3 Alasan Mengapa Cloud-Based Performance Management Adalah Solusi saat Pandemi

Setiap perusahaan tetap harus melakukan proses performance review meskipun masih dalam kondisi pandemi, sehingga cloud-based Performance Management adalah solusinya. 

Baca artikel bermanfaat ini: Membangun dan Mengelola Performance Karyawan Selama Pandemi

performance management adalah

COVID-19 telah memaksa perusahaan untuk beradaptasi dengan suatu perubahan model kerja. Sekarang, hampir semuanya minta fleksibel, termasuk proses performance review atau tinjauan kinerja karyawan. Sudah saatnya Anda mengganti proses spreadsheet-based performance review ke proses performance review menggunakan sistem performance management berbasis cloud. Anda perlu sebuah sistem fleksibel yang bisa memberikan support, motivasi, development secara berkelanjutan. 

Berikut ini adalah 3 alasan mengapa cloud-based performance management adalah solusi untuk menjaga kinerja karyawan tetap tinggi saat semuanya serba fleksibel karena pandemi.

Performance Review yang Berkelanjutan dan Fleksibel

performance management adalah

Performance review spreadsheet-based merupakan sistem yang masih rigid atau kaku. Biasanya, proses ini hanya terjadi setahun sekali atau dua kali. Kemudian, karyawan akan ditinjau menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant and Timely). Masalahnya adalah review seperti ini hanya dilakukan setahun sekali atau dua kali. Proses review semestinya dan sebaiknya dilakukan secara berkelanjutan, atau setidaknya ada 4 kali dalam setahun. 

Sekali lagi, model performance review sudah tidak efektif. Lingkungan kerja sekarang sedang benar-benar uncertain namun tetap bergerak cepat. Customer dan client kalian sekarang lebih demanding akibat pandemi dan pembatasan yang dilakukan pemerintah. Oleh sebab itu, karyawan Anda harus tetap berada di kondisi yang prima setiap saat, bukan hanya menjadi prima saat mau “diaudit” saja.

Dua kriteria performance review yang efektif adalah yang berkelanjutan dan fleksibel. Cloud-based Performance Management adalah solusi untuk menemukan dua kriteria ini. Anda harus paham kondisi karyawan Anda. Tidak semua karyawan mempunyai kondisi yang sama saat di rumah. Ada yang masih harus mengurus keluarga, ada pula yang rumahnya memang cocok sebagai pengganti kantor. Perbedaan inilah yang membuat kata fleksibilitas benar-benar berguna. Setiap karyawan harus memiliki performance review yang personalized, jangan dipukul rata semua. Dengan hal ini, karyawan Anda akan merasa dihargai.

Goal Management yang Agile

performance management adalah

Metode SMART dalam Goal Setting sudah menjadi sebuah universal truth. Namun, Goal Setting SMART sebenarnya hanyalah sebagian kecil dari sebuah Goal Setting. Goal Setting ini seringkali bersifat jangka panjang dan tidak fleksibel.

Perusahaan yang berpikiran maju tidak lagi mengadopsi sebuah Goal Setting yang kaku. Mereka akan memilih menggunakan Goal Setting yang agile dan fleksibel. Goal Setting tersebut biasanya bersifat jangka pendek dan selalu dapat diubah seiring dengan kebutuhan dunia bisnis. Proses ini bukanlah sebuah daftar ceklist yang harus diselesaikan sekali atau dua kali setahun sebagai bagian dari proses review. Karyawan didorong untuk memilih dan bertanggung jawab dengan goal mereka atau menggunakannya sebagai alat untuk memandu pekerjaan sehari-hari mereka.

Keterlibatan, Kesejahteraan, dan Kinerja Karyawan Semuanya Saling Berikatan

performance management adalah

Pandemi virus corona telah membuat sektor kesehatan dan kesejahteraan karyawan menjadi prioritas utama di setiap perusahaan. Sistem Performance Management yang baik akan memantau dan mengukur kesejahteraan karyawan. Perusahaan yang baik akan mengumpulkan data karyawan melalui performance management. Kemudian, menggunakannya untuk memberikan program kesejahteraan karyawannya. Kesejahteraan semacam ini akan memberi dukungan kepada kesehatan mental karyawan.

Sampai poin ini, mungkin Anda sudah mulai tahu akan peran dari sistem Performance Management berbasis cloud. Beberapa perusahaan memang pernah mengalami kesulitan saat proses performance review. Kesulitan performance review, contohnya, pernah dialami oleh PT Putra Perkasa Abadi dan PT Media Putra Nusantara (IDN Media). (link nanti akan diperbaiki). Dan pada akhirnya mereka bisa menemukan solusinya dengan menggunakan sistem Performance Management berbasis cloud.

Apakah Anda masih butuh diskusi tentang semua ini. Tentu Anda bisa langsung menghubungi kami dan…

Anda juga bisa untuk gabung di obrolan santai WTalk Series #3. Obrolan santai nan berbobot ini akan membahas bagaimana cara membangun dan mengelola performa kinerja karyawan Anda selama pandemi. Anda akan berkesempatan langsung ngobrol dengan para expert di bidangnya. Klik banner di paling bawah untuk mulai gabung di obrolan ini.

performance management adalah
A. Alfan Alif

Categories:

Events WTalk

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts