OKR Adalah: Kenali Pengertian, Manfaat dan Contoh Penerapannya!

Wahyu Dwi

Share on:

Di era modern yang penuh dengan perubahan dan kompetisi, organisasi dan individu dituntut untuk mencapai tujuan dengan cara yang efektif dan terukur. Dalam konteks ini, Objectives and Key Results disingkat OKR adalah kerangka kerja yang powerful untuk menyelaraskan visi, fokus, dan usaha dalam mencapai target yang ambisius.

OKR telah diadopsi oleh berbagai perusahaan ternama seperti Google, Intel, dan Spotify, dan terbukti mampu mendorong performa dan inovasi. Artikel ini akan mengupas tuntas tentang OKR, mulai dari definisi, manfaat, hingga cara implementasinya dalam kehidupan profesional Anda.

Apa itu OKR?

ilustrasi pengembangan SDM dalam sebuah perusahaan

Melansir dari prasmul-eli.coAndy Grove, sang legenda di balik kesuksesan Intel ini memperkenalkan konsep inovatif bernama OKR (Objectives and Key Results) untuk membantu karyawannya dalam menyusun strategi kerja yang terarah dan mencapai tujuan bisnis yang ambisius. OKR adalah alat yang menjadi kompas yang menuntun mereka menjawab dua pertanyaan krusial: “Ke mana saya ingin pergi?” dan “Bagaimana saya mengukur kemajuan untuk memastikan pencapaian tujuan?”.

Jadi, sejatinya OKR adalah sistem manajemen tujuan yang membantu individu dan organisasi untuk menetapkan target yang ambisius, terukur, dan terikat waktu. OKR telah diadopsi oleh berbagai perusahaan ternama seperti Google, Intel, dan Spotify, dan terbukti mampu mendorong performa dan inovasi.

Baca JugaOKR vs KPI: Apa Saja Perbedaannya?

Manfaat Menggunakan OKR untuk Perusahaan

Penerapan OKR (Objectives and Key Results) dalam perusahaan menawarkan berbagai manfaat signifikan yang dapat mendorong kemajuan dan pencapaian tujuan bersama. Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat-manfaat tersebut:

Meningkatkan Kejelasan dan Fokus

OKR adalah kerangka yang membantu perusahaan menerjemahkan visi dan misi yang abstrak menjadi tujuan yang SMART (spesifik, terukur,dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu). Kejelasan tujuan ini memberikan arahan yang jelas bagi seluruh karyawan tentang apa yang ingin dicapai perusahaan dan bagaimana mereka dapat berkontribusi. 

Karyawan dapat memfokuskan usaha mereka pada tugas-tugas yang paling penting dan berdampak signifikan pada pencapaian tujuan perusahaan. OKR juga membantu perusahaan memprioritaskan inisiatif dan mengalokasikan sumber daya secara efektif, sehingga terhindar dari penyebaran fokus yang tidak perlu.

Meningkatkan Keterlibatan dan Komitmen Karyawan

Proses penetapan OKR adalah melibatkan partisipasi dari semua tingkatan karyawan, mulai dari tim eksekutif hingga staf lini depan. Hal ini memungkinkan karyawan untuk menyumbangkan ide-ide mereka dan merasa dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan. 

Ketika karyawan merasa dilibatkan, mereka lebih cenderung merasa memiliki tujuan perusahaan dan lebih termotivasi untuk mencapainya. OKR juga membantu karyawan untuk melihat bagaimana pekerjaan mereka berkontribusi pada gambaran yang lebih besar, sehingga meningkatkan rasa makna dan tujuan dalam pekerjaan mereka.

Meningkatkan Komunikasi dan Kolaborasi

OKR mendorong komunikasi yang terbuka dan transparan antar tim dan departemen. Hal ini karena semua orang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama, dan mereka perlu berbagi informasi dan sumber daya untuk mencapai kesuksesan. 

OKR adalah strategi yang juga membantu menghilangkan kompetisi tak sehat antar tim dan departemen, karena semua orang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Kolaborasi yang meningkat ini dapat mengarah pada peningkatan inovasi dan kreativitas,karena karyawan dari berbagai latar belakang dan disiplin ilmu dapat saling bertukar ide dan bekerja sama untuk menemukan solusi baru.

Memfasilitasi Pencapaian Tujuan Strategis

OKR adalah alat bantu perusahaan menerjemahkan tujuan strategis mereka ke dalam tindakan yang dapat diukur. Hal ini dapat meningkatkan peluang perusahaan untuk mencapai tujuan strategis mereka, karena mereka memiliki rencana yang jelas dan terukur untuk mewujudkannya. 

