Mengembangkan Potensi Diri dalam Lingkungan Kerja secara Optimal

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tak terkecuali karyawan. Dengan segala kekurangannya, tetapi memiliki kelebihan dalam potensi diri yang dapat dikembangkan.

Kelebihan seseorang yang dapat dikembangkan sering dikaitkan dengan kompetensi dan potensi diri.

Menurut HBR, potensi yang dimiliki seseorang dapat membantu perkembangan karier mereka kedepannya. Namun, untuk mencapai potensi diri secara maksimal, ada beberapa proses yang harus ditempuh.

Apa saja proses itu? Dan apa yang sebenarnya dimaksud dengan potensi diri? Simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Potensi Diri?

Menggali dan mengembangkan potensi diri

Dalam KBBI, potensi artinya kemampuan yang dapat dikembangkan. Secara umum, potensi diri adalah kemampuan, daya, atau kekuatan seseorang yang sudah maupun belum terwujud.

Potensi dalam diri seseorang memiliki kemungkinan untuk dikembangkan melalui pelatihan bakat, latihan, dan belajar secara konsisten. Sebuah potensi bisa memberi keuntungan dalam karier jika dimanfaatkan secara maksimal.

Dalam karier, potensi dapat memberi manfaat yang sangat banyak. Contoh paling sering kita temui dalam tempat kerja adalah potensi sifat kepemimpinan yang baik dari seseorang.

Untuk mencapai potensi yang anda miliki dengan maksimal, membutuhkan niat dan usaha yang giat. Keuletan seseorang juga sering kali menjadi faktor apakah seseorang dapat mencapai potensi maksimalnya.

Baca Juga: Mengembangkan Leadership Sebagai Karakteristik Pemimpin Tangguh

Jenis Potensi Berdasarkan Kemampuan Pribadi

Terdapat beberapa jenis potensi diri yang dapat anda kenali berdasarkan kemampuan. Di antaranya adalah:

Kemampuan Intrapersonal

Intrapersonal dalam hal ini artinya kemampuan anda dalam mengenali diri sendiri. Kemampuan ini meliputi pengendalian emosi yang baik, kebijaksanaan, mandiri, dan motivasi diri sendiri.

Dalam kemampuan intrapersonal sering berkaitan erat dengan bagaimana seorang individu dalam introspeksi dan refleksi diri sendiri. Berikut karakteristik untuk mengenali kemampuan intrapersonal anda:

  • Mengenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri dengan baik
  • Memiliki self-awareness yang sangat baik
  • Dapat memahami secara mendalam landasan motivasi dan emosi diri
  • Suka mengeksplorasi gagasan dan ide baru

Kemampuan Interpersonal

Interpersonal merupakan kemampuan komunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Sehingga, potensi interpersonal adalah kemampuan anda dalam memahami dan mengerti orang lain.

Potensi interpersonal memiliki kelebihan dalam memahami kelebihan orang-orang yang berada di sekitar anda. Menilai emosi, motivasi, keinginan, dan kondisi orang-orang yang dekat dengan anda merupakan potensi interpersonal.

Anda dapat melihat potensi ini berdasarkan karakteristik seperti:

  • Kecakapan dalam komunikasi (verbal dan nonverbal)
  • Dapat melihat berbagai situasi dari berbagai sudut pandang yang berbeda
  • Dapat membentuk hubungan sosial yang positif dengan lingkungan anda
  • Kemampuan menyelesaikan masalah

Macam Potensi Diri

Selain kemampuan berdasarkan kepribadian di atas, anda dapat mengenali potensi pribadi dari berbagai kemampuan. Macam potensi tersebut antara lain:

Bahasa

Potensi dalam berbahasa maksudnya adalah kemampuan dalam menggunakan bahasa dengan baik. Bentuknya bermacam-macam, seperti kemampuan menggunakan lebih dari dua bahasa, hingga kemampuan linguistik yang baik.

Potensi fisik

Kemampuan ini berkaitan dengan potensi olah tubuh. Artinya jika anda memiliki potensi fisik anda dapat melakukan aktivitas olah fisik secara optimal. Potensi ini umumnya dimiliki oleh para atlet, namun tetap perlu diasah dengan latihan.

Berhitung dan logika

Kemampuan berhitung berkaitan dengan angka dan logika. Biasanya dapat dilihat berdasarkan karakteristik memiliki logika dan penalaran yang baik. Serta dapat memahