Peluang Usaha yang Lagi Trend di 2022 Paling Menjanjikan

Mohamad Krisna

Share on:

Siapa bilang mendapatkan penghasilan harus kerja kantoran. Bekerja dari rumah juga dapat memberi peluang mendapatkan penghasilan. Terlebih, usaha rumahan yang lagi trend saat ini membuka kesempatan bagi siapa saja yang mau menekuni.

Menjalankan usaha rumahan memiliki kelebihan yaitu fleksibilitas dalam mengatur waktu anda. Selain itu, usaha rumahan dapat berjalan meskipun dengan modal yang minim.

Pandemi yang bahkan sudah berlangsung selama dua tahun terakhir memaksa banyak orang lebih kreatif dalam mencari sumber penghasilan. Tidak sedikit yang memilih banting setir dan mencoba usaha rumahan.

Akibatnya, usaha rumahan menjadi trend alternatif bisnis yang dapat menghasilkan. Lalu, apa saja usaha rumahan yang bisa lagi trend saat ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Baca Juga: 11 Profesi Menjanjikan! Bisa Kerja Online dari Rumah

1. Berjualan Makanan Frozen

Pembatasan aktivitas masyarakat mendorong trend konsumsi makanan frozen atau beku. Dilansir Kompas, penjualan makanan beku justru mengalami kenaikan di tengah pandemi.

Selain karena harganya yang murah, makanan frozen menjadi pilihan karena proses memasaknya yang praktis. Makanan frozen sangat cocok bagi karyawan atau rumah tangga sebagai stok cadangan makanan dalam kulkas.

Anda dapat mencoba memulai berjualan makanan frozen. Seperti gorengan, donat, atau makanan siap saji beku lainnya.

2. Katering Rumah

Jika anda gemar memasak, membuka usaha katering rumahan mungkin bisa menjadi pilihan. Karena, selain menguntungkan usaha katering ternyata cukup menghasilkan.

Anda dapat membuat usaha katering di rumah dengan skala kecil terlebih dahulu. Tentunya, anda perlu membuat strategi bisnis dan menentukan siapa target anda terlebih dulu. Anda bisa mencoba mulai dari pasar karyawan, anak sekolah, hingga instansi seperti sekolah di sekitar anda.

Katering makanan sehat saat ini juga mulai digemari masyarakat. Meningkatnya gaya hidup sehat terutama di perkotaan, bisa menjadi kesempatan yang terbuka lebar untuk anda.

Anda bisa memulai usaha katering makanan sehat untuk karyawan misal. Dan menyediakan makanan vegetarian, atau makanan dengan gizi dan kalori yang seimbang.

3. Bisnis Ikan Hias & Aquascape

Usaha budidaya ikan hias dan aquascape bisa menjadi hobi yang ternyata cukup menghasilkan. Aquascape adalah seni menghias di dalam air. Hiasan yang digunakan berupa tanaman, batu, atau kayu dalam akuarium.

Bisnis aquascape belakangan mulai dilirik karena ternyata dapat menghasilkan cukup banyak uang. Bahkan, menurut CNBC Indonesia bisnis aquascape dapat meraup keuntungan hingga 180 juta setiap bulan. Cukup menggiurkan bukan?

Anda dapat memulai bisnis aquascape dari budidaya ikan hias. Selain modalnya yang relatif lebih kecil, seni aquascape membutuhkan pendalaman mengenai ekosistem air tawar.

Saat ini, ada banyak jenis ikan hias yang digemari. Bahkan, ikan kecil dan ikan jenis predator mulai diminati sebagai ikan hias. Seperti ikan gabus lokal dan ikan cana misal. Sehingga, kesempatan dan peluang pasar bisnis ikan hias terbuka semakin lebar.

4. Menjual Produk Kecantikan

Bagi anda yang gemar berdandan, menjual produk kosmetik bisa menjadi bisnis yang patut anda coba. Tentu saja bisnis ini dapat anda jalankan dengan modal yang tidak begitu besar.

Menjadi dropshipper atau reseller bisa menjadi pilihan. Dengan modal yang kecil, anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Tumbuhnya sosial media di Indonesia juga dapat membantu anda dalam memulai bisnis ini.

Bayangkan, dengan bantuan sosial media saja anda sudah bisa mengiklankan dan mempromosikan produk anda.

Melalui e-commerce, anda bisa menjual produk anda. Seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Hanya dengan bermodalkan HP dan internet saja anda sudah bisa mencoba berjualan kosmetik.

