Software CRM _ Pengertian, Manfaat, dan Fitur Pentingnya bagi Perusahaan Anda

Software CRM : Pengertian, Manfaat, dan Fitur Pentingnya bagi Perusahaan Anda

Software CRM atau disebut juga Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan) menjadi salah satu tools super di dunia bisnis. Mengapa demikian? 

Jika bisnis Anda berorientasi pada pelanggan, maka memberikan pelayanan dan merawat hubungan yang baik adalah kunci kesuksesannya.

CRM Tools sangat membantu bisnis untuk melejitkan pertumbuhan. Hanya saja, masih belum banyak perusahaan yang memahami hal ini. Sayang sekali jika CRM dan digitalisasi tidak diintegrasikan. 

Maka di artikel ini, yuk kita bahas lebih jauh tentang kegunaan dan fitur CRM yang bisa mendongkrak pertumbuhan bisnis Anda. Simak sampai akhir ya!

Apa itu Software CRM?

employee benefit adalah incaran karyawan

Menurut Zhaoxi Chen, Customer Relationship Management atau yang juga dikenal sebagai software CRM adalah sebuah platform perangkat lunak dan teknologi manajemen yang menyelaraskan prinsip-prinsip bisnis terbaik dengan kemajuan teknologi informasi seperti analisis data, penyimpanan data, dan pemasaran personal. 

Fokusnya adalah memberikan solusi otomatisasi bisnis yang menunjang efektivitas strategi penjualan, pelayanan pelanggan, serta memperkuat proses pengambilan keputusan yang lebih cerdas.

Namun, sebelum masuk ke definisi softwarenya, alangkah lebih baik jika kita sama-sama memahami bagaimana CRM bekerja.

Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi yang bisa perusahaan terapkan supaya pelanggan semakin loyal dan tidak berpaling ke kompetitor. 

Gunanya bisa untuk menjaring pelanggan baru dan mempertahankan bahkan meningkatkan loyalitas pelanggan lama. 

Lalu, bagaimana software CRM bekerja? lagi-lagi software hanyalah sebuah tools atau alat yang memudahkan kinerja perusahaan. Hal-hal administratif terkait pelanggan yang dulunya dikelola secara manual, bisa diotomatisasi menggunakan CRM. 

Tentu saja hal ini bisa berdampak ke produktivitas para pekerja di perusahaan yang meningkatkan performa mereka dalam melayani pelanggan. Imbasnya tentu membuat pelanggan merasa puas.

Baca Juga: 5 Alternatif Salesforce CRM yang Lebih Value untuk Perusahaan Anda

Manfaat Menggunakan Software CRM Bagi Perusahaan

CRM sebagai software tentu saja bisa memberikan berbagai macam manfaat pada bisnis Anda. Ketahui lebih banyak manfaat CRM yang berguna bagi pertumbuhan bisnis Anda:

Layanan Pelanggan yang Lebih Baik

Tools CRM modern punya banyak kegunaan, namun yang terutama memang dibuat untuk memperbaiki hubungan perusahaan dengan pelanggan. 

CRM akan membantu Anda mengelola kontak dan mengumpulkan informasi dari customer. Mulai dari demografi, riwayat pembelian, dan juga setiap pesan atau obrolan yang dikirim di berbagai channel marketing Anda. 

Hal ini jelas memudahkan siapapun di perusahaan yang ingin mengaksesnya. Hal ini adalah poin plus di mana lebih mudah bagi Anda mengenali customer Anda, sehingga bisa menyiapkan pengalaman berinteraksi yang lebih memuaskan pelanggan.

Meningkatkan Penjualan

CRM bisa membantu perusahaan untuk memangkas proses penjualan yang rumit. Dengan mengotomasi tugas menggunakan CRM, langkah-langkah terhubung dengan konsumen juga lebih ringkas. 

CRM pun bisa melakukan analisis seluruh data penjualan di satu tempat terpusat. Yang mana bisa dipergunakan untuk meningkatkan penjualan Anda. CRM dapat jadi alat bantu untuk menetapkan proses penjualan dan mengatasi masalah yang muncul.

