Fungsi SIPP Online

Ketahui 3 Fungsi SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

SIPP Online merupakan aplikasi yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan agar perusahaan dapat melaporkan informasi terkait BPJS Ketenagakerjaan karyawan secara online.

Cara menggunakannya tidaklah sulit, cukup dengan melakukan pendaftaran pada website resmi yang telah disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri.

Setelah melakukan pendaftaran, kamu bisa mengatur mutasi data karyawan, monitoring iuran, memasukkan laporan, dan pengaturan lainnya.

Fungsi SIPP Online

Sistem Keamanan pada SIPP Online

Terkadang, ada sebagian orang yang meragukan keamanan sebuah aplikasi. Namun, memasukkan data perusahaan ke dalam sistem ini telah dijamin keamanannya. SIPP Online sendiri telah menggunakan sistem keamanan, sehingga tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan aplikasi ini.

Kekhawatiran seperti, “Apakah data perusahaan tidak akan mudah bocor jika menggunakan aplikasi seperti ini?” akan terjawab jika telah mengetahui penjabarannya di bawah ini.

One Time PIN

Sistem keamanan menggunakan PIN mungkin sudah menjadi hal yang biasa diketahui. SIPP Online menggunakan sistem keamanan ini dengan mengirimkan PIN melalui SMS ke ponsel dan email sebagai kode rahasia aktivasi akun. Hal ini merupakan metode challenge-response test untuk memastikan bahwa pengguna bukan virtual agent.

Email Konfirmasi

Kamu akan mendapatkan email sebagai konfirmasi saat melakukan registrasi. Email konfirmasi ini berisikan link aktivasi yang diaktifkan menggunakan One Time PIN.

Automatic Logout

Sistem keamanan yang satu ini akan memutuskan koneksi dari aplikasi SIPP secara otomatis jika dalam 5 menit tidak ada aktivitas yang dilakukan.

Firewall

Firewall merupakan sistem keamanan yang dapat membatasi dan menjamin bahwa hanya pengguna yang mempunyai akses yang dapat masuk ke SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan.

User ID dan Password

Dengan menggunakan User ID dan password, maka penyalahgunaan akun oleh orang lain dapat diatasi. Pengguna wajib memasukkan user ID dan password miliknya setiap kali login ke SIPP Online.

SSL 128-bit encryption

Seluruh data di SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan dikirimkan melalui protokol Secure Socket Layer (SSL), yaitu suatu standar pengiriman data yang dienkripsi. Protocol SSL ini akan mengacak data yang dikirimkan menjadi kode-kode rahasia dengan menggunakan 128-bit encryption, yang artinya terdapat 2 pangkat 128 kombinasi angka kunci, tetapi hanya satu kombinasi yang dapat membuka kode-kode tersebut.

Fungsi dan Manfaat SIPP Online bagi Perusahaan

SIPP Online memiliki fungsi dan manfaat tersendiri bagi perusahaan yang menggunakannya. Melalui sistem keamanan yang digunakannya, kamu bisa lebih menjaga informasi karyawan perusahaan terkait BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, masih ada beberapa fungsi dan manfaat yang akan didapatkan.

Mempermudah proses pendaftaran, mutasi, dan memasukkan data karyawan baru

SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan merupakan aplikasi yang mempunyai fungsi untuk mempermudah dalam segala prosesnya.

Jika dulu hanya untuk mendaftarkan peserta BPJS saja dirasa sulit, saat ini tentu saja hal itu sudah menjadi lebih mudah lagi. Anda hanya perlu menekan tombol Login dan kemudian mengisi beberapa kolom yang telah tersedia.

Kemudian, fitur mutasi data dapat digunakan untuk menambahkan tenaga kerja, upload upah, upload tenaga kerja non aktif, hitung iuran, dan finalisasi. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan data karyawan baru.

Membuat laporan upah karyawan setiap bulan

Aplikasi ini tersedia fitur laporan yang memungkinkan Anda untuk membuat laporan terkait perincian upah karyawan. Selain itu, laporan lainnya seperti laporan tenaga kerja baru, tenaga kerja keluar, rincian iuran, dan perubahan umur 56 tahun juga tersedia pada aplikasi ini.
Fitur ini disediakan bagi perusahaan yang tidak memiliki sistem untuk membuat laporan upah karyawan. Perusahaan juga dapat menentukan template yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pembayaran Iuran BPJS menjadi lebih mudah

Melalui fitur-fitur di atas, tentunya penghitungan iuran BPJS juga sekaligus masuk ke dalam laporan penghitungan upah karyawan. Jadi, lebih mempermudah penghitungan dan pembayaran sehingga tidak perlu melakukannya secara terpisah.

Sama halnya seperti fungsi SIPP Online, software seperti Haermes juga dapat membantu Anda dalam membuat berbagai macam laporan. Haermes memungkinkan Anda untuk meembuat laporan terkait gaji karyawan, PPh 21, BPJS, bahkan mengelola data kehadiran dengan baik, dan masih banyak lagi, Pelajari lebih lanjut karena Haermes mampu mengolah data karyawan dalam skala yang sangat besar.

Tarry Andini

Share on: