Meningkatkan Value Diri : Strategi untuk Meraih Potensi Terbaik

Mohamad Krisna

Share on:

Pernahkah Anda mempertanyakan apa value pada diri Anda? Value adalah penilaian pada diri sendiri selaku manusia dalam bertindak dan saat mengambil keputusan dalam menjalani hidup sehari-hari.

Setiap orang memiliki nilai-nilai penting dalam diri mereka, begitupun dengan Anda. Sudahkah mengenal value yang Anda miliki? Dengan mengetahui value pada diri, Anda akan belajar untuk meningkatkannya supaya bisa meraih potensi terbaik dari diri Anda.

Untuk itu, mari kenali value pada diri Anda dengan membaca ulasan berikut!

Apa yang Dinamakan Value Diri?

Ilustrasi value diri dalam sebuah perusahaan

Sebelumnya sempat disinggung jika value adalah penilaian pada diri sendiri sebagai manusia dalam bertindak dan saat mengambil keputusan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Artinya value bisa berupa perilaku atau karakteristik diri Anda.

Value merupakan hal penting pada diri manusia. Keputusan kecil ataupun besar yang Anda ambil berdasarkan value pada diri Anda akan membawa rasa bahagia. Sebaliknya, jika Anda terpaksa atau mengambil keputusan yang tidak sesuai dengan value diri, Anda akan merasakan perasaan tidak nyaman dan gelisah.

Contohnya value pada diri Anda adalah kedisiplinan. Ketika Anda datang terlambat dari waktu yang telah disepakati, Anda akan merasa tidak nyaman karena itu bertentangan dengan value diri Anda.

Untuk mengenal value pada diri sendiri, setidaknya Anda perlu tahu apa saja jenis-jenis value diri. Hal itu akan Anda mengenal seperti apa value diri Anda selama. Untuk itu, Anda bisa simak ulasan berikut.

Baca Juga: Proses Customer Journey dan Perannya di Dunia Digital Marketing

5 Jenis Value Diri yang Perlu Anda Tahu!

Berikut adalah lima jenis value diri yang perlu Anda tahu:

  • Moral Value

Moral value adalah realisasi dari sifat-sifat baik yang Anda percayai dapat mendatangkan kebahagiaan. Moral value sebenarnya tidak perlu atau tidak begitu wajib untuk dipenuhi, tetapi value satu ini sangat diterima dimasyarakat. Akan baik jika Anda juga memilikinya.

Contoh dari moral value yaitu etika, kebaikan, dan kejujuran. Nilai-nilai tersebut akan menjadi nilai tambah jika Anda memilikinya.

  • Personal Value

Personal value merupakan jenis nilai yang akan membantu Anda menjadi lebih bahagia dengan mengetahui apa yang Anda inginkan dalam hidup.

Jenis nilai satu ini sifatnya spesifik pada setiap individu. Personal value individu satu dengan individu yang lain sangat mungkin tidak sama. Hal ini karena nilai personal setiap orang berbeda-beda.

Contoh personal value diantaranya yaitu empati, kesabaran, kedisiplinan, konsistensi, dan memahami keadaan orang lain.

Nilai personal yang dimiliki tiap individu diperoleh dari pengalaman pribadi tiap individu. Sehingga, baik atau buruk, dan benar atau salahnya mempunyai parameter yang berbeda-beda.

  • Social Value

Social value adalah nilai-nilai pada diri yang dipengaruhi oleh masyarakat atau lingkungan sekitar. Sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial, Anda perlu mematuhi atau menanamkan value ini pada diri Anda.

Bagaimanapun di muka bumi ini kita hidup bermasyarakat. Dalam bermasyarakat kita perlu mematuhi nilai-nilai yang ada di masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan damai.

Adapun contoh dari social value yaitu solidaritas dalam hidup bermasyarakat. Nilai ini menunjukkan komitmen untuk saling membantu dan bersosialisasi satu sama lain. Di masyarakat tertentu terkadang ada norma yang perlu dipatuhi, hal itu juga termasuk social value.

  • Spiritual Value

Spiritual value atau biasa yang kita kenal dengan nilai spiritual adalah nilai-nilai pada diri berdasarkan kepercayaan yang kita anut.

Value diri satu ini memang mungkin tidak bisa dilihat seperti value diri dengan aspek material yang dapat dilihat lainnya, tetapi value diri satu ini sifatnya sangat mendalam dan sangat dipatuhi dalam menjalani kehidupan.

Contoh dari spiritual value yaitu ketakwaan dan keimanan. Jika Anda umat beragama, Anda pasti memiliki nilai satu ini dalam diri Anda dalam menjalani kehidupan.

Anda akan merasa bahagia ketika Anda menjalankan kehidupan selaras dengan nilai-nilai kepercayaan yang Anda anut.

  • Constitutional Value

Constitutional Value adalah nilai-nilai diri yang berkaitan dengan pemerintah atau konstitusi yang berlaku pada negara Anda. Nilai satu ini juga dikenal dengan nama nilai konstitusional.

Nilai konstitusional adalah nilai-nilai yang wajib dipatuhi warga negaranya. Karena nilai konstitusional adalah cerminan dari cita-cita serta nilai negara Anda.

Contoh nilai konstitusional yaitu nilai-nilai Pancasila. Karena kita tinggal di Indonesia, maka kita harus mematuhi sifat-sifat yang ada pada dasar negara kita yaitu Pancasila.

 Setelah mengetahui nilai pada diri, selanjutnya yang Anda perlu lakukan yaitu meningkatkan value diri. Bagaimana caranya? Anda bisa simak ulasan berikut untuk mengetahui caranya.

Baca Juga: 7 Strategi Efektif untuk Customer Retention Beserta Definisinya

Cara yang Bisa Anda Lakukan Untuk Meningkatkan Value Diri

Value yang ada pada diri Anda akan sangat bagus jika Anda mampu meningkatkannya. Tentu saja, jika nilai-nilai itu membawa dampak positif untuk Anda. Adapun cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan value diri yaitu:

  • Melakukan Refleksi Diri

Refleksi diri adalah cara terbaik untuk lebih mengenali diri Anda. Melalui refleksi diri, Anda bisa lebih memahami hal-hal yang Anda inginkan, kekurangan pada diri Anda, dan perasaan yang tengah Anda rasakan.

Dengan mengetahui hal-hal tersebut, Anda bisa lebih mengenal diri dan menemukan value yang mungkin belum Anda temukan sebelumnya, kemudian Anda jadi bisa meningkatkannya.

  • Melepaskan Hal-Hal yang Tidak Bisa Dikontrol

Seberapa sering Anda kecewa karena hal-hal yang terjadi tidak sesuai dengan ekspektasi Anda? Hal itu pasti sangat mengecewakan dan membuat hati Anda berat.

Namun, akan menjadi lebih buruk jika Anda berfokus pada hal itu. Kadang kala kita perlu melepas hal-hal yang tidak bisa kita kontrol. Dengan begitu Anda bisa lebih fokus untuk memperbaikinya, alih-alih terus menerus menyalahkan diri dan kecewa berkepanjangan.

Lakukan apa yang bisa Anda kontrol dan lepaskan hal-hal tidak bisa Anda kontrol. Anda perlu berdamai dengan diri sendiri dan terus melangkah maju.

  • Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Salah satu sifat manusia adalah ketidakpuasan. Manusia sangat sulit untuk puas dengan satu hal. Terkadang ketidakpuasan akan diri sendiri seringkali membuat kita membandingkan diri dengan orang lain.

Namun, perlu diketahui jika hal tersebut tidaklah membawa dampak positif pada diri Anda. Mulai sekarang, Anda perlu berhenti membandingkan diri dengan orang lain.

Perlu dipahami jika setiap individu mempunyai value yang berbeda-beda, garis start dan finish yang juga berbeda. Anda tidak perlu tergerus oleh pace orang lain dan lebih fokus pada kecepatan Anda sendiri. Dengan berfokus pada diri sendiri, Anda lebih bisa meningkatkan value yang Anda miliki dan menjadi pribadi yang lebih baik.

  • Melibatkan Value Dalam Kehidupan Sehari-hari

Untuk meningkatkan value diri, Anda perlu melibatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa memulainya dengan mengambil keputusan berdasarkan value diri Anda. 

Contohnya jika value Anda adalah kedisiplinan, dalam keseharian Anda akan membiasakan diri untuk datang ke lokasi janji temu sepuluh menit atau lima belas menit sebelum waktu yang Anda sepakati.

Itulah ulasan mengenai value diri yang Anda perlu tahu, juga bagaimana cara kita meningkatkan value yang ada pada diri kita supaya mampu menjadi individu yang baik. Kenali value pada diri Anda dan tingkatkan untuk mencapai potensi terbaik dari diri Anda.

Mohamad Krisna

Share on:

Categories: (1)

Karyawan

Tags: (2)

value value diri
To the top