Freshworks CRM vs Salesforce

Perbandingan Aplikasi CRM Senior dan Junior: SalesForce dan Freshworks CRM

Artikel Perbandingan Aplikasi CRM khusus untuk Anda

Melakukan proses perbandingan aplikasi CRM membutuhkan waktu yang tidak singkat. Sebelum masuk ke bagian artikel perbandingan, akan lebih baik jika membahas definisi terlebih dahulu. Customer Relationship Management (berikutnya akan disebut “CRM”) memiliki banyak definisi di luar sana. Salah satu definisinya bisa Anda temukan di buku yang ditulis oleh Ronald S. Swift pada tahun 2000 berjudul “Accelerating Customer Relationships: Using CRM and Relationship Technologies”. Menurutnya CRM adalah metode untuk memahami perilaku customers melalui komunikasi yang intens dengan mereka sehingga akan meningkatkan kinerja perusahaan dalam menarik pelanggan, mempertahankannya, meningkatkan loyalitasnya serta meningkatkan profitabilitasnya. Definisi tersebut muncul tahun 2000 dan pasti akan ada perbedaan jika dibandingkan dengan definisi saat ini. Intinya, CRM adalah semua aktivitas, strategi, dan teknologi yang digunakan perusahaan untuk mengelola interaksi mereka dengan pelanggan atau calon pelanggan.

Core Feature yang harus ada di CRM

Menurut Capterra, ada 3 fungsi utama CRM yang harus ada dalam setiap penyedia layanan ini.

  • Lead Management

Mengelola proses pengkonversian lead (prospek) menjadi calon pelanggan dengan mengidentifikasi, menilai, dan menyalurkan prospek tersebut ke sales pipeline atau sales funnel.

  • Contact Management

Menyimpan informasi kontak pelanggan seperti nama, alamat, dan akun media sosial mereka ke dalam database agar dapat dicari dan dipelajari.

  • Interaction Tracking

Tambahkan catatan dan lacak history interaksi untuk mendokumentasikan percakapan dengan pelanggan tertentu.

Artikel ini bertujuan untuk melakukan perbandingan dua aplikasi crm yang namanya sudah tidak asing di dunia CRM. SalesForce dan Freshworks CRM menjadi 2 layanan CRM yang akan menjalani perbandingan singkat dalam Artikel kali ini.

Sejarah Singkat SalesForce dan Freshworks CRM

1999, Marc Benioff, mantan petinggi Oracle, mendirikan SalesForce di ‘daratan teknologi’ San Francisco, California. SalesForce menjadi veteran dan pemegang market share terbesar dalam sektor CRM bahkan sampai tahun 2020 ini. Tetapi, bukan berarti layanan ini tidak mempunyai saingan. Mari berkenalan dengan salah satu penantang dari SalesForce.

Freshworks CRM (dulunya Freshsales) merupakan salah satu layanan CRM yang diluncurkan Freshworks. Freshworks sendiri didirikan Girish Mathrubootham pada tahun 2010. Tanpa berlama-lama lagi, mari masuk ke dalam perbandingan singkat dari kedua CRM ini.

Perbandingan Aplikasi CRM dimulai!

Perlu diingat bahwa Anda tidak akan salah dalam memilih satu dari kedua CRM ini. Berdasarkan syarat dari Capterra kedua CRM ini sudah masuk ke dalam kategori CRM karena kelengkapan fiturnya. Namun, artikel ini akan menjelaskan beberapa perbandingan singkat karena memang ada perbedaan di kedua CRM ini.

Perbandingan Harga

Paket terlengkap dari SalesForce dikenai tarif sebesar USD 300 (per user, per month) Anda bisa mengunjungi website mereka untuk mendapatkan update harga terbaru (jika ada) dan semua list fitur yang diberikan. Di sisi lain, paket terlengkap Freshworks CRM mempunyai tarif sebesar USD 125 (per user, per month). Anda juga bisa melihat info lengkapnya di website Freshworks. Selisih harga yang hampir setengahnya mungkin akan membuat Anda tertarik, tetapi ada baiknya Anda tetap membaca kelanjutan dari artikel ini untuk mendapatkan informasi lainnya yang tak kalah menarik.

Perbandingan kategori ‘Ease of Use, Setup, Admin’

G2 dan Capterra, kedua reviewer tersebut memberikan nilai tinggi kepada Freshworks CRM di kategori ini, bahkan selisihnya dengan SalesForce pun lumayan jauh. “extremely user friendly” adalah kata yang terucap dalam review dari Capterra. Di sisi lain, SalesForce mendapat masukan bahwa ‘learning curve’ layanan ini kurang disukai.

Fitur Phone

SalesForce tidak memiliki sebuah sistem Phone, sehingga Anda harus menggunakan third-party apps untuk menggunakan fitur ini jika dibutuhkan. Freshworks CRM sudah built-in sistem Phone dalam paket penjualannya. Bahkan ada fitur Interactive Voice Response dalam sistem Phone tersebut.

Fitur Chat

Fitur chat dalam Freshworks CRM bisa Anda gunakan untuk melakukan chat atau assigns tiket ke agen Anda dan bisa langsung chat ke customer juga. Di sisi lain, SalesForce hanya menyediakan fitur chat untuk sesama rekan kerja saja.

Kualitas Report

SalesForce mendapat nilai bagus dalam sektor ini. Report dari layanan ini sangat lengkap, bahkan salah satu reviewer menyatakan kalau report ini adalah report business-grade. Freshworks CRM kurang disukai dalam pelaporan reportnya. Report dari layanan ini terlihat enak dimata tetapi terlalu simple sehingga insights yang didapat kurang maksimal.

Fitur Penghasil Prospek atau Lead

Dua CRM ini sama-sama tidak memiliki fitur ini. Mereka sebatas menyediakan Manajemen Prospek. Jadi, Anda harus menghasilkan sendiri lead Anda dengan bantuan manajemen lead yang mereka berdua sediakan.

Perbedaan Support dari kedua layanan CRM ini

Mereka berdua saling klaim bahwa support mereka yang terbaik. Tetapi, disinilah alasan mengapa artikel ini ditulis. Support di Freshworks CRM ternyata hanya bisa melayani 24/5, itu berarti hari sabtu dan minggu layanan ini tidak bisa memberikan support. Disisi lain, SalesForce mampu melayani 24/7, itu berarti Anda sudah menghapus satu beban besar ketika menggunakan layanan ini kapanpun.

Closing Thought untuk artikel perbandingan aplikasi CRM ini

Penting bagi perusahaan untuk mempertimbangkan bagaimana operasional dan proses sales mereka saat mempertimbangkan solusi CRM mana yang akan digunakan. Pertanyaan seperti: Informasi pelanggan apa yang relevan dengan proses sales Anda? Berapa kali biasanya Anda menghubungi klien sebelum mereka membeli? Seberapa penting CRM bagi perusahaan Anda? Sebagai pemilik suatu bisnis, tidak menggunakan opsi CRM, bisa menjadi kerugian besar bagi bisnis Anda.

CRM hadir dalam berbagai macam strategi dan aplikasi. CRM memungkinkan untuk dimodifikasi agar sesuai dengan hampir semua jenis bisnis. Anda harus melakukan riset lanjutan untuk ini. Sekali lagi, artikel ini hanya memberikan gambaran singkat dari dua CRM ini. Dan, untuk penjelasan lebih jauh, Anda bisa melakukan konsultasi dengan tim kami.

A. Alfan Alif

Categories:

Comparison

Tags:

Evaluate

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts