7 Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Work From Home

7 Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Work From Home

Berjumpa lagi dalam seri #LearnFromHome selama pandemi Covid-19. Dalam artikel ini kami akan membahas cara mengatasi berbagai tantangan mengenai kesehatan mental yang bisa saja Anda hadapi saat work from home.

Work from home pada dasarnya turut menawarkan hal positif, namun di satu sisi bagi Anda yang masih baru dalam pola kerja ini, bisa saja akan menghadapi tantangan mental yang tak terduga.

Studi mengatakan bekerja dan hidup di satu tempat yang sama atau isolasi diri berkepanjangan dapat memengaruhi kesehatan mental dan menimbulkan emosi negatif seperti stress, demotivasi, kebosanan, kesepian, kecemasan dan emosi.

Dalam artikel ini kami mengumpulkan beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan mental selama work from home.

Sebelumnya, silakan tonton video berikut ini:

#1 Luangkan waktu untuk bergerak meski di dalam rumah

Mengambil jeda sesaat dari rutinitas pekerjaan sangat baik dalam menjaga kesehatan mental kala work from home. Jangan bekerja monoton di depan laptop, biasakan setiap 1 jam sekali melakukan peregangan. Anda bisa melakukan peregangan dengan cara berjalan-jalan di dalam rumah, atau yoga dan hal lainnya yang membuat Anda merasa rileks.

Melakukan ini tidak hanya baik untuk kesehatan mental, akan tetapi turut memberi istirahat pada diri saat bekerja tentunya akan memberi Anda energi tambahan saat kembali menjalani rutinitas pekerjaan.

#2 Melakukan meditasi baik untuk kesehatan mental

Meditasi sangat membantu agar mental kita selalu tenang dalam menghadapi setiap kondisi yang dihadapi. Meditasi juga bermanfaat untuk membuat tidur menjadi lebih baik, mengatasi depresi, kecemasan, dan bahkan meningkatkan produktivitas.

Sisihkan waktu Anda sekitar 10 menit untuk melakukan meditasi. Coba gunakan aplikasi Headspace, kabarnya aplikasi ini dapat membantu proses meditasi berjalan lebih khusyuk. Tentunya ini semua demi kesehatan mental agar terus terjaga.

#3 Jaga kesehatan mental  dengan pola tidur sehat

Saat work from home terkadang otak kita sulit membedakan antara jam kerja dan waktu tidur. Agar pola tidur Anda menjadi lebih baik, coba lakukan olahraga ringan, mandi air hangat, membaca buku. Hal-hal ini akan membantu Anda tidur nyenyak dan kesehatan mental tetap terjaga.

Manfaat lain menjaga pola tidur sehat akan membuat Anda menjadi lebih tenang dan lebih produktif.

#4 Tetap jalin komunikasi dengan kolega dan teman dekat

Tetap menjalin komunikasi selama work from home dengan kolega atau teman adalah cara agar Anda tidak merasa bosan dan kesehatan mental tetap terjaga. Sesekali coba hubungi kolega, sahabat atau orangtua walau hanya sekadar bertanya kabar.

Terkadang perasaan kesepian itu muncul ketika kita terpisah atau terisolasi dari orang lain, terutama di masa-masa work from home ini. Jadi di sela pekerjaan, ambil jeda dan berkomunikasilah dengan seseorang yang akan membuat suasana hati Anda tenang.

#5 Jaga kesehatan mental dengan tetap melakukan rutinitas harian secara normal

Work from home kadang dapat memengaruhi pola rutinitas harian Anda. Jadi, tetap pertahankan rutinitas harian Anda senormal mungkin. Bangun pagi, melakukan olahraga ringan, mandi, menggunakan pakaian kerja, bekerja hingga jam normal seperti biasa, dan lanjutkan kegiatan lainnya. Atur rutinitas harian Anda seperti biasa.

Terkadang saat pertama work from home memang sulit membedakan kapan harus bekerja dan kapan harus berhenti. Tetap lakukan rutinitas harian agar kesehatan mental aman.

#6 Buat jadwal kegiatan yang menyenangkan

Kadang saat work from home kita berpikir semua orang pasti akan berbicara tentang kerja, kerja, dan kerja. Tidak ada yang membahas kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa mencoba untuk membuat jadwal kegiatan yang menyenangkan, lalu keluarlah dari aktivitas kerja beberapa menit. Anda bisa mengalihkannya pada hobi, perawatan diri dan apapun yang membuat senang.

#7 Selalu berusaha jujur pada diri sendiri

Sisihkan waktu untuk bertanya dan jujur kepada diri sendiri, atau kepada keluarga, teman dan orang lain yang mengalami hal sama dengan perasaan yang saat ini Anda alami.

Jika perasaan negatif semakin sulit dihindari, cobalah mencari profesional medis untuk mengatasinya. Jangan memaksakan diri untuk melewatinya sendirian.

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Produktivitas Saat Bekerja di rumah

Sekian tips #LearFromHome kali ini, jika Anda memiliki tips lainnya untuk menjaga kesehatan mental selama work from home coba kabarkan kepada kami, atau jika Anda ingin berkonsultasi mengenai produk Freshworks bersama kami, langsung klik link di bawah ini.

Contact Us

Sumber: Freshworks

Simillar post