5 Tips Agar Tetap Produktif Saat Bekerja di Rumah

5 Tips Meningkatkan Produktivitas Saat Bekerja di rumah

Berbicara tentang work from home (WFH) tidak bisa kita lepaskan dengan produktivitas saat bekerja di rumah. Dalam tulisan terbaru Freshworks kali ini, kita akan membahas tentang #LearnFromHome di mana artikel ini akan mengulas tips mengatasi tantangan saat bekerja di rumah demi meningkatkan produktivitas.

Bagi Anda yang baru pertama kali work from home, peluang untuk terdistraksi sangat besar. Terlepas karena internet, makanan, hewan peliharaan, sehingga membuat Anda sulit fokus pada pekerjaan dan meningkatkan produktivitas.

Dalam artikel ini kami akan memberi Anda tips agar produktivitas tetap menyala saat bekerja #dirumahsaja.

Sebelumnya, tonton video berikut ini:

#Siapkan ruang kerja yang terpisah untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja di rumah

Meringkik di tempat tidur dengan laptop hanya akan membuat produktivitas Anda terganggu. Tak ayal, rasa kantuk terkadang sering kali lebih kuat saat bekerja dengan cara seperti ini. Intinya, agar lebih fokus dalam meningkatkan produktivitas pastikan suasana kerja Anda terbebas dari gangguan.

Agar tidak terdistraksi, temukan tempat ternyaman untuk menjalankan rutinitas Anda selama work from home. Menggunakan meja kerja lebih baik daripada berbaring di kasur. Pun lebih utama lagi, siapkan segala perlengkapan kerja Anda, bahkan jika Anda harus memajang foto orang tersayang di meja tersebut. Tidak masalah, itu juga merupakan bagian dari motivasi.

#Buat rencana kerja harian dan mingguan meski bekerja di rumah

Setelah persoalan mengenai ruang kerja selesai. Kini saatnya menentukan rencana kerja Anda. To-do list adalah hal yang penting. Anda harus menentukan tugas harian dan juga menentukan rencana kerja jangka panjang. Tulis dua atau tiga hal yang harus diselesaikan setiap harinya, dan pastikan pekerjaan itu bagian dari proyek jangka panjang Anda.

Hal yang menarik jika Anda menyempatkan waktu memeriksa ulang setiap pekerjaan di akhir pekan. Mana yang telah selesai dan mana yang harus dilanjutkan lagi. Jadi, tetapkan rencana kerja di awal pekan dan periksa kembali di akhir pekan. Ini semua berguna untuk meningkatkan produktivitas Anda selama work from home

#Istirahat agar tetap waras demi meningkatkan produktivitas

Kita perlu istirahat agar tetap waras, apalagi saat ini Anda bekerja di rumah, tempat seharusnya Anda bersantai menikmati waktu selepas bekerja di kantor. Perlu diketahui, ada perbedaan antara istirahat sejenak dengan terdistraksi oleh hal lain. Setidaknya, pastikan Anda menyelesaikan satu pekerjaan harian terlebih dahulu sebelum mengambil istirahat singkat. Jadikan istirahat tersebut sebagai reward terhadap pekerjaan Anda.

Pilihlah jenis istirahat yang tidak berlarut-larut, misalnya jalan kaki sejenak, tidur siang yang nyenyak, atau menikmati cemilan, asal itu lakukan di waktu istirahat yang telah Anda tentukan. Sebisa mungkin hindari istirahat yang membawamu menghabiskan waktu ke media sosial. Jika Anda susah mengendalikan diri akan candunya, lebih baik logout sejenak dari medsos. Percayalah ini lebih baik agar Anda bisa menyelesaikan pekerja lebih cepat demi meningkatkan produktivitas.

#Tetap jalin komunikasi dengan rekan kerja meski bekerja di rumah

Saat bekerja di kantor, kita pasti memiliki interaksi yang intens dengan rekan kerja, baik saat makan siang, coffee time, atau sekadar bercanda sejenak. Tentu hal ini sulit Anda dapatkan saat bekerja di rumah. Oleh karena itu, Anda tetap butuh berbicara dengan rekan sekantor, baik untuk mendapatkan info terbaru tentang kerjaan, atau diskusi mengenai pekerjaan. Ini baik untuk menjaga kekompakan dan hubungan erat dengan rekan Anda, serta meningkatkan produktivitas selama bekerja di rumah.

#Tetapkan batasan terhadap diri sendiri dan orang lain selama bekerja

Hal ini mungkin tidak berlaku bagi Anda yang masih tinggal sendirian. Namun bagi yang tinggal bersama keluarga, Anda perlu menerapkan ini. Ketika bekerja di rumah, Anda bisa meminta diri untuk tidak diganggu hingga pekerjaan selesai. Selepas itu Anda bisa berkumpul bersama kembali di ruang keluarga dengan orang yang Anda cintai.

Demikian tips agar tetap produktif saat work from home. Jika Anda memiliki tips lainnya, bisa kabari kami di kolom komentar di bawah ini.

Do you want to try to be productive like us?

Sumber: Freshworks

Master Admin

Categories:

General

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts