human capital management

Dua Human Capital Management Suite Berkualitas: SAP SuccessFactors dan ZOHO People

Pentingnya Human Capital Management untuk Perusahaan

Mengimplementasikan layanan Human Capital Management untuk suatu perusahaan adalah hal yang penting. Human Capital Management (HCM) memandang karyawan sebagai sebuah capital atau modal, artinya dengan berinvestasi pada karyawan, suatu organisasi dapat mendapatkan keuntungan modalnya tersebut di masa depan. HCM membantu organisasi Anda mempekerjakan orang yang tepat. Menurut survei yang dilakukan oleh Bython pada tahun 2019, hanya 16% perusahaan di Amerika Utara yang menggunakan layanan HCM. Hal ini mengimplikasikan bahwa Anda harus segera mengambil momentum ini untuk merencanakan penggunaan HCM karena belum banyak perusahaan yang mengimplementasikannya padahal begitu banyak manfaatnya.

Sebelum berlanjut kita semua harus mengetahui apa saja yang harus ada pada sebuah layanan HCM. Menurut Gartner, HCM harus setidaknya mencakup fungsi-fungsi berikut ini:

Core HR & Payroll meliputi seluruh fungsi administrative HR, manajemen data organisasi dan pegawai, self-service untuk pegawai dan manajer, benefits, dan administrasi penggajian.

Talent Management terdiri dari perekrutan, onboarding, manajemen performa dan engagement, perencanaan kompensasi, perencanaan karir dan suksesi, pembelajaran dan pengembangan, serta perencanaan tenaga kerja.

Workforce Management mencakup manajemen absensi, manajemen waktu dan kehadiran, manajemen tugas, penganggaran, forecasting, penjadwalan, dan biasanya juga digunakan untuk mengelola pekerja yang dibayar per jam.

3 Perbedaan Utama dari 2 Human Capital Management Berkualitas Ini

Artikel ini berfungsi untuk memudahkan Anda dalam memilih HCM yang cocok untuk perusahaan Anda. Jadi, artikel ini akan memberikan dua perbandingan dari dua penyedia layanan HCM terkemuka dunia, SAP SucessFactors dan ZOHO People. Untuk informasi, Lars Dalgaard membentuk SuccessFactors pada tahun 2001 di California. Pada tahun 2011, layanan ini diakuisisi oleh perusahaan software multinasional SAP.

Sedangkan, ZOHO People merupakan pengembangan sayap dari ZOHO Corporation. ZOHO Corp. yang dibentuk tahun 1995 di Chennai, India adalah sebuah perusahaan multinasional teknologi. Pada tahun 2008, ZOHO membentuk divisi HCM nya yang diberi nama ZOHO People. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita bandingkan secara singkat dua HCM tersebut.

#1 Perbandingan Harga

Anda tidak dapat menemukan pricelist di website SuccessFactors. Mereka menganjurkan berkonsultasi secara langsung dengan mereka atau melalui authorized partner yang tersebar di beberapa wilayah untuk mendapatkan pricelistnya. Khusus untuk Anda, kami akan menyebutkan harganya, tetapi perlu diingat bahwa harga akan bervariasi berdasarkan module mana yang Anda gunakan. Paket terlengkap dari SAP SuccessFactors dikenai tarif sebesar USD 8 (per employee per month) atau USD 85 (per employee per year). Perlu diingat, Anda kemungkinan besar akan mendapat special offering jika menggunakan layanan melalui partner regional SuccessFactors yang terpercaya.

ZOHO People lebih praktis karena menyediakan pricelist langsung di website nya. Paket terlengkap ZOHO People dikenai tarif sebesar USD 10 (per employee per month) atau USD 96 (per employee per year). Untuk beberapa perusahaan mungkin harga menjadi faktor terpenting, oleh sebab itu, kami menempatkan harga pada posisi pertama list perbandingan ini.

#2 Perbandingan Fitur

Di point ini kami hanya akan membahas sedikit perbedaan fitur yang ditawarkan antara kedua HCM ini. Tentu, Anda bisa berkonsultasi atau merujuk ke website SuccessFactors atau ZOHO People untuk mendapatkan list lengkap fitur yang mereka masing-masing tawarkan.

Merujuk berdasarkan informasi dari Gartner tentang ‘syarat-syarat’ sebuah HCM, kami pastikan SAP SuccessFactors memenuhi semua syarat tersebut, tetapi untuk ZOHO ada sesuatu yang harus kami uraikan.

Payroll dalam layanan ZOHO hanya support untuk kawasan India. Untuk masalah fungsi HR, ZOHO People menawarkan kemampuan yang bagus atau setidaknya sudah dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. Namun sayangnya, hal yang sama tidak terjadi di fitur payroll nya. Hal ini sedikit atau banyak akan berpengaruh ke selling point HCM ini. Sedangkan, payroll SuccessFactors support 46 negara dunia termasuk juga Indonesia.

ZOHO People dalam paket terlengkapnya menyediakan fitur Collaboration dan Communication.  Iya benar, Anda tidak salah membaca. ZOHO menyediakan tools tersebut untuk memudahkan para perusahaan pengguna jasanya. Fitur collaboration dan Communication tidak akan Anda temukan di SuccessFactors.

Employee Experience Management adalah hal berikutnya yang tidak ada dalam ZOHO People. Poin ini memang tidak termasuk dalam syarat HCM menurut Gartner, tetapi sudah menjadi syarat wajib bagai penyedia layanan HCM. SuccessFactors, Oracle, Workday dan beberapa penyedia HCM lainnya memiliki fitur ini.

#3 Perbandingan ‘kecil’ lainnya

Gartner merupakan organisasi penelitian atau penasihat global yang memberikan informasi, saran, dan alat bagi para perusahaan di bidang IT, keuangan, HR, layanan pelanggan, komunikasi, hukum, pemasaran, penjualan, dan lainnya. Magic Quadrant HCM adalah salah satu laporan riset pasar HCM terkemuka yang setiap tahun dibuat oleh Gartner. Pada laporan tahun 2020 kemarin, SAP menduduki kategori leaders dalam riset pasar HCM ini. Namun, ZOHO People belum bisa masuk kedalam kategori leaders maupun challengers. Anda boleh berpendapat apapun tentang hal ini.

Closing Thought

Ingat, jangan mempekerjakan seseorang hanya karena Anda perlu mengisi posisi kosong tersebut. Lakukan analisis latar belakang seseorang secara menyeluruh. Coba cari tahu mengapa seseorang benar-benar ingin bergabung dengan organisasi Anda? Uang seharusnya tidak menjadi satu-satunya kriteria mengapa seseorang ingin berubah atau bergabung dengan organisasi baru.

HCM memiliki kemampuan untuk melakukan manajemen talent, jadi, sekali lagi, segera rencanakan pengimplementasian HCM pada perusahaan Anda. Klik tombol di bawah ini untuk melakukan konsultasi dan perusahaan Anda akan selangkah lebih dekat dalam mendapatkan talent yang berkualitas.

human capital management
A. Alfan Alif

Categories:

Comparison

Tags:

Evaluate

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts