5 Alternatif Salesforce CRM yang Lebih Value untuk Perusahaan Anda

Bisa dibilang kalau Salesforce CRM adalah salah satu sistem Customer Relationship Management paling populer yang ada di pasaran saat ini. Berbagai opsi integrasi pihak ketiga, versi CRM mobile yang kuat, dan fitur lead management bertenaga AI yang baik adalah beberapa alasan mengapa sistem ini menjadi yang paling populer. 

Terlepas dari betapa kuatnya sistem ini, pada hakikatnya, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Salesforce CRM ternyata juga memiliki sejumlah kekurangan yang pada akhirnya membuat beberapa perusahaan mencari alternatif Salesforce CRM yang lain. Fit Small Business memberikan pendapat terkait sistem CRM ini. Beberapa diantaranya adalah tidak adanya paket free, antarmuka yang kurang intuitif, “learning curve” yang tidak mudah sama sekali, bahkan customer support-nya harus beli dengan biaya terpisah dan ini tidak murah juga. Hal-hal seperti inilah yang membuat calon pengguna mencari-cari alternatif dari sistem Salesforce CRM.

Karena itu, kami mencoba menghimpun dari berbagai sumber terkait apa saja alternatif terbaik dari Salesforce CRM. Berikut ini hasil simpulannya.

#1 Freshsales – Terbaik Secara Overall Karena Fitur Multi-channel Engagement-nya

Beberapa poin plus:

  • Menawarkan paket gratis dan paket berbayar yang sangat bisa di-scale. 
  • Paket berbayar jauh lebih murah daripada Salesforce CRM
  • Antarmuka dan fiturnya lebih intuitif dan user-friendly untuk dipelajari dan digunakan
  • Punya fitur telepon bawaan, lead management, contact management, dan interaksi live chat,  semuanya ada dalam pilihan paket “Growth”
  • Fitur contact management memiliki activity timelines, lifecycle stages, tasks, dan appointments
Logo freshsales

Freshsales CRM adalah alternatif Salesforce terbaik secara overall, terutama untuk bisnis yang mulai berkembang dan membutuhkan manajemen leads dan kontak yang solid. Menyimpan data titik kontak, riwayat aktivitas dan komunikasi, serta tugas yang terkait dengan seorang pelanggan tertentu bisa Anda temui di sini. Jika Anda pilih paket berbayar yang berada satu level di atasnya lagi, maka Anda dapat menerapkan algoritma AI untuk membantu Anda menindak lanjuti data-data tersebut. Freshsales juga berupaya untuk meningkatkan engagement ke pelanggan dengan menyediakan sistem telepon, email, dan channel live chat bawaan.

Freshsales punya paket “free-forever” dan paket berbayar. Paket berbayar ini harganya lebih murah dari milik Salesforce, sekaligus juga lebih baik darinya. Mengapa? Karena sejumlah pengguna setuju kalau penggunaan Freshsales jauh lebih intuitif untuk dioperasikan dibandingkan Salesforce. 

Dua providers ini, tentu, menawarkan versi mobile yang cukup solid. Namun, Salesforce menyediakan aplikasi versi mobile-nya jauh lebih kuat dari milik Freshsales. Di sinilah poin penting yang harus Anda perhatikan.

#2 HubSpot CRM – Terbaik Kedua Karena Punya CMS

Beberapa poin plus:

  • Ada paket gratis untuk pengguna 
  • Antarmuka yang mudah digunakan
  • Paket gratis menyediakan email marketing, iklan, Content Management System, contact & deal management
Logo hubspot

Secara garis besar, Hubspot CRM memiliki fitur yang sama dengan Freshsales. Namun, ada beberapa perbedaan di sini. Freshsales memiliki keunggulan di bagian koneksi omnichannel-nya, sedangkan Hubspot lebih unggul di urusan fitur konten marketingnya. Bahkan, di sini Anda bisa mengelola blog Anda juga sekaligus detail-detail lainnya seperti manajemen keyword-nya. Ya, kurang lebih Anda bisa dapatkan Content Management System di sini.

Sayangnya, untuk paket termurah dari Hubspot ini dimulai di angka USD 18 per bulan, kalau Salesforce USD 25 dan kalau Freshsales USD 15. Dari sini, Anda akan mendapatkan value jauh lebih tinggi jika menggunakan Freshsales dan itulah mengapa sistem ini berada di peringkat teratas.

#3 Pipedrive — Terbaik untuk Fitur AI-nya

Beberapa poin plus:

  • Fitur kecerdasan buatan (AI) 
  • Alat penjadwalan rapat dan panggilan video bawaan
  • Lead Management yang cukup baik
  • Termasuk fitur Smart Docs dan Smart Contact Data 

Salesforce CRM lebih dikenal dengan kecerdasan buatan (AI) dan fitur automasinya yang hebat. Namun hal itu agaknya mulai berubah karena Pipedrive muncul sebagai pesaing yang paling sebanding di area ini, terutama dalam hal intelligent sales tools-nya yang bisa memberikan insights sekaligus bisa melakukan manajemen data. 

Fitur AI Sales Assistant juga bisa memberikan saran kepada tim mengenai peluang dan tugas apa yang perlu diprioritaskan serta cara meningkatkan kinerja mereka. Ada juga fitur pendeteksi deal yang sudah lama tidak bergerak “maju”, Smart Docs untuk mengisi otomatis proposal dan penawaran bisnis sehingga pembuatan dokumen bisa lebih cepat, dan Smart Contact Data yang memungkinkan Anda mengambil informasi profil dari LinkedIn.

Logo pipedrive

Mirip dengan Salesforce, Pipedrive tidak menawarkan paket “gratis selamanya.” Namun, ia memiliki paket berbayar yang lebih hemat biaya plus AI, automasi, email, dan lead management.

#4 Zoho CRM – Terbaik Karena Dukungan Integrasi dan Harganya 

Meskipun Salesforce memiliki jumlah opsi integrasi yang jumlahnya lumayan banyak, Zoho CRM adalah alternatif terbaik dalam kategori ini juga, yang bahkan punya harga jauh lebih murah dibandingkan Salesforce. Dengan ribuan opsi integrasi, tim Anda dapat menghubungkan berbagai aplikasi populer ke Zoho, seperti LinkedIn, Slack, Google, dan monday.com.  Oh dan tidak lupa ada fitur sales gamification juga di sini. Selain beberapa hal ini, semua fitur Zoho tidak ada yang spesial, semuanya serba standar. 

#5 Zendesk Sell — Terbaik Karena Fitur Geolokasinya yang Lumayan Robust

Meskipun Zendesk lebih terkenal dengan sistem Customer Support-nya, mereka ternyata juga menawarkan CRM yang berfokus pada penjualan dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas dan mengautomasikan tugas tim sales sehari-hari. 

Zendesk Sell bisa juga menjadi solusi ideal untuk Anda yang ingin menyelaraskan tim penjualan dan tim customer service. Misalnya, jika agen customer support Anda sedang bicara dengan pelanggan yang memiliki masalah, dan lambat laun percakapan tersebut berubah menjadi lebih banyak pertanyaan tentang produk baru yang Anda jual. Anda dapat “mengajak” agen sales untuk bergabung ke dalam percakapan tersebut secara seamless.  

Fitur geolokasi dalam aplikasi mobile-nya mendapat “perhatian” penting dari sejumlah pengguna karena tenaga penjualan di lapangan dapat memperbarui appointments dan tugas mereka, memeriksa lokasi kontak terdekat, memperbarui penawaran, melacak kunjungan, dan mencatat panggilan dari calon pelanggan.

Pertanyaan Kesimpulan

salah satu contoh crm adalah salesforce crm

Apa alternatif terbaik untuk Salesforce CRM?

Freshsales CRM adalah pilihan alternatif terbaik selain Salesforce secara keseluruhan. Sistem ini mengisi banyak “kesenjangan” dari produk Salesforce, seperti ketersediaan paket gratis selamanya dan antarmuka yang mudah digunakan. Tidak hanya itu, sistem ini juga tetap punya kemampuan analisis AI, automasi tugas penjualan, dan upaya engagement omnichannel. 

Alternatif Salesforce CRM mana yang gratis?

Freshsales CRM dan alternatif CRM peringkat dua di atas adalah dua rekomendasi terbaik sistem CRM yang masih menyediakan paket harga “gratis selamanya.” 

Intinya

Meskipun Salesforce CRM adalah sistem CRM yang populer untuk mengelola leads, mendapatkan analitik, dan berinteraksi dengan pelanggan, pasti akan ada kemungkinan kalau Anda akan mencari yang lain karena ada beberapa sektor yang tidak bisa di-cover oleh Salesforce. Jika Anda masih perlu informasi lebih lanjut terkait manfaat dari sistem CRM, feel free untuk reach tim terpercaya kami untuk berdiskusi. Semoga bisa membantu dan terima kasih.

salesforce crm
A. Alfan Alif

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts