Feedback adalah Komponen Penting dalam Evaluasi Perusahaan

Feedback adalah Komponen Penting dalam Evaluasi Perusahaan

Mohamad Krisna

Share on:

Feedback adalah proses memberikan informasi, komentar, atau tanggapan mengenai suatu kinerja, perilaku, atau hasil dengan tujuan untuk membantu orang atau organisasi dalam memperbaiki, mengembangkan, atau mempertahankan tingkat kualitas yang lebih baik. 

Feedback bisa berupa positif atau negatif, tergantung pada tujuannya, dan dapat diberikan secara verbal, tertulis, atau melalui berbagai media.

Pada artikel kali ini, Weefer akan memberikan ulasan mengenai jenis feedback, manfaatnya di tempat kerja, serta bagaimana agar Anda bisa memaksimalkan feedback untuk perubahan yang lebih baik. Simak hingga akhir ya!

Pengertian dan Jenis Feedback

Pengertian dan Jenis Feedback

Umpan balik atau feedback adalah pengiriman informasi evaluatif atau korektif tentang suatu tindakan, peristiwa, atau proses dari hulu ke hilir. Feedback juga dapat merujuk pada informasi atau pernyataan pendapat tentang sesuatu, seperti produk baru, yang dapat memberi informasi ke perusahaan apakah produk tersebut berhasil atau disukai pemakainya. 

Umpan balik sangat penting untuk komunikasi yang efektif karena membantu pengirim memeriksa apakah pesan mereka telah dipahami dan diterima sebagaimana mestinya dan memodifikasi strategi komunikasi mereka sesuai kebutuhan.

Ada beberapa jenis umpan balik, termasuk umpan balik deskriptif, umpan balik positif, dan umpan balik negatif. Feedback adalah terdiri dalam berbagai bentuk, seperti komentar tertulis atau lisan, penilaian, atau survei. Hal ini dapat digunakan dalam konteks yang berbeda, seperti dalam pendidikan, tempat kerja, atau pengembangan produk. 

Ada berbagai jenis feedback, diantaranya yang umum ialah sebagai berikut:

  • Feedback deskriptif

Jenis feedback ini digunakan untuk menggambarkan efek dari tindakan seseorang, yang mengarah pada penyajian pendapat yang relevan. Feedback adalah sebuah komuniaksi deskriptif yang dianggap sebagai bentuk evaluasi terbaik di tempat kerja dan bidang lain, seperti pendidikan dan sains.

  • Feedback positif

Jenis feedback ini digunakan untuk memperkuat perilaku atau kinerja yang baik. feedback ini sering digunakan untuk memotivasi individu agar terus bekerja dengan baik

  • Feedback negatif

Jenis feedback ini digunakan untuk mengoreksi atau memperbaiki perilaku atau kinerja. Umpan balik ini sering digunakan untuk membantu individu mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan

Feedback dapat diberikan dalam berbagai bentuk, seperti komentar tertulis atau lisan, penilaian, atau survey. Selain itu, feedback juga dapat digunakan dalam konteks yang berbeda, seperti dalam pendidikan, tempat kerja, atau pengembangan produk

Manfaat Feedback di Tempat Kerja

Manfaat Feedback di Tempat Kerja

Feedback adalah komponen penting dari budaya tempat kerja yang sehat, dan ini dapat membawa banyak manfaat bagi karyawan dan perusahaan secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa manfaat feedback di tempat kerja:

  • Meningkatkan kinerja di semua level

Umpan balik dapat membantu karyawan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan membuat perubahan yang diperlukan pada kebiasaan kerja mereka, yang mengarah pada peningkatan kinerja dan produktivitas.

  • Peningkatan kepuasan kerja

Ketika karyawan menerima umpan balik yang mengakui kontribusi dan upaya mereka, mereka cenderung merasa dihargai dan puas dengan pekerjaan mereka.

  • Hubungan yang lebih kuat

Umpan balik dapat membantu membangun kepercayaan dan hubungan baik antara karyawan dan manajer atau rekan kerja mereka, yang mengarah pada hubungan yang lebih kuat dan kolaborasi yang lebih baik.

  • Keterlibatan karyawan yang lebih tinggi

Ketika karyawan merasa bahwa pendapat dan ide mereka didengar dan dihargai, mereka lebih mungkin untuk terlibat dan berkomitmen terhadap pekerjaan mereka.

  • Pengambilan keputusan yang lebih baik

Feedback adalah alat yang dapat memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana kinerja karyawan dan perubahan apa yang perlu dilakukan, sehingga menghasilkan pengambilan keputusan yang lebih baik di semua tingkat organisasi.

  • Upaya penyelesaian konflik

Budaya bertukar feedback yang kuat dapat membantu karyawan mengatasi masalah sebelum masalah tersebut meningkat menjadi konflik di tempat kerja. Namun untuk praktek satu ini diperlukan komunikasi yang terbangun dengan baik. Jangan sampai adanya feedback justru makin memperkeruh situasi yang ada di kantor. 

  • Perbaikan berkelanjutan

Feedback adalah alat yang dapat membantu perusahaan mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan membuat perubahan yang diperlukan pada proses, produk, atau layanan mereka. Peranan feedback yang ini bisa lebih membantu perusahaan lebih maju dan memahami customer mereka. 

Secara keseluruhan, feedback adalah alat yang ampuh yang dapat membantu organisasi meningkatkan kinerja, membangun hubungan yang lebih kuat, dan menumbuhkan budaya perbaikan yang berkelanjutan.

Cara Menyampaikan Feedback dengan Baik

Cara Menyampaikan Feedback dengan Baik

Menyampaikan umpan balik bisa jadi merupakan hal yang menantang, namun ada beberapa cara efektif untuk melakukannya. Berikut ini beberapa tips tentang cara menyampaikan umpan balik secara efektif:

  • Berempati

Tempatkan diri Anda pada posisi penerima feedback dan cobalah untuk memahami dari mana mereka berasal. Hal apa yang sekiranya menjadi alasan dna pikiran mereka saat menerima feedback dari Anda. 

  • Luangkan waktu untuk mempersiapkan diri

Pikirkan tentang apa yang ingin Anda sampaikan dan bagaimana Anda ingin menyampaikannya. Pertimbangkan kepribadian dan gaya komunikasi penerima. Dengan menyesuaikan gaya komunikasi tentu akan membuat feedback yang Anda sampaikan jadi lebih mudah diterima. 

  • Bicaralah secara spesifik

Bersikaplah spesifik tentang apa yang telah dilakukan dengan baik atau yang perlu ditingkatkan oleh penerima. Gunakan contoh-contoh untuk mengilustrasikan poin Anda.

  • Sediakan waktu untuk bertanya

Tanyakan pendapat dan perasaan penerima umpan balik tentang umpan balik tersebut. Hal ini dapat membantu mereka merasa didengar dan dihargai. Dengan begitu lebih terasa juga keterlibatan dan komunikasi dua arah yang terjalin.

  • Berfokuslah pada masa depan

Susunlah umpan balik dengan cara yang menekankan pada pertumbuhan dan perkembangan di masa depan, daripada memikirkan kesalahan di masa lalu. Sebab siapa sih yang akan nyaman bekerja jika kesalahan tempo dulu terusan diungkit?

  • Hindari memberikan saran yang tidak diminta

Pastikan penerima terbuka untuk menerima umpan balik sebelum Anda memberikannya. Jika mereka belum siap, mungkin lebih baik menunggu

  • Tepat waktu

Sampaikan umpan balik sesegera mungkin setelah kejadian atau perilaku yang Anda sampaikan. Hal ini dapat membantu penerima umpan balik menghubungkan umpan balik dengan situasi tertentu

  • Lakukan secara teratur

Umpan balik yang teratur dapat membantu membangun kepercayaan dan hubungan baik antara pemberi dan penerima, dan dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik dari waktu ke waktu

  • Spesifik dan dapat ditindaklanjuti

Berikan contoh dan saran spesifik untuk perbaikan. Hal ini dapat membantu penerima memahami apa yang perlu mereka lakukan secara berbeda

Menyampaikan feedback secara efektif membutuhkan empati, persiapan, dan fokus pada pertumbuhan dan perkembangan di masa depan. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membantu memastikan bahwa umpan balik Anda diterima dengan baik dan mengarah pada perubahan yang positif.

Penting untuk memberikan feedback dengan bijak dan konstruktif, dengan memperhatikan situasi dan audiensnya. Feedback adalah sarana komunikasi yang baik, maka harus jelas, spesifik, dan memberikan contoh konkret. Selain itu, menerima feedback dengan sikap terbuka dan tidak defensif juga merupakan keterampilan yang penting.

Mohamad Krisna

Share on:

Categories: (1)

Karyawan

Tags: (1)

feedback
To the top