layanan Kesehatan: SAP dapat membantu tenaga medis untuk melakukan pencatatan rekam medis pasien.

Finance: Membantu bank dan perusahaan keuangan mengelola buku besar akuntansi dan data pelanggan mereka. Dan, masih ada lagi beberapa contoh lainnya.

5)  Dukungan Partner Regional

Salah satu alasan utama lainnya adalah tentang adanya dukungan dari partner regional. SAP telah berdiri sejak lama. Hal ini membuat sejumlah partner SAP yang berada di beberapa wilayah hadir untuk memberi dukungan yang lebih terpersonalisasi ke pelanggan. Semakin “dekat” partner nya, maka semakin detail pula kebutuhan pelanggan yang bisa “terdeteksi”. Kemudian, proses implementasinya pun akan berjalan lebih halus dan mulus karena proses komunikasi antara pelanggan dan partner regional itu cenderung lebih efektif berkat tidak adanya language barrier.

Sistem SAP Adalah Apa yang Anda Butuhkan

Pada akhirnya, memperhitungkan atau memikirkan untuk menggunakan sistem SAP untuk bisnis Anda di tahun 2024 adalah sebuah langkah yang berani dan cerdas. Sistem ini memiliki komitmen untuk mengelola bisnis Anda dengan lebih baik. 

Namun, sejumlah pelanggan berpikir kalau memulai SAP itu rumit. Iya, kalau Anda memulainya sendiri tanpa meminta bantuan siapapun. Hence, Anda sebaiknya sharing masalah ini dengan gold partner regional SAP yang berada di wilayah Anda supaya proses implementasi ini berjalan dengan baik. 

Diskusikan dengan mereka apa kebutuhan dan tantangan Anda: Beri tahu mereka apa yang Anda butuhkan. Hal ini amat sangat perlu karena mereka harus memahami bisnis Anda dan apa yang Anda ekspektasikan dari sistem SAP.

Mulai Uji Coba: Mereka akan mengadakan sesi demo atau trial untuk memastikan apakah solusi yang diformulasikan itu sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Integrasikan Data atau Sistem: Jika dirasa sudah sesuai, maka proses selanjutnya adalah mencoba untuk “menghubungkan” data atau sistem Anda ke sistem SAP. 

Lakukan Implementasi: Semuanya sudah berjalan sesuai harapan, maka saatnya untuk mengimplementasikan sistem ini.

Dukungan Berkelanjutan: Partner regional Anda akan memberikan sejumlah dukungan purna jual terkait sistem SAP ini guna memastikan Anda tetap mendapatkan yang terbaik.

Secara garis besar, alurnya seperti itu. Nah, sampai sini, mungkin Anda sudah mulai berpikir nih gold partner regional SAP mana yah yang ada di sini? Tak perlu khawatir karena Anda sudah menemukannya di sini.

Optimalkan seluruh proses bisnis perusahaan Anda di satu tempat.

Sistem ERP membantu Anda menyederhanakan seluruh proses bisnis, termasuk mengelola finansial perusahaan, sumber daya manusia, manufaktur, supply chain, service, procurement dan masih banyak lagi.

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang
A. Alfan Alif

Share on:

Categories: (1)

SAP S/4HANA
To the top