OKR juga membantu perusahaan untuk memfokuskan sumber daya mereka pada inisiatif yang paling penting untuk mencapai tujuan strategis mereka. Selain itu, OKR dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi dan mengatasi hambatan yang dapat menghambat pencapaian tujuan strategis mereka.

Meningkatkan Akuntabilitas dan Transparansi

OKR adalah seperangkat kerangka kerja yang jelas untuk mengukur kemajuan dan melacak hasil. Hal ini meningkatkan akuntabilitas, karena individu dan tim bertanggung jawab untuk mencapai hasil utama yang mereka komitmenkan.

Transparansi juga meningkat, karena OKR biasanya dibagikan secara terbuka di seluruh perusahaan. Hal ini memungkinkan karyawan untuk melihat bagaimana kinerja mereka dibandingkan dengan tujuan mereka dan bagaimana mereka dapat berkontribusi untuk mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan.

Contoh OKR dalam Perusahaan

Berikut adalah contoh OKR (Objectives and Key Results) untuk sebuah perusahaan teknologi yang ingin meningkatkan penjualan dan memperkuat posisinya di pasar:

Contoh 1: Meningkatkan Keterlibatan Pengguna

Objective: Meningkatkan keterlibatan pengguna dengan aplikasi mobile sebesar 20% dalam 6 bulan.

Key Results:

  • Meningkatkan rata-rata waktu penggunaan aplikasi per pengguna sebesar 15%.
  • Meningkatkan jumlah pengguna aktif bulanan (MAU) sebesar 10%.
  • Meningkatkan tingkat retensi pengguna sebesar 5%.
  • Meningkatkan rating aplikasi di Google Play Store dan Apple App Store sebesar 0.5 poin.

Contoh 2: Meningkatkan Konversi Penjualan

Objective: Meningkatkan konversi penjualan dari website e-commerce sebesar 15% dalam 3 bulan.

Key Results:

  • Meningkatkan tingkat konversi halaman produk (product page conversion rate) sebesar 10%.
  • Meningkatkan rata-rata nilai pesanan (average order value) sebesar 5%.
  • Mengurangi tingkat pengabaian keranjang belanja (cart abandonment rate) sebesar 7%.
  • Meningkatkan jumlah pelanggan baru yang mendaftar email newsletter sebesar 20%.

Semoga contoh-contoh di atas dapat membantu Anda dalam memahami dan menerapkan OKR di perusahaan Anda.

Kesimpulan

Penerapan OKR adalah hal mudah yang efektif, namun membutuhkan kolaborasi dan komunikasi yang kuat antar tim dan individu. Di sinilah Lark,aplikasi software all-in-one project management dari Weefer, hadir sebagai solusi ideal. Lark menyediakan platform terpusat untuk menyusun, melacak, dan mengkomunikasikan OKR, memastikan semua pihak selalu terhubung dan selaras dalam mencapai tujuan bersama.

Lark menawarkan berbagai fitur utama yang mendukung penerapan OKR secara efektif, seperti:

  • Ruang Kerja Virtual: Ciptakan ruang kerja virtual untuk setiap tim dan proyek, memungkinkan kolaborasi real-time dan komunikasi yang terarah.
  • Pesan Instan: Bertukar pesan instan dengan mudah antar anggota tim, berbagi file, dan melakukan panggilan suara dan video.
  • Manajemen Dokumen: Simpan dan kelola dokumen proyek dengan aman dan terpusat, dengan akses kontrol yang terjamin.
  • Kalender dan Pengingat: Jadwalkan tugas dan rapat, atur pengingat, dan lacak kemajuan proyek dengan mudah.
  • Manajemen Tugas: Buat daftar tugas, atur prioritas, dan delegasikan tugas kepada anggota tim, memastikan semua orang bertanggung jawab atas kontribusinya.
  • Analisis Data: Dapatkan laporan dan analisis data mengenai kemajuan OKR, membantu Anda mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan membuat keputusan yang tepat.

Dengan Lark, Anda dapat menerapkan OKR secara efektif, meningkatkan kolaborasi antar tim, dan mencapai tujuan bersama dengan lebih mudah. Hubungi Kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang Lark dan bagaimana Lark dapat membantu Anda meningkatkan kinerja perusahaan.

Coba Lark Sekarang: Optimalkan Kolaborasi Tim Anda!

Tingkatkan produktivitas tim Anda dengan Lark sekarang! Dapatkan kolaborasi yang lebih efisien, proyek yang sukses, dan pengalaman kerja yang lebih baik. Coba Lark sekarang dan optimalkan cara tim Anda bekerja!

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang
Wahyu Dwi

Share on:

Categories: (1)

Lark Suite
To the top