Pentingnya Teknologi Cloud dalam Upaya Transformasi Digital

Tumbuh atau bertahan tidaknya sebuah perusahaan itu sangat bergantung pada kepuasan dari pelanggan atau kliennya. Di era digital saat ini, pernyataan tersebut semakin kuat adanya. Hal ini dikarenakan pelanggan yang tidak hanya menginginkan kualitas baik pada produk atau layanannya saja, melainkan juga ingin semuanya bisa dilakukan dengan cepat. Karena itu, Anda sangat perlu menerapkan atau mengakselerasi upaya transformasi digital Anda dengan pengimplementasian teknologi cloud. 

Dengan teknologi cloud, Anda bisa menyederhanakan kompleksitas infrastruktur IT Anda, menyediakan kemampuan spesifik yang Anda butuhkan (CRM, helpdesk, storage, cloud rendering, dan lainnya), dan masih banyak lagi. Dengan berbagai manfaat ini, Anda jadi bisa berkonsentrasi atau lebih fokus ke urusan transformasi digital lainnya, bahkan bisa lebih fokus ke memberikan pelayanan yang lebih baik ke pelanggan atau klien. Beberapa alasan inilah yang membuat sejumlah perusahaan a.k.a kompetitor Anda mempertimbangkan adopsi teknologi cloud untuk mempercepat transformasi digital mereka.

Pertanyaannya, apakah Anda juga memiliki pertimbangan semacam ini? Jika belum semoga artikel ini bisa meyakinkan Anda dan jika sudah memiliki pertimbangan semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda lagi. Baik, mari kita simak dulu apa saja tips awal ketika Anda mau memulai menggunakan teknologi cloud untuk transformasi digital.

Peran Teknologi Cloud dalam Transformasi Digital

Transformasi digital adalah sejumlah upaya yang dilakukan perusahaan atau organisasi untuk memanfaatkan teknologi digital di hampir seluruh operasional kerja mereka. Agar tetap kompetitif, semakin banyak perusahaan yang memulai upaya transformasi digital mereka. Berdasarkan laporan dari “The State of CIO by IDG” di tahun 2020 kemarin itu 40% alokasi dana teknologi perusahaan itu digunakan untuk melakukan transformasi digital, salah satunya adalah terkait teknologi cloud. Di konteks Indonesia, menurut pengumuman pers dari Kominfo, 80% UMKM di Indonesia telah menggunakan teknologi cloud, setidaknya untuk fungsi yang paling sederhana seperti penyimpanan file maupun perhitungan sederhana.

Teknologi Cloud dan Revenue

Gartner juga pernah merilis press release terkait ini. Menurut versinya Gartner, 65,9% responden mengalokasikan biaya IT mereka ke teknologi cloud. Mengapa? Karena revenue yang didapatkan dari teknologi Cloud diprediksi akan terus naik sesuai dengan diagram di atas itu. Hmm….. menarik, terus baca artikel ini karena akan ada yang spesial untuk Anda di akhir kalimat.

Tips Memulai Transformasi Digital Menggunakan Teknologi Cloud

Perlu diingat, setiap upaya transformasi digital di perusahaan mana pun itu bersifat “unik”. Tidak akan ada strategi yang sama antara satu perusahaan dan perusahaan lain. Namun, ada setidaknya sejumlah tips dasar yang kemungkinan besar akan berlaku untuk mayoritas perusahaan. 

1)  Fokus ke Pengguna (Karyawan Anda)

Mulailah dengan bertanya ke pengguna. Semua karyawan Anda yang nantinya akan menggunakan solusi cloud adalah penggunanya. Tanyakan ke mereka operasional perusahaan mana saja yang sekiranya butuh sekali untuk “diperbaiki”. Kemudian, tanyakan lagi ke mereka mau pakai teknologi cloud yang apa dan bagaimana. Apapun itu, coba libatkan mereka para pengguna dalam menentukan pilihan supaya mereka merasa dihargai.  

Kalau yang internal sudah, saatnya yang eksternal. Anda bisa coba tanyakan ke beberapa pemasok, mitra bisnis, atau semacamnya terkait apakah mereka butuh sebuah atau sejumlah solusi cloud. 

2)  Riset Data, Data, dan Data

Setelah semua survei terkumpulkan, coba analisis semuanya. Kemudian, lanjutkan dengan riset data-data terkait penyedia atau partner solusi teknologi cloud mana yang paling cocok. Anda bisa lakukan seleksi menggunakan SWOT sederhana kalau mau tapi ini kurang lengkap pasti. Lebih baik lagi jika Anda coba berdiskusi dengan tim IT, atau product consultant dari provider cloud-nya. 

3)  Perjelas tujuan, alokasi dana dan sumber daya 

Tujuan, alokasi dana, dan sumber daya kemungkinan besar menjadi penentu berikutnya. Semua keputusan harus didasari dengan tujuan apa yang mau Anda capai. Jangan hanya menjadi seorang yang ikut-ikutan saja, seperti halnya fenomena teknologi AI. Alokasi dana untuk proses transformasi atau implementasi teknologi cloud juga harus Anda perhitungkan. Masalah sumber daya manusia adalah yang berikutnya. Apakah Anda perlu hire pihak ketiga untuk ini semua, cukup dipandu saja, atau malah tim IT Anda bisa mengembangkan sendiri. 

Dengan beberapa proyeksi manfaat teknologi cloud, sekaligus beberapa tips awalnya, nampaknya Anda semakin tertarik dengan semua ini. Tenang, kami punya sesuatu untuk Anda. Ikut bergabung ke dalam event spesial kami bersama Huawei Cloud dan SAP  dengan tajuk “Accelerating your Digital Transformation Through Cloud Adoption”. Dapatkan berbagai tips dan manfaat terkait pentingnya teknologi cloud di dalam perjalanan transformasi digital Anda. Segera daftar dengan klik banner di bawah ini karena event ini sangat terbatas. Sampai bertemu di sana, terima kasih.

Adopsi Teknologi Cloud untuk Transformasi Digital yang Lebih Baik dan Efisien
A. Alfan Alif

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts