PT Semen Jawa Berhasil Meningkatkan Kualitas HR nya dengan Haermes

Human Error adalah Musuh atau Kendala HR PT Semen Jawa

PT Semen Jawa adalah salah satu produsen semen, asal Sukabumi, Jawa Barat, yang membutuhkan sebuah transformasi digital dalam sektor Human Resource nya. Hal ini dibutuhkan karena perusahaan ini mengalami pertumbuhan yang lumayan pesat. Menggunakan cara manual dalam melakukan proses administrasi kepada seluruh lapisan tenaga kerja sudah tidak memungkinakan lagi. Setelah melalui berbagai review, Haermes by Weefer Indonesia dipilih untuk mengatasi beberapa kendala HR PT Semen Jawa

kendala hr pt semen jawa
  • Proses administrasi karyawan menjadi lebih efektif dan efisien
  • Sangat paperless sehingga mendukung Environmental Sustainability
  • Modul Employee Self-Service mengurangi human error dalam report harian 

Sekilas Tentang PT Semen Jawa

Siam Cement Group Public Company Limited atau SCG adalah salah satu perusahaan produsen semen dan building materials paling besar di Thailand. Sebagai informasi, perusahaan ini didirikan pada tahun 1913. SCG melebarkan sayapnya ke Indonesia dengan membentuk SCG Indonesia. Packaging business, Chemicals business, dan Cement-Building Materials business adalah 3 fokus utama produksi SCG Indonesia. PT Semen Jawa yang mulai beroperasi pada kuartal ke 3 2015 di Sukabumi, Jawa Barat adalah salah satu anak perusahaan SCG Indonesia yang memfokuskan dirinya kepada bisnis semen dan building materials. Dengan kapasitas produksi sebanyak 1,8 juta ton per tahun, PT Semen Jaya menjadi salah satu produsen semen terbesar yang beroperasi di Indonesia. Dengan milestones seperti ini, PT Semen Jawa sering menemui tantangan di dalam sektor human resourcenya.

Beberapa Tantangan yang Dihadapi HR Supervisor

Sopa Ayunida, HR Supervisor di PT Semen Jawa, menyempatkan waktu berharganya untuk bercerita tentang beberapa pain point atau kendala HR PT Semen Jawa sebelum melakukan transformasi sistem HRIS nya.

Human Error di Payroll dan Administrasi Karyawan

kendala hr pt semen jawa

Terjadinya beberapa Human Errors adalah trigger utama yang meyakinkan Ibu Sopa Ayunida untuk segera mencari dan mengimplementasikan HRIS Software. Sebelumnya, proses Payroll, Administrasi Karyawan dan beberapa hal lainnya masih menggunakan cara manual. Kesalahan manusia adalah hal manusiawi yang mungkin akan tetap terjadi, tetapi penggunaan HRIS Software adalah salah satu cara agar hal tersebut bisa diminimalisir.

Laporan harian yang merepotkan

kendala hr pt semen jawa

Laporan harian untuk dipertanggung jawabkan ke beberapa karyawan dan board of directors adalah sesuatu yang penting juga. Laporan harian meliputi beberapa hal, seperti attendance, proses approval, dan lainnya. Laporan-laporan ini harus dikumpulkan dan diserahkan ke pihak yang bertanggung jawab. Proses ‘compile’ tersebut memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Masih banyaknya penggunaan kertas

Belum adanya sistem software HR membuat birokrasi perusahaan tetap mengandalkan kertas. Hal ini, tentunya, akan berdampak pada cost dan time.

Solusi dan Hasil dari penggunaan Haermes

Menurut Ibu Sopa Ayunida, fitur approval dan employee self-service dari Haermes adalah alasan utama dipilihnya HRIS software ini. Kemudian, urusan Payroll dan Administrasi Karyawan yang dulunya manual, sekarang sudah berubah. Modul Payroll, ESS, Approval, dan lainnya membuat tasks di sektor Human Resource PT Semen Jawa semakin mudah dilakukan. Dengan begitu, banyak pain point atau kendala HR PT Semen Jawa yang sudah teratasi.

Modul ESS sangat membantu tim HR. Semua attendance tenaga kerja bisa dikumpulkan pada satu tempat dengan mudah. Ketika ada sesuatu yang terjadi kepada tenaga kerja, ada fitur warn letter yang berguna sebagai pengingat. Semua laporan harian yang dulunya harus melalui proses printing sekarang bisa langsung dikumpulkan dan diserahkan ke pihak yang membutuhkan. Dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh software Haermes ini.

Feedback Penuh Insights untuk Haermes

Feedback dari Ibu Sopa Ayunida kepada Haermes juga harus kami highlight di artikel singkat ini. Feedback ini bertujuan agar Haermes dapat menjadi lebih baik lagi kedepannya. Feedback tersebut meliputi beberapa hal berikut ini.

Tim support dari Haermes (Weefer Indonesia) benar-benar melayani dengan sangat baik dan cepat. Report atau fitur dari Haermes yang dibutuhkan oleh Ibu Ayunida sering kali perlu suatu perubahan atau kustomisasi khusus. Beliau menghubungi tim support Haermes dan ternyata permintaan kustomisasi khusus tersebut dapat dilakukan dengan cepat.

Kedepannya, Ibu Ayunida ingin sebuah refreshment training berkala untuk mempelajari penggunaan Haermes. Hal ini disebabkan karena Haermes sering ada update atau tambahan fitur baru yang biasanya sia-sia tidak terpakai oleh PT Semen Jawa karena tidak tahu penggunaannya.

Kemudian, beliau juga mendambakan kalau nantinya Haermes bisa support dengan sistem HR milik SCG Thailand. Hal ini dibutuhkan untuk mengurangi alur birokrasi perusahaan yang lumayan panjang. Jika kedua sistem tersebut sudah support satu sama lain, maka report pertanggung jawaban untuk SCG Thailand bisa dikumpulkan dan dikirimkan dengan lebih mudah. 

Sebagai pengingat, Haermes sebagai salah satu produk HRIS Software Weefer Indonesia tetap berupaya untuk memberikan pelayanan dan dukungan untuk menyelesaikan rintangan atau kendala HR PT Semen Jawa. Tidak hanya itu, kami juga memiliki berbagai produk lainnya yang siap mendukung bisnis atau perusahaan Anda. Customer engagement, employee engagement, collaboration software dan lainnya adalah contoh layanan dan dukungan kami untuk Anda.

Itulah pengalaman PT Semen Jawa dalam menggunakan HRIS Haermes. Perusahaan Anda kemungkinan besar juga bisa merasakan hal yang sama. Masih punya pertanyaan lain seputar layanan dari kami, klik banner di bawah untuk mendapatkan infonya.

author
Alfan Alif

Share on:

Categories:

Case Study Haermes