IDN Media Menemukan Solusi Performance Reviewnya Bersama Weefer

PT Media Putra Nusantara atau yang lebih dikenal dengan IDN Media adalah salah satu perusahaan media dan konten asal Surabaya, Indonesia. IDN Media menjadi salah satu perusahaan media berbasis teknologi yang lebih memfokuskan dirinya ke audience Millennial dan Gen Z. Semakin berkembangnya perusahaan ini, dengan kurang lebih 500 pekerja, maka berbagai tantangan mulai muncul. 

idn media

Oleh sebab itu, PT Media Putra Nusantara mempercayakan solusi tantangan mereka kepada Weefer Indonesia. Dengan kepercayaan tersebut, Weefer Indonesia memilih dan mengimplementasikan SAP SuccessFactors untuk membantu perusahaan media ini. Apa cerita singkat di balik semua ini? Mari kita simak.

Sekilas tentang PT Media Putra Nusantara (IDN Media)

Perusahaan media dan konten ini dibentuk pada tahun 2014 di Surabaya (IDN Creative Lab). Kemudian, pada tahun 2019, perusahaan media ini memindah pusat controlnya dari Surabaya ke Jakarta. Jakarta menjadi HQ baru IDN Media, sedangkan kantor Surabaya lebih menekankan unsur Creative Labnya. 

Tidak hanya itu, IDN Media juga punya kantor redaksi yang tersebar di beberapa provinsi juga. Hal ini ditujukan untuk memperluas jaringan media milik perusahaan ini. Menurut Tech in Asia, IDN Media mempunyai employee sebanyak 400 – 500 orang. 

IDN Media memiliki beberapa products media dan konten di dalamnya. IDN Times fokus ke news dan media secara umum, Popbela fokus ke lifestyle dan fashion, Popmama fokus ke parenting, Duniaku fokus ke Pop Culture, Yummy fokus ke kuliner, GGWP.id fokus ke e-sport, dan masih ada beberapa lainnya.

Semakin berkembangnya sebuah media, maka semakin banyak pekerja yang harus diperhatikan. Di sini, kak Desy Ratnasari, Head of People Operation IDN Media, akan berbagi pengalamannya secara singkat dalam mengatasi beberapa tantangan seputar SDM atau Human Resources.

Tantangan IDN Media

Performance Review

idn media

Salah satu tantangan utama yang ditemui oleh IDN Media adalah masalah performance review. Saat jumlah timmy (sebutan khusus karyawan di lingkungan IDN Media) masih sedikit, seluruh proses performance review bisa dilakukan hanya dengan spreadsheet. Namun, semua ini berubah ketika IDN Media semakin berkembang. Human error, durasi waktu, konsistensi, alignment adalah beberapa hal yang timbul akibat performance review secara manual. 

Oleh sebab itu.

Sudah tidak mungkin lagi melakukan performance review dengan spreadsheet. Hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa IDN Media harus segera mencari provider sistem Performance Review yang berkualitas.

HR Operations 

idn media

Urusan cuti dan reimbursement adalah tantangan berikutnya yang harus dihadapi oleh IDN Media. Sistem yang lama, sering terjadi error ketika timmy mau mengajukan cuti. Masalah financial seperti reimbursement juga sering mengalami error. Hal-hal seperti ini harus segera diatasi karena sudah menyangkut roda operasional bisnis dan client.

Sentralisasi Informasi

idn media

IDN Media ingin semua informasi bisa diakses dalam satu sistem. Hal  ini tentu akan memudahkan semua timmy, termasuk timmy yang sedang onboarding atau sedang induction. Ketika semuanya berada di satu sistem, maka gap komunikasi antar timmy bisa semakin membaik. 

Untuk lebih lengkapnya, kindly, tonton video di bawah ini.

Solusi IDN Media

idn media

Tantangan sudah terdeteksi, saatnya mencari solusi untuk menyelesaikan tantangan tersebut. Berdasarkan cerita kak Desy, PT Media Putra Nusantara segera mencari provider sistem Performance Review. Dari sekian banyak provider, mereka memilih SAP SuccessFactors karena dirasa paling mumpuni dalam menyelesaikan semua tantangan tersebut.

Namun, sayangnya, proses implementasi tidak bisa dilakukan secara langsung. Pihak SAP menyarankan perusahaan ini untuk untuk menghubungi Weefer Indonesia. Pihak SAP bilang kalau sebaiknya menggunakan official partner SAP SuccessFactors yang ada di Indonesia.

Dengan berbekal rekomendasi tersebut, perusahaan media ini langsung menghubungi Weefer Indonesia untuk berkonsultasi.

Proses diskusi berlangsung lancar dan solutif. Setiap masalah hampir pasti ada solusinya. Kemudian, proses implementasipun dilakukan. Memang tidak langsung 100%, karena memang harus ada kustomisasi khusus agar sesuai dengan kebutuhan Media ini.

Di momen inilah, tantangan yang menyelimuti PT Media Putra Nusantara sudah mulai bisa diselesaikan. Performance Review timmy sudah menggunakan sistem milik SAP SuccessFactors. Kustomisasi sistem performance review dan juga interface yang friendly menjadi daya tarik utama, menurut mereka. 

Dulu, ketika masih memakai spreadsheet, datanya ada tapi tindak lanjutnya apa tidak tahu. Setelah menggunakan Customized Performance Review, proses analisis data performa timmy bisa dilakukan dengan efektif dan efisien serta menghemat waktu dan biaya.

Dalam Performance Review itu, Objective yang ditujukan kepada timmy sangat “interaktif”. Interaktif di sini karena timmy bisa saling bertukar feedback dengan Team Lead untuk membahas essence  dari suatu objective.

Mengautomasikan repetitive atau redundant HR Tasks adalah solusi lain yang bisa didapatkan dengan SAP SuccessFactors. Masalah cuti, payment, reimbursement bisa dilakukan tanpa error sedikitpun. 

PT Media Putra Nusantara juga bisa melakukan sentralisasi seluruh informasi perusahaan. Refreshment training dan compliance training bisa diakses di dalam SAP SuccessFactors. Jadi, timmy yang barusan gabung akan dilatih oleh pendamping atau Team Lead untuk mengoperasikan SAP SuccessFactors. Hal ini bisa terwujud lebih mudah karena semua informasi termasuk SOP sudah bisa diakses dalam satu sistem.

Pada akhirnya, PT Media Putra Nusantara sudah mampu menemukan solusi atas beberapa tantangan mereka. Tentu, Media ini mempunyai beberapa harapan serta masukan untuk Weefer Indonesia.

Insights untuk Weefer Indonesia

PT Media Putra Nusantara tetap ingin melakukan sentralisasi lebih lanjut. Mereka mau kalau semua fitur sebaiknya bisa terintegrasi dalam satu sistem. Kemudian, mereka juga berharap kalau Weefer Indonesia bisa memberikan lebih banyak informasi tentang layanannya khusus ke client. Jadi akan ada semacam newsletter khusus untuk client Weefer Indonesia yang berisikan pengenalan fitur, layanan atau update terbaru.

Itulah uraian singkat dari sebuah case study PT Media Putra Nusantara dalam mengatasi berbagai tantangan mereka. Jika Anda memiliki “keluhan” yang sama, mari berdiskusi dengan tim terpercaya kami. Cukup klik banner di bawah dan mulai berdiskusi. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

rekrutmen karyawan
A. Alfan Alif

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts