11 Profesi Menjanjikan! Bisa Kerja Online dari Rumah

Mohamad Krisna

Share on:

Pandemi COVID-19 berhasil membuat hati masyarakat gundah. Tidak adanya kepastian kondisi ekonomi menjadi salah satu penyebabnya. Tidak heran, kerja online sampingan menjadi pilihan.

Membuat usaha sampingan kerja online, salah satunya. Meskipun awalnya hanya sekedar kerja sampingan, tidak jarang kerja online bisa mendatangkan penghasilan yang lebih banyak.

Jam kerja yang fleksibel juga menjadi keuntungan tersendiri usaha sampingan online. Anda tetap bisa mendapatkan uang tanpa perlu mengorbankan waktu bersama keluarga, teman dekat, atau orang tua. 

Terlebih lagi, ternyata banyak usaha sampingan yang tidak memerlukan modal. Bisa dilakukan oleh mahasiswa, pencari kerja, bahkan pekerja kantoran. Kerja online bisa menjadi usaha sampingan yang menguntungkan.

Seperti mimpi, bukan? Artikel rekomendasi kerja sampingan ini bisa membantu anda mendapatkan uang dari rumah. Penasaran apa saja profesi kerja online? Simak sampai akhir!

1. Menjadi Freelance Writer

Ilustrasi kerja online penulis freelance

Menulis ternyata juga bisa menjadi kerja online sampingan yang menghasilkan. Untuk anda yang memiliki hobi menulis, tentunya menjadi penulis lepas atau freelance bisa menjadi peluang.

Menjadi penulis lepas pun banyak pilihannya, seperti menulis artikel, blog, ghost writer buku, content writing, dan copywriting. 

Untuk menarik klien, maka anda perlu portfolio. Melalui portofolio anda dapat menunjukkan keahlian dan pengalaman anda. Buatlah portofolio anda semenarik mungkin, dan perlihatkan juga project yang pernah anda kerjakan di masa lalu.

Menjadi penulis freelance pun juga cukup mudah. Anda hanya perlu mendaftar pada situs-situs yang menyediakan pekerjaan online. Seperti freelancer.co.id, projects.co.id, dan Upwork. Anda juga dapat bergabung menjadi kontributor di situs berita seperti Mojok.

Semakin baik skill menulis yang anda miliki, semakin tinggi pula tarif yang bisa anda patok untuk sekali pengerjaan menulis. Tertarik?

2. Freelance Desain Grafis

Pekerjaan yang satu ini pasti sudah banyak yang tahu. Menyediakan jasa desain grafis bisa menjadi kerja online sampingan yang menguntungkan, lho. 

Sama seperti menjadi penulis lepas, freelance desain grafis juga membutuhkan portfolio. Ini sangat penting karena sebagai desainer grafis, tentu anda perlu menunjukkan kemampuan yang anda miliki, dan karya-karya yang pernah dibuat.

Kerja online sebagai desainer grafis bisa sangat menjanjikan. Karena desain grafis kini punya cakupan yang luas. Dari desainer tampilan web, tampilan aplikasi, majalah, iklan, ilustrasi digital, dan banyak lagi.

Selain itu, tidak semua orang memiliki kemampuan desain grafis. Karena desain grafis tidak sekedar membuat gambar, tapi menyampaikan pesan/komunikasi melalui visual. Tidak jarang, kerja online sampingan satu ini bisa berkembang menjadi industri besar.

Semua itu pasti memerlukan proses. Salah satu freelance desainer di Indonesia yang sukses adalah Rio Purba. Pria kelahiran Sumatera Utara ini selain menjadi desainer, juga aktif membuat konten soal desain lewat Youtube.

Untuk memulai, anda perlu portfolio. Anda bisa memulainya dari proyek teman misal. Atau anda bisa juga mengerjakan proyek pribadi. 

Anda bisa mencari klien melalui situs-situs penyedia pekerjaan online seperti Sribu, Upworks, dan Freelancer.co.id. Selain gratis, situs-situs tersebut sudah banyak dikenal orang, sehingga kemungkinan anda mendapat klien juga semakin besar.

Pastikan anda memiliki keahlian niche khusus sebagai desainer grafis. Seperti spesialis logo perusahaan, atau desain banner, atau desain web.

3. Membuka Toko Online

Tahukah anda, jika toko online saat ini menjadi pekerjaan sampingan pilihan banyak orang? Data dari Katadata.co.id juga menyebutkan bahwa pengguna e-commerce di Indonesia terbesar di dunia.

10 Negara Pengguna Ecommerce Tertinggi di Dunia

Mencapai 88,1 persen, luar biasa bukan? 

Hal ini tidak mengejutkan, mengingat pertumbuhan UMKM di Indonesia yang juga semakin pesat. Teknologi tentunya akan membantu pertumbuhan ini. 

Toko online dipilih karena selain mudah, biayanya juga lebih murah daripada toko offline. Anda juga bisa bebas menentukan strategi marketing untuk produk anda. Sehingga, anda lebih leluasa dalam mengembangkan kerja online sampingan anda ini. 

Untuk mengembangkan toko online, anda perlu promosi melalui media sosial atau pasang iklan di marketplace yang anda gunakan. 

Dengan pengelolaan yang baik, usaha sampingan ini bisa menghasilkan keuntungan yang tidak terbatas.

4. Menjadi Reseller dan Dropshipper Online

Reseller online merupakan usaha menjual kembali produk dari distributor atau supplier, dengan harapan mendapatkan keuntungan dari selisih penjualan dan pembelian.

Menurut data BPS, sebesar 15,97 persen dari 17.062 pelaku e-commerce adalah pelaku reseller atau menjual kembali barang orang atau usaha lain. Hal ini artinya masih banyak kesempatan jika anda tertarik untuk menjadi reseller online.

Reseller online menawarkan kemudahan untuk anda yang ingin punya penghasilan tambahan tapi tidak mau membuat toko online sendiri. 

Anda cukup mencari barang dari distributor atau supplier dengan harga yang lebih murah dari pasaran, lalu menjualnya kembali kepada konsumen dengan harga lebih tinggi sebagai keuntungan. 

Menjadi dropshipper juga bisa menjadi usaha sampingan yang menguntungkan. Hampir sama seperti reseller, tapi bedanya adalah anda tidak perlu membeli stok barang. Sangat cocok jika anda tidak memiliki modal yang berlebih.

Cara kerja online menjadi dropshipper adalah anda cukup bekerja-sama dengan supplier dan memasarkan barang atau produk mereka. Anda bisa memasarkan produk ini melalui sosial media, atau pun marketplace sesuai keinginan anda.

Ketika ada pembelian, anda cukup menghubungi supplier, dan merekalah yang akan mengirim barang ke pembeli. Keuntungan yang didapat berdasarkan dari selisih penjualan juga tentunya. 

Menariknya, masih belum banyak pelaku e-commerce di Indonesia yang memilih menjadi dropshipper. Hanya sebesar 1,52 persen saja dari total 17.062 pengusaha toko online.

Perbandingan Reseller dan Dropshipper di Indonesia

Hal ini bisa menjadi kesempatan emas yang tidak boleh anda lewatkan!

5. Mengisi Data (Data Entry)

Data entry menjadi salah satu kerja online sampingan pilihan orang. Hanya berbekal laptop dan koneksi internet, pekerjaan ini sudah bisa menghasilkan uang.

Kebutuhan akan data entry juga saat ini semakin banyak. Karena sekarang, mengisi data tidak hanya dibutuhkan perusahaan saja melainkan bisnis online yang menjamur juga membutuhkannya. Kesempatan yang terbuka inilah yang menarik minat orang.

Jenis pekerjaannya pun beragam, seperti memasukkan data ke Excel, merekam suara, atau membuat transkrip dari suatu percakapan.

Tentu saja mengikuti kebutuhan dan keinginan klien.

Anda juga tidak perlu skill tinggi untuk melakukan kerja online sampingan ini. Anda hanya perlu memiliki ketelitian lebih dan kemampuan dasar menggunakan komputer.

6. Menulis Blog

Tahukah anda, penulis sukses Raditya Dika memulai kariernya sebagai penulis melalui blog? Ini membuktikan bahwa menjadi menulis blog bisa menghasilkan uang.

Memangnya uang yang dihasilkan blog itu darimana, sih? Banyak, bisa dari Google Adsense, afiliasi, atau melalui endorse. Namun sebelum memulai blog, tentu anda perlu memiliki kemampuan SEO, agar anda tahu bagaimana cara menulis blog yang menarik.

Selain itu, konten dalam blog anda juga harus unik dan relevan sehingga orang mau mengakses blog dan membaca tulisan anda.

7. Jasa Konsultan SEO 

Dari pembahasan sebelumnya, pasti anda sudah mendengar kata SEO ini. SEO (Search Engine Optimization) adalah upaya membuat sebuah website masuk dalam pencarian nomor satu Google.

Pekerjaan jasa konsultan SEO ini ternyata bisa menjadi kerja online sampingan yang menguntungkan.

Mengingat akan permintaan yang terus meningkat. Selain itu, orang yang memiliki keahlian SEO juga masih dibilang sedikit. Ini membuat kesempatan anda lebih besar jika anda tertarik menekuni bidang ini untuk menghasilkan uang tambahan.

Menjadi jasa konsultan SEO mengharuskan anda untuk menguasai cara kerja SEO, algoritma ranking Google, dan cara optimasi website.

Untuk mendapatkan klien, anda bisa mengajukan proposal melalui email ke perusahaan. Anda juga bisa mendapatkan klien melalui platform freelance seperti projects.co.id.

8. Web Developer

Ilustrasi Web Developer

Seorang web developer bertugas membuat website sesuai klien. Bisa saja website company profile, website pemerintahan atau sekolah, toko online, dan aplikasi online.

Profesi ini memang membutuhkan keahlian di bidang komputer tingkat tinggi. Sehingga tidak semua orang bisa menjalani profesi ini. Biasanya orang yang menjalani profesi ini adalah orang dengan latar belakang pendidikan teknik informatika. 

Untuk menjadi freelance web developer juga mengharuskan anda menguasai banyak bahasa pemrograman web.

Kerja online satu ini menawarkan gaji yang cukup tinggi untuk tiap proyek yang dikerjakan mengingat keahlian yang dibutuhkan juga tidak sembarangan.

9. Software Engineer

Masih berhubungan dengan bidang IT, kerja online sebagai software engineer juga diminati banyak orang. Lantaran penghasilannya yang fantastis.

Seorang software engineer bertugas membuat dan mendesain sistem atau aplikasi komputer berdasarkan kebutuhan pengguna. Sama seperti web developer, pekerjaan ini juga membutuhkan skill tingkat tinggi.

Software engineer akan dituntut untuk menguasai ilmu informatika, analisa matematika, analisa sistematis, pengembangan software, dan hal-hal yang berkaitan dengan IT. 

Selain itu, anda juga perlu menguasai bahasa pemrograman sesuai dengan kebutuhan klien anda. Dan juga skill mendalam tentang perancangan software.

Terdengar rumit memang, tapi juga sebanding dengan uang yang bisa anda hasilkan dari pekerjaan ini.

Baca Juga: Lark: Aplikasi Rapat Online Gratis dengan Fitur Kolaboratif

10. Membuka Jastip Online

Kerja online yang bisa dilakukan dari rumah ini belakangan menjadi populer. Lantaran cukup mudah, anda hanya perlu duduk di depan komputer dan membelikan barang untuk orang lain.

Bagaimana caranya?

Belakangan, kepopuleran toko online juga menarik minat pembeli dalam jumlah yang cukup besar. Tidak jarang dari mereka memiliki kesempatan perangkat maupun koneksi internet. Inilah yang bisa anda manfaatkan dengan membuka jastip (jasa titip).

Anda bisa menggunakan device dan internet yang anda miliki untuk membeli barang bagi orang lain. Nanti, anda akan mendapatkan keuntungan per item yang anda beli. Misalkan 10 ribu per item.

Terlihat sepele, namun jangan salah menyediakan jastip bisa mendatangkan uang jutaan rupiah, lho!

11. Membuat Kursus Online

Pembatasan aktivitas masyarakat selama pandemi membuat banyak orang yang ingin memanfaatkan waktunya dengan belajar hal baru. 

Jika anda memiliki keahlian khusus, atau skill yang bisa anda jual anda bisa membuka jasa kursus online. Anda perlu menentukan dulu untuk siapakah kursus anda ini? Apakah untuk pelajar dan mahasiswa, atau untuk umum?

Anda bahkan juga bisa membuat kursus memasak. Atau kursus membuat kue misalkan. Jika dikelola dengan benar, membuat kursus online ini bisa jadi usaha kerja online yang menguntungkan untuk anda.

Tertarik Mencoba?

Di era kemajuan teknologi ini, banyak pilihan pekerjaan online sampingan yang bisa anda lakukan. Seperti yang sudah kami bahas.

Banyak pekerjaan di atas yang bahkan bisa anda jalankan dari rumah. Tertarik mencoba? Silakan pilih sesuai keahlian anda. 

Selamat mencoba dan semoga sukses!

Mohamad Krisna

Share on:

Categories: (1)

Karyawan
To the top