Menawarkan Produktivitas dan Efisiensi yang Tinggi

Software CRM menggunakan teknologi marketing yang otomatis, tujuannya untuk mempercepat kinerja. Tugas-tugas yang bisa diotomatisasi bisa diberikan pada CRM, sehingga tugas yang memang membutuhkan sentuhan kinerja manusia nyata bisa dilakukan karyawan Anda. 

CRM juga bisa memberikan penawaran atau email tepat sesuai sasaran. Bahkan menyajikan dasbor berisikan proses bisnis Anda. Hal mana saja yang sudah berjalan sesuai plan, dan bagian mana yang perlu ditingkatkan lagi.

Komunikasi yang Efisien di Tim Internal

Tak cuma memberikan fasilitas dan kemudahan untuk berkomunikasi dengan mitra atau pelanggan, software CRM juga bisa mempermudah karyawan Anda untuk berkomunikasi dan koordinasi. 

CRM memberikan sajian record percakapan atau interaksi yang terjadi dengan pelanggan, sehingga membantu seluruh karyawan untuk mempertahankan brand voice. 

Selain itu, tools CRM juga memudahkan tim internal untuk saling kirim catatan atau peringatan, semuanya bisa dikerjakan dalam satu sistem terintegrasi.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Kualitas Hubungan Pelanggan B2B dengan CRM

Fitur-Fitur Unggulan dari Software CRM yang Bisa Dioptimasi

CRM tools dilengkapi oleh berbagai fitur yang berguna bagi bisnis Anda. Namun, semua hanya akan berakhir sia-sia jika Anda tidak memahami masing-masing kegunaan dan keunggulan fiturnya. Berikut penjelasannya:

Fitur Omnichannel

Fitur omnichannel dalam perangkat lunak CRM merupakan elemen krusial bagi perusahaan untuk menjalin interaksi dengan pelanggan melalui berbagai kanal komunikasi atau channel marketing.

Pelanggan juga bisa memilih saluran komunikasi yang paling disukai, mulai dari chat, telefon, obrolan langsung, ataupun media sosial. Dengan begitu lebih mudah bagi perusahaan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan selama 24/7.

Fitur Otomasi Berbasis AI

Dalam tools CRM ini bisa melakukan otomasi alur kerja berulang, misalnya untuk ticketing dan reminder. Terdapat juga sistem balas chat otomatis dengan memakai chatbot yang dilengkapi AI.

Pada software CRM Customer Service Suite Freshwork malah telah dilengkapi dengan Freddy AI yang bisa membantu tim Anda menyelesaikan tugas jadi lebih cepat. Semua bisa disesuaikan dengan prompt kontekstual, pencarian cerdas dan tindakan otomatis.

Fitur Laporan dan Analisis

Anda juga bisa menggunakan fitur dasbor pada CRM untuk memperoleh insight tentang kinerja tim ataupun tren di kalangan pelanggan. 

Laporan yang disajikan pun bisa terperinci dan disesuaikan dengan metrik-metrik yang terstandar sesuai perusahaan Anda.

Dapatkan juga analisis sentimen yang bersumber dari riwayat obrolan bersama pelanggan. Gunanya untuk identifikasi tren dan melesatkan kepuasan pelanggan.

Kesimpulan

Freshworks Customer Service Suite adalah solusi omnichannel berbasis AI yang menggabungkan chatbot self-service, perpesanan percakapan yang dipimpin agen, dan manajemen tiket otomatis dalam satu platform. 

Software CRM yang satu ini dapat membantu bisnis memberikan dukungan pelanggan yang luar biasa dengan meningkatkan efisiensi dan kepuasan pelanggan.Dengan berbagai fiturnya yang kuat, Freshworks Customer Service Suite adalah pilihan yang bagus untuk bisnis yang mencari solusi layanan pelanggan yang komprehensif. Untuk informasi lebih lanjut dan uji coba gratis, klik di sini.

Wahyu Dwi

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts