Lebih Lanjut Mengenai Marketing yang Wajib Diketahui

Mohamad Krisna

Share on:

Marketing adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. Marketing dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.

Marketing mencakup berbagai aktivitas, mulai dari penelitian pasar, pengembangan produk, penetapan harga, promosi, hingga distribusi. Tujuan pemasaran adalah untuk menciptakan hubungan yang menguntungkan dengan pelanggan dan mencapai tujuan bisnis, seperti meningkatkan penjualan, meningkatkan pangsa pasar, atau meningkatkan loyalitas pelanggan.

Berbagai Pengertian Marketing

Marketing dapat dibagi menjadi dua jenis utama, yaitu pemasaran produk dan pemasaran jasa. Pemasaran produk adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan untuk menjual produk, sedangkan pemasaran jasa adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan untuk menjual jasa.

Marketing adalah peran penting dalam kesuksesan suatu bisnis. Dengan marketing yang efektif, suatu bisnis dapat mencapai tujuannya, seperti meningkatkan penjualan, meningkatkan pangsa pasar, atau meningkatkan loyalitas pelanggan.

Marketing adalah proses mengeksplorasi, menciptakan, dan memberikan nilai untuk memenuhi kebutuhan target pasar dalam hal barang dan jasa. Ini adalah proses bisnis untuk mengidentifikasi, mengantisipasi, dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan

American Marketing Association (AMA) mendefinisikan pemasaran sebagai “aktivitas, seperangkat institusi, dan proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan penawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat luas”.

Pemasaran mencakup berbagai kegiatan, seperti riset pasar, analisis, dan pemahaman tentang minat pelanggan yang ideal. Hal ini berkaitan dengan semua aspek bisnis, termasuk pengembangan produk, metode distribusi, penjualan, dan periklanan. 

Cakupan pemasaran, juga dikenal sebagai empat P (produk, harga, tempat, dan promosi), adalah seperangkat proses yang saling berhubungan dan saling bergantung yang bertujuan untuk mencapai minat dan kepuasan pelanggan.

Mengetahui Tujuan Marketing

Dalam menjalankan strategi marketing tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, marketing adalah sekumpulan strategi yang mempunyai bermacam-macam objektif. Berikut ini tujuan-tujuan marketing yang harus Anda ketahui.

  • Menghasilkan pendapatan

Tujuan utama pemasaran adalah untuk menghasilkan pendapatan bagi sebuah merek, perusahaan, atau organisasi dengan cara meningkatkan penjualan.

  • Menciptakan brand awareness

Pemasaran bertujuan untuk menciptakan brand awareness dengan menarik perhatian dan mengedukasi prospek. Hal ini membantu membangun pengenalan dan pengingatan brand.

  • Mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan

Pemasaran mempengaruhi tindakan pelanggan yang menguntungkan dengan menarik dan mempertahankan pelanggan. Hal ini melayani semua area funnel dengan pengalaman yang disesuaikan mulai dari anggota audiens yang belum mengetahui hingga pembelian berulang dari pelanggan yang sudah ada.

Baca Juga: Marketing Automation: Definisi, Cara Kerja dan Manfaatnya

  • Mempertahankan pelanggan yang sudah ada

Marketing adalah memberdayakan pembeli untuk tetap menjadi pelanggan jangka panjang dengan melayani mereka dengan pengalaman yang disesuaikan.

  • Mengembangkan pelanggan baru

Pemasaran membantu menarik pelanggan baru dengan mengembangkan asosiasi merek yang kuat dan memberi tahu mereka bagaimana produk menciptakan nilai bagi mereka.

  • Memperkuat asosiasi dan ingatan merek

Pemasaran membantu memperkuat asosiasi dan ingatan merek dengan menciptakan citra positif merek di benak pelanggan sehingga dapat  menjadi top of mind.

Mengukur reaksi pelanggan: Pemasaran membantu mengukur reaksi pelanggan sebelum meluncurkan produk atau layanan baru.

  • Mencari tahu preferensi pelanggan

Pemasaran membantu untuk mengetahui preferensi pelanggan untuk meningkatkan produk atau layanan yang sudah ada.

  • Berinteraksi dengan pelanggan

Pemasaran membantu melibatkan pelanggan melalui kampanye promosi, acara, dll.

  • Mendorong pertumbuhan bisnis jangka panjang

Pemasaran membantu mendorong pertumbuhan bisnis jangka panjang dengan menghasilkan pendapatan dan membangun loyalitas merek dari waktu ke waktu

Singkatnya, tujuan marketing adalah untuk meneliti dan menganalisis konsumen, mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan mereka, dan memberikan nilai untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut. 

Marketing melayani semua area funnel dengan pengalaman yang disesuaikan mulai dari anggota audiens yang belum mengetahui hingga pembelian berulang dari pelanggan yang sudah ada. 

Hal ini bertujuan untuk menghasilkan pendapatan, menciptakan brand awarenss, dan mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan. Pemasaran adalah komponen inti dari kesuksesan bisnis karena berdampak pada kemampuan perusahaan untuk menjangkau pelanggan, mengembangkan merek, dan menghasilkan pendapatan.

Ketahui Beberapa Manfaat Marketing 

Marketing memiliki berbagai manfaat bagi bisnis, termasuk meningkatkan penjualan, membangun pengenalan merek, meningkatkan komunikasi, menargetkan audiens yang tepat, memperkuat hubungan pelanggan, memberikan wawasan berharga, meningkatkan pendapatan, menciptakan keunggulan kompetitif, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. 

Marketing yang efektif juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dengan mendorong perkembangan ekonomi, memengaruhi perubahan sosial, dan mempromosikan pendidikan.

  • Meningkatkan penjualan

Marketing dapat membantu bisnis meningkatkan penjualan dengan menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

  • Membangun pengenalan merek

Marketing dapat membantu bisnis membangun pengenalan merek dengan menciptakan citra positif tentang merek dalam pikiran pelanggan.

Baca Juga: Affiliator untuk Win-Win Solution Marketing Masa Kini

  • Meningkatkan komunikasi

Marketing dapat meningkatkan komunikasi pada semua tahap proses pembelian, mulai dari kesadaran awal hingga tindak lanjut setelah pembelian.

  • Menargetkan audiens yang tepat

Marketing adalah peluang untuk memungkinkan bisnis menargetkan audiens ideal mereka pada waktu yang tepat, meningkatkan peluang konversi.

  • Memperkuat hubungan pelanggan

Marketing dapat membantu bisnis memperkuat hubungan pelanggan dengan membangun keterlibatan dan kepercayaan, yang dapat mengarah pada pemasaran dari mulut ke mulut dan referensi.

  • Memberikan wawasan berharga

Marketing dapat memberikan wawasan berharga kepada bisnis tentang preferensi dan perilaku pelanggan, memungkinkan mereka untuk meningkatkan produk atau layanan mereka.

  • Meningkatkan pendapatan

Marketing adalah meningkatkan pendapatan dengan memperluas basis pelanggan bisnis dan meningkatkan penjualan.

  • Menciptakan keunggulan kompetitif

Marketing dapat membantu bisnis memperoleh keunggulan kompetitif atas pesaing mereka dengan membangun pengenalan merek.

  • Mendorong pertumbuhan ekonomi

Marketing yang efektif dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dengan mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan pendapatan pajak untuk pemerintah.

Istilah-Istilah dalam Marketing yang Wajib Diketahui

Istilah-istilah dalam marketing yang wajib diketahui saat ini adalah istilah-istilah yang umum digunakan dalam dunia marketing, baik marketing tradisional maupun marketing digital. Istilah-istilah dalam marketing adalah penting untuk diketahui agar dapat memahami konsep dan praktik marketing secara lebih mendalam.

  1. Marketing mix: kombinasi dari elemen-elemen pemasaran yang dapat digunakan untuk mempengaruhi permintaan terhadap produk atau jasa, yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi.
  2. Target market: sekelompok orang yang menjadi sasaran pemasaran.
  3. Segmentasi pasar: proses membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang homogen berdasarkan karakteristik tertentu, seperti demografi, psikografi, atau perilaku.
  4. Positioning: proses menempatkan produk atau jasa dalam benak konsumen.
  5. Branding adalah proses membangun dan mengelola persepsi konsumen terhadap suatu merek.
  6. Marketing research: proses pengumpulan, analisis, dan interpretasi informasi untuk mendukung pengambilan keputusan pemasaran.
  7. Marketing planning: proses mengembangkan strategi dan taktik pemasaran untuk mencapai tujuan bisnis.
  8. Marketing implementation: proses mengimplementasikan strategi dan taktik pemasaran.
  9. Marketing control adalah: mengukur dan mengevaluasi efektivitas pemasaran.
  10. Content marketing: proses menciptakan dan membagikan konten yang bermanfaat untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.
  11. Social media marketing: penggunaan media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa.
  12. Email marketing: penggunaan email untuk berkomunikasi dengan pelanggan.
  13. Affiliate marketing: sistem pemasaran di mana pihak ketiga mempromosikan produk atau jasa dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang dihasilkan.
  14. Influencer marketing: penggunaan influencer untuk mempromosikan produk atau jasa.

Dapat disimpulkan bahwa marketing adalah sebuah strategi dan alat penting untuk pertumbuhan dan jangkauan bisnis Anda. Sekian ulasan mengenai marketing kali ini, semoga bermanfaat.

Mohamad Krisna

Share on:

Categories: (1)

Karyawan
To the top