5 Keuntungan Menggunakan Software HRIS Cloud di Tahun 2022

“Responden survei yang telah memilih software HRIS cloud melaporkan kalau pilihannya telah memenuhi atau melampaui ekspektasi mereka.” — PwC HR Tech Survey 2022.

Dalam publikasi tersebut, Anda akan menemukan beberapa insights baru terkait pentingnya sebuah Human Resource. Salah satu hal yang kemungkinan besar penting untuk Anda simak adalah manfaat atau positive outcomes apa yang dirasakan setelah perusahaan menerapkan software HRIS Cloud. Anda bisa cek infografik di bawah ini.

software hris cloud

Sudah saatnya Anda memperhitungkan semua ini. Bahkan, industri kesehatan dan manufaktur pun bisa memanfaatkan software HRIS Cloud.

Baca Artikel Bermanfaat Ini: Mengapa HRIS Cloud Industri Kesehatan Penting untuk Indonesia

Setelah membaca berbagai insights tersebut, Anda, sebagai pimpinan HR, mungkin masih butuh kepastian lagi. Atau, mungkin Anda masih mencari alasan tambahan untuk ‘meyakinkan’ investasi ini. Fear not. Berikut ini ada beberapa alasan atau manfaat pentingnya pindah atau memilih software HRIS cloud untuk tahun fiskal 2022.  

Alasan Penting Mengapa Harus Menggunakan Software HRIS Cloud

(1/5) Integrasi dengan Layanan Third-party Lainnya

Ketika sebuah sistem bisa dijalankan on cloud, sistem itu cenderung lebih mudah untuk diintegrasikan dengan sistem atau software lainnya.  

Terus?

Ingat, ‘job market’ saat ini lebih kompetitif dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk menarik dan merekrut talenta terbaik, Anda memerlukan proses atau strategi yang tepat. Anda harus ‘nurture’ calon kandidat agar mereka tertarik dengan perusahaan Anda. Salah satu di antaranya adalah dengan menjaga kualitas hiring experience mereka.

Untuk itu, pastikan provider HRIS cloud yang Anda pilih memiliki beberapa layanan lainnya yang mendukung hal tersebut.

software hris cloud

Misalnya begini, HRIS itu cenderung mengatasi urusan operasional karyawan. Untuk hal lainnya seperti manajemen kinerja, job portal dengan fitur melimpah, dan lain sebagainya pun, sebaiknya, juga disediakan oleh satu provider yang sama. 

Kemudian, provider tersebut memberikan opsi ke Anda untuk menambahkan atau mengintegrasikan beberapa layanan lainnya itu. Contoh layanannya itu seperti, pipeline rekrutmen khusus, social media job posting, applicant tracking, offering letter, onboarding, dan lainnya. Tidak apa-apa beda software, asalkan tetap dalam satu provider yang mau memberikan opsi ‘penambahan’ seperti ini. 

Dengan begitu, proses menemukan, menyaring, mengevaluasi calon talenta terbaik dapat dilakukan dengan lebih cepat. Dan, inilah yang dicari oleh banyak High-performing Talent.

(2/5) Manajemen dan data karyawan terpusat

Memusatkan semua data dan manajemen karyawan dalam satu software bisa tercapai dengan HRIS cloud. Akses informasi karyawan dan pengaturan terkait hal itu dapat dilakukan dengan efisien, jika semuanya terpusat. Di sisi lain, software cloud ini juga memungkinkan kualitas user experience yang konsisten untuk semua pengguna. Selain itu, perusahaan dapat dengan cepat meningkatkan skala fungsionalitas HR mereka agar sesuai dengan workforce atau tenaga kerja perusahaan yang seiring waktu pasti ada perkembangan. 

(3/5) Automasi Proses Payroll

software hris cloud

Automasi payroll adalah layanan berbasis cloud yang memungkinkan bisnis untuk mengautomasi proses penggajian mereka. Hal ini membuat tim HR tidak perlu lagi khawatir tentang proses melelahkan saat penggajian manual. Ada sebuah tips tambahan di bagian ini untuk Anda. Sebaiknya, Anda mencari provider HRIS cloud yang menyediakan tambahan fitur Early Wage Access. Hal ini memungkinkan karyawan untuk mengakses gajinya kapan saja tanpa harus menunggu akhir bulan.

Untuk informasi, menurut Forbes, fitur Early Wage Access ini dapat menurunkan tingkat turnover sebanyak 19%. 

(4/5)Time Attendance praktis

Time attendance adalah salah satu fungsi administrasi karyawan paling mendasar di perusahaan manapun. Fungsi ini digunakan untuk melacak presensi dan jumlah jam kerja seluruh karyawan, termasuk C-level. Sayangnya, masih ada perusahaan di luar sana yang melakukan proses ini secara manual, bahkan masih ada yang pakai semacam Timecard.

software hris cloud

Sudah saatnya proses semacam itu diganti. Pastikan, software HRIS cloud pilihan Anda punya kemampuan ini dan pastikan juga bisa diakses melalui smartphone. Perlu diingat lagi, berhubung karyawan bisa clock in/out di mana saja, maka wajib hukumnya fitur geolocation disematkan dalam software HRIS tersebut. Hal ini untuk memastikan kepatuhan seluruh karyawan Anda.

(5/5) Mengurangi Penggunaan Kertas

Tahukah Anda? Menurut publikasi The State of The Global Paper Industry 2018, di tahun 2016, total konsumsi kertas itu kurang lebih sekitar 400 Ton. Jika di-breakdown lebih kecil lagi, maka hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Kalau mau diturunkan lagi, rata-rata setiap manusia di dunia itu mengonsumsi sekitar 55 kg kertas per tahun. Angka yang sangat tinggi sekali. Untuk informasi lainnya, 26% penggunaan kertas di dunia itu untuk urusan cetak-mencetak, 55% lainnya untuk urusan packaging, dan sisanya itu meliputi urusan sanitary. Apapun itu, kita semua harus mengurangi penggunaan kertas sebanyak-banyaknya, titik. 

Jadi, Software HRIS Cloud Itu…..

Sebuah software HRIS Cloud itu harus intuitif, mudah digunakan, dan harus bisa dikustomisasi agar sesuai dengan kebutuhan bisnis apa pun. Jika Anda masih ingin berdiskusi atau menanyakan sesuatu terkait hal ini, silakan klik banner di bawah ini untuk mulai berdiskusi dengan tim terbaik kami. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

A. Alfan Alif

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts