Peningkatan Performance Management PT Putra Perkasa Abadi dengan SuccessFactors

PT Putra Perkasa Abadi adalah salah satu perusahaan tambang batu bara yang berkantor pusat di Kebayoran Baru, Jakarta. Perusahaan ini membutuhkan sebuah sistem performance management yang berkualitas baik. Dulunya, PT PPA hanya menggunakan spreadsheet dalam melakukan proses performance review. Untuk sekarang, hal tersebut sudah tidak efektif lagi. Apalagi dengan semakin banyaknya kompetitor di bidang pertambangan batu bara juga. Weefer telah berhasil membantu PT PPA dalam mengimplementasikan SAP SuccessFactors sehingga proses performance management di perusahaan ini semakin membaik.

pt putra perkasa abadi
  • Digitalisasi proses performance management menggunakan SAP SuccessFactors.
  • Modul Succession dari SAP SuccessFactors membantu mencari kandidat Key Position.
  • Continuous Performance Management memberikan kepuasan hasil bagi PT PPA.

Tentang PT Putra Perkasa Abadi

pt putra perkasa abadi

PT Putra Perkasa Abadi merupakan perusahaan pertambangan batu bara yang sudah berdiri sejak tahun 2002. Memiliki tenaga kerja sebanyak 6200 dan telah menyelesaikan 250 juta ton metric overburden removal menjadikan PT PPA sebagai perusahaan tambang batu bara terbesar ke 3 di Indonesia. Awalnya, perusahaan ini fokus ke jasa persewaan alat dan transportasi khusus pertambanga. Kemudian, mendapat izin untuk memulai pertambangan dan berkembang sampai sekarang. Untuk saat ini, PT PPA fokus ke 3 layanan. Ketiga layanan tersebut adalah: Overburden Removal, Coal Mining dan Hauling, dan Port Management. Dengan pencapaian dan skala ukuran sebesar ini, PT PPA benar-benar membutuhkan sebuah transformasi digital di sistem performance management milik nya. Di momen inilah Weefer menawarkan SAP SuccessFactors sebagai pengganti performance management yang lama.

Tantangan PT Putra Perkasa Abadi

Pada kesempatan ini, pihak perusahaan berkenan untuk saling berbagi informasi tentang masalah apa saja yang dihadapi. Ada 3 masalah yang ingin diselesaikan oleh manajemen PT Putra Perkasa Abadi. Bapak Teguh, Bapak Dede, dan Bapak Rendy merupakan tiga orang penting dari PT PPA yang menyempatkan waktu berharga nya untuk menjelaskan masalah-masalah tersebut.

  • Performance review atau performance appraisal masih manual

Salah satu produk Office suite, Excel, masih menjadi andalan PT Putra Perkasa Abadi dalam melakukan proses performance review seluruh tenaga kerja. Namun, seiring berjalannya waktu, proses ini sudah tidak efektif dan efisien lagi. Dengan banyaknya tenaga kerja, maka semakin susah pula proses penginputan review kinerjanya. Belum lagi jika ada kesalahan manusia yang terjadi di tengah proses tersebut.

Tidak hanya itu, dengan penggunaan sistem yang masih ‘manual’, transparansi dalam penilaian kinerja akan susah untuk diwujudkan. Tidak ada review yang benar-benar personalized untuk setiap tenaga kerja. Padahal, setiap tenaga kerja pasti memiliki ciri khas tersendiri.

  • Ingin performance management atau performance review yang lebih sering

Selama ini proses review atau penilaian hanya terjadi selama dua tahun sekali. Untuk dapat bersaing dengan kompetitor di industri pertambangan, PT Putra Perkasa Abadi ingin bisa melakukan review atau manajemen kinerja sesering mungkin. Mereka ingin setidaknya dalam setahun ada 4 kali proses review, lebih banyak lebih baik.

  • Butuh kandidat pengganti key position dari lingkup internal

PT Putra Perkasa Abadi memiliki sejumlah key positions yang harus digantikan karena banyak dari mereka sudah memasuki masa pensiun. PT PPA kurang setuju jika posisi structural utama berasal dari luar lingkup perusahaannya. Bapak Dede dan koleganya ingin kalau key position sebaiknya dari lingkup internal supaya proses adaptasinya lebih cepat.

Solusi dan Hasil

Weefer sebagai regional partner SAP SuccessFactors memberikan beberapa solusi untuk masalah yang dialami PT Putra Perkasa Abadi tersebut. Modul Performance Management milik SuccessFactors mampu memudahkan proses performance review PT PPA. Meskipun baru diimplementasikan awal tahun 2020 awal, hasil positifnya sudah bisa dirasakan.

Beberapa orang mengalami kesulitan karena memang hal ini adalah sesuatu yang baru buat mereka. Namun, hasil positif tersebut sudah bisa membuat PT PPA percaya kepada kemampuan SAP SuccessFactors. Semuanya dilakukan secara digital, jika ada perubahan atau penyesuaian baru, tim Weefer dapat membantu PT PPA dengan sangat cepat dan baik. Personalized reviewnya juga berguna untuk memantau tenaga kerja secara lebih detail.

PT Putra Perkasa Abadi juga ingin menggunakan Continuous Performance Management. Namun, menurut tim kami hal itu bisa dilakukan jika beberapa data sudah menunjukkan hasil positif dulu. Setelah data positif tercukupi maka fitur ini bisa dibantu untuk diaktifkan. Mendengar hal itu tim PPA dengan senang hati menantikan fitur ini.

Modul Succession sudah di install ke dalam layanan SAP SuccessFactors PT Putra Perkasa Abadi. Dalam 2 sampai 3 tahun kedepan, key position di perusahaan ini akan siap diganti dan modul  ini akan merekomendasikan kandidat yang cocok untuk posisi itu.

Feedback untuk Weefer

Secara keseluruhan, PT Putra Perkasa Abadi puas dengan hasil yang diberikan oleh SAP SuccessFactors. Tim Weefer bahkan sampai datang on-site untuk membantu proses implementasi layanan ini. Beberapa penyesuaian dan perubahan baru yang mendesak pun tetap bisa dilakukan oleh tim Weefer.

Kedepannya, PT Putra Perkasa Abadi tetap menantikan proses dan hasil dari Continuous Performance Management. Kemudian, PT PPA menyarankan agar UI dan UX dari SAP SuccessFactors lebih dimudahkan lagi. Feedback seperti inilah yang kami nantikan. Feedback merupakan bahan bakar kami untuk tetap meningkatkan kualitas dari layanan kami.

Jika Anda ingin merasakan pengalaman yang sama dengan PT Putra Perkasa Abadi, silakan hubungi tim terpercaya kami. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

author
Alfan Alif

Share on:

Categories:

SAP SuccessFactors