5. Jasa Desain Grafis

Bisnis ini cocok bagi anda yang memang memiliki kemampuan membuat logo, poster, dan hal lainnya yang berhubungan dengan visual.

Penyedia jasa desain grafis masih dicari hingga saat ini. Mengingat, kebutuhan akan konten visual yang terus meningkat di tengah perkembangan zaman. Anda dapat menyediakan jasa seperti desain kaos untuk distro misal.

Meningkatnya trend sosial media bisa menjadi peluang yang bagus untuk anda. Hal ini menyebabkan peningkatan kebutuhan akan konten visual untuk sosial media.

Misalnya, anda dapat membuka dan menjual jasa desain konten feeds Instagram. Bisnis desain juga tidak memerlukan modal yang besar. Hanya laptop, internet, dan kemampuan dasar yang harus anda sudah kuasai.

6. Jasa Membuat Website

Perkembangan era digital yang cukup pesat mendorong kebutuhan untuk beradaptasi. Tidak terkecuali UMKM, yang sering dianggap sebagai bisnis konvensional.

Hal tersebut dapat membuka peluang bagi anda, terlebih jika anda memang gemar menggeluti bidang pembuatan website developer. Dengan kemampuan tersebut, anda bisa mencoba membuka jasa pembuatan website.

Sebesar 73 persen jumlah populasi di Indonesia sudah menggunakan internet. Besarnya angka tersebut menjadi kesempatan bagi anda yang ingin menggeluti bidang digital dan teknologi.

Termasuk jasa pembuatan website, dengan target pasar UKM dan bisnis skala kecil hingga menengah.

7. Kursus Privat

Pembatasan kegiatan belajar mengajar di sekolah saat pandemi turut menyumbang kemunduran kualitas pendidikan.

Pembelajaran online dirasa banyak siswa kurang efektif. Faktornya bisa banyak hal, mulai dari akses internet yang belum merata, hingga kendala sarana penunjang belajar online seperti laptop atau smartphone yang dimiliki siswa.

Mungkin, anda dapat memberikan jasa kursus privat, terlebih jika pendidikan memang menjadi bidang keahlian anda.

Anda bisa memberikan kursus pelajaran sekolah mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Anda juga dapat memberikan jasa kursus bahasa misal. Seperti bahasa Inggris, untuk kaum pekerja dan freshgraduate yang sedang mencari kerja.

8. Dropship dan Jasa Titip

Belakangan, jasa dropship makin populer. Banyaknya e-commerce yang memfasilitasi hal ini menjadi peluang tersendiri.

Dropshipper adalah jasa menjual kembali barang dari supplier. Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli yang anda tetapkan. Bedanya dengan reseller adalah, dropship tidak mengharuskan anda memiliki stok produk yang anda jual.

Sehingga, anda tidak memerlukan biaya kirim barang atau sewa gudang lagi. Anda juga tidak memerlukan biaya pengemasan barang yang akan dikirim karena hal tersebut sudah diurus oleh supplier.

Jasa titip juga menjadi alternatif bagi anda yang berminat mencoba berjualan. Barang-barang branded dari luar negeri memiliki peminatnya sendiri di Indonesia.

Hal ini bisa menjadi peluang anda menghasilkan uang dengan menyediakan jasa titip. Keuntungan jasa titip ada pada harga anda membeli produk dan harga jual sebagai ongkos jasa titip.

9. Restoran Online

Usaha rumahan yang lagi trend dan menghasilkan selanjutnya adalah restoran online. Jangan salah, bagi anda yang hobi memasak dan ingin menjual masakan sekarang juga bisa online.

Tidak perlu tempat yang luas seperti tempat makan pada umumnya, restoran online fokus pada penjualan makanan melalui platform online. Bisa melalui Gofood, GrabFood, dan Shopee Food.

Dengan bermodalkan bahan baku dan dapur rumah, anda sudah bisa menjalankan bisnis tersebut. Anda juga berjualan melalui sosial media dengan sistem pre-order. Artinya, pelanggan perlu memesan terlebih dahulu makanan yang anda jual.

Menarik bukan, ide-ide usaha rumahan yang lagi trend saat ini? Meskipun pandemi menjadi tantangan, namun ternyata juga membuka peluang bagi anda untuk memulai usaha.

Usaha rumahan selain membutuhkan modal yang kecil, dapat anda tekuni tanpa terikat waktu kerja. Sehingga, anda dapat memanfaatkan usaha tersebut sebagai tambahan penghasilan sembari bekerja di kantor atau perusahaan.

Mohamad Krisna

Share on:

Categories: (1)

Karyawan
To the top