SAP Adalah Produsen Terkemuka Sistem Pengelolaan Proses Bisnis

SAP Adalah Produsen Terkemuka Sistem Pengelolaan Proses Bisnis

A. Alfan Alif

Share on:

Dalam dunia kerja, ada kemungkinan besar Anda pasti pernah mendengar atau bahkan menggunakan sistem dari SAP. SAP adalah salah satu produsen software kelas enterprise yang memiliki kemampuan untuk memusatkan manajemen data sekaligus mengelola mayoritas proses bisnis perusahaan. Salah satu sistem yang populer di SAP adalah sistem ERP-nya, atau Enterprise Resource Planning. Bahkan, ERP-nya SAP ini bisa dianggap sebagai “industry standard”-nya sistem ERP. 

Nah, jadi SAP ini singkatan atau apa yah? Begini, nama SAP adalah inisialisasi dari nama asli perusahaan dalam bahasa Jerman, yaitu Systemanalyse Programmentwicklung, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi System Analysis Program Development. Sekarang ini, nama resmi dari perusahaan SAP adalah SAP SE. SE sendiri itu artinya Societas Europaea, sebuah perusahaan publik yang terdaftar sesuai dengan hukum perusahaan di Uni Eropa.

Sekadar trivia, bagaimana Anda mengucapkan SAP? Apakah “sap” atau “s-a-p”? Ingat, SAP itu inisialisasi yah, jadi yang benar itu diucapkan per huruf, “s-a-p”.

ilustrasi pengembangan SDM dalam sebuah perusahaan

Beberapa solusi dari SAP dapat diimplementasi secara on-premise, full cloud, atau sebagai bagian dari model cloud hybrid. SAP adalah salah satu perusahaan pertama yang sepenuhnya dapat menerapkan desain modular, sehingga memungkinkan pengguna memilih lokasi dari komponen software-nya agar dapat sesuai dengan kebutuhan  bisnis mereka. Nah, di artikel spesial ini, mari berkenalan lebih dekat lagi tentang SAP.

Sejarah Pertama SAP Adalah Financial Accounting Module

SAP adalah perusahaan software multinasional asal Jerman yang berbasis di Walldorf, Baden-Württemberg. SAP merilis produk pertamanya, SAP R/1, yang mana merupakan modul akuntansi keuangan pada tahun 1972. Kemudian, perusahaan ini merilis sistem berikutnya, SAP R/2,  yang menawarkan kemampuan Materials Management di tahun 1979. 

SAP R/3 rilis pada sekitaran tahun 1992. Di sini, SAP sudah masuk listing di stock exchange Jerman dan memperluas jangkauannya secara global. R/3 pada saat itu menawarkan kemampuan dukungan multiple platforms dan juga client server architecture. Dua hal ini memungkinkan skalabilitas yang lebih besar sekaligus dapat berkinerja dengan lebih baik  Di versi ini juga, SAP menawarkan sejumlah sistem software secara modular, hal ini membuat pengguna dapat memilih modul mana yang paling mereka butuhkan, bisa finance, HR, atau logistik.

SAP R/3 juga mendukung sejumlah bahasa dan mata uang, yang menjadikannya pilihan populer di dunia ERP yang sedang berkembang di saat itu. Pada saat yang sama, SAP juga mulai mengembangkan strategi mitranya, dengan mencakup ekosistem yang terdiri dari vendor, pengembang, dan penyedia bisnis lainnya. 

Fast forward, pada tahun 2004, SAP memperkenalkan ERP Central Component (ECC). sistem ini merupakan cikal bakal dari salah satu sistem ERP terbaik yang dunia pernah dapatkan, yaitu SAP S/4HANA. Di tahun 2010, SAP memperkenalkan SAP HANA. Dua tahun kemudian, SAP beralih ke cloud computing dengan SAP HANA Cloud PaaS (platform-as-a-service). Pada tahun 2015, SAP meluncurkan SAP S/4HANA, solusi bisnis modular yang memanfaatkan database dalam memori HANA untuk pemrosesan bisnis yang lebih cepat dan bahkan bisa juga disematkan sejumlah fungsi canggih seperti machine learning dan AI. 

Ada sejumlah fakta terkait SAP yang telah dihimpun oleh SAP Global Communications. 

ilustrasi pengembangan SDM dalam sebuah perusahaan

Sampai saat ini, SAP mempunyai 46 data centers di 26 lokasi yang berada di 15 negara. Per 31 Maret 2024, ada 107.934 karyawan yang tersebar di seluruh dunia. 85 dari 100 perusahaan terbesar di dunia sedang menggunakan S/4HANA. Pelanggan dari SAP telah menghasilkan 87% dari total perdagangan global USD 45 Triliun.

Beberapa Solusi yang Disediakan SAP Adalah Apa yang Bisnis Anda Perlukan

Segala jenis organisasi atau perusahaan, mulai dari yang skala kecil hingga skala enterprise, sudah dan sedang menggunakan modul SAP untuk meningkatkan “kualitas” dan kohesi di seluruh aliran data mereka. Sejumlah solusi yang saat ini disediakan oleh SAP, berdasarkan laporan yang sama dari SAP Global Communications, adalah sebagai berikut: 

SAP S/4HANA Cloud: Solusi Cloud ERP yang dapat membantu pengguna dalam menjalankan dan mengefisiensikan berbagai proses bisnis penting.

Grow with SAP: Sebuah inisiasi komprehensif dalam pengadopsian Cloud ERP untuk kebutuhan pelanggan. Dalam prosesnya, GROW with SAP memiliki 5 DNA penting, yaitu kecepatan, ketepatan, prediktabilitas, pembelajaran berbasis komunitas dan inovasi yang berkelanjutan.

SAP SuccessFactors: solusi sistem HR end-to-end berbasis cloud. Solusi ini dapat membantu pengguna dalam mengelola, melatih dan mengoptimalkan karyawan mereka, bahkan dari proses rekrutmennya. Core HR and payroll, Talent management, Employee Experience Management, dan HR analytics and workforce planning, adalah beberapa modul yang ada di dalam solusi ini

SAP Intelligent CX — Secara garis besar, solusi ini adalah gabungan dari SAP Customer Experience dan SAP Customer Relationship Management. Intelligent CX ini dapat membantu brand dalam meningkatkan customer lifetime value mereka.

Fieldglass by SAP adalah Sistem Manajemen Vendor berbasis cloud untuk mengelola pengadaan layanan dan tenaga kerja dari external

SAP Ariba adalah sistem yang membantu perusahaan dalam mengelola dan mengoptimalkan proses pengadaan. SAP Ariba menyediakan solusi untuk e-procurement, manajemen kontrak, supplier management, dan jaringan bisnis yang memungkinkan perusahaan untuk terhubung dan berkolaborasi dengan pemasok mereka secara efektif dan efisien.

Dan, masih ada beberapa solusi lainnya, seperti: SAP Signavio, SAP LeanIX, SAP Taulia, dan SAP Cloud for Sustainable Enterprises.

5 Manfaat Penggunaan SAP di Perusahaan Anda

ilustrasi pengembangan SDM dalam sebuah perusahaan

Seringkali, solusi sistem SAP digunakan oleh organisasi/perusahaan yang mencoba membawa bisnis mereka go online sekaligus melakukan transformasi digital. Berikut ini lima manfaat SAP bagi bisnis setiap hari:

1)  Solusi Modular yang Bisa Disesuaikan untuk Kebutuhan Bisnis

Paket software modular SAP dirancang untuk menangani lebih dari 100 uses cases. Hal ini  memungkinkan perusahaan untuk memilih fungsi mana saja yang sebenarnya dibutuhkan. Anda juga bisa memilih rekomendasi solusi yang disesuaikan untuk industri itu apa saja, misalnya kalau manufaktur berarti sebaiknya modul ini, ini dan ini. Partner regional SAP pilihan Anda pasti akan memberikan saran dan rekomendasi terbaik terkait hal ini.

2)  Peningkatan Produktivitas dan Penghematan Biaya

Sistem ERP dari SAP dapat mengurangi biaya material karena dapat menghilangkan redundansi. Sistem Successfactors dapat melakukan manajemen HR dan Talenta. Hal ini akan membuat Anda bisa memaksimalkan sepenuhnya produktivitas dari karyawan. Kemampuan cerdas AI dan Machine Learning juga dapat mengotomatisasikan tugas berulang. Hal ini dapat meringankan beban waktu, energi dan biaya perusahaan Anda. 

3)  Analisis dan Forecasting yang tepat

Modul SAP dapat membantu perencanaan dan penganggaran strategis perusahaan dengan menganalisis seluruh proses bisnis dari waktu ke waktu. Dengan menggunakan data real-time, SAP dapat melakukan analisis statistik tingkat lanjut untuk menginformasikan pertumbuhan yang berkelanjutan. Melalui SAP ERP mislanya, perusahaan dapat secara akurat memprediksi dampak pivot atau perubahan terhadap bisnis, sehingga menghasilkan business intelligence yang lebih akurat.

4)  Data Manajemen yang Lebih Baik

Manajemen Data yang jauh lebih baik adalah alasan utama perusahaan memilih untuk menerapkan sistem SAP ERP dalam perusahaan mereka. Bagi perusahaan modern yang berbasis data, memiliki akses mudah ke semua data yang diperlukan di lokasi yang spesifik dan terpusat adalah hal yang penting. Akses data yang mudah juga dapat memastikan kalau sumber daya data selalu tersedia kapan saja. Hal ini dapat membuat Anda menjalankan semua proses bisnis dengan lebih efisien.

5)  Kolaborasi Lebih Mudah di Antar Tim Departemen

Dengan menggunakan SAP, tim yang berbeda di departemen berbeda, seperti finance, penjualan, pengadaan, talent management, dan customer experience memiliki akses ke data yang sama dan dalam format yang sama pula. Hal ini dapat mempercepat alur kerja dan menyederhanakan proses penyusunan strategi atau perencanaan. Misalnya, tim penjualan dan pemasaran dapat melihat data dari rekan-rekan mereka di bidang manufaktur untuk memastikan ketersedian stok atau mengecek juga apakah ada gangguan di suatu bagian dalam rantai pasokan. 

Solusi SAP Adalah Langkah Bisnis Berikutnya yang Bisa Anda Ambil

Sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak mempertimbangkan sistem solusi dari SAP ini, apalagi untuk perusahaan Anda yang semakin expand. Langkah yang bisa Anda, sebagai pengambil keputusan perusahaan, lakukan selanjutnya adalah mencari gold partner regional dari SAP di Indonesia untuk memudahkan proses konsultasi. Ingat, menentukan kebutuhan bisnis Anda itu tidak mudah, karena itu Anda harus benar-benar menemukan partner yang terpercaya. Tidak perlu repot dan bersusah payah, karena Anda sudah menemukannya di sini.

Optimalkan seluruh proses bisnis perusahaan Anda di satu tempat.

Sistem ERP membantu Anda menyederhanakan seluruh proses bisnis, termasuk mengelola finansial perusahaan, sumber daya manusia, manufaktur, supply chain, service, procurement dan masih banyak lagi.

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang
A. Alfan Alif

Share on:

Categories: (1)

SAP S/4HANA

Tags: (3)

ERP SAP Sistem ERP
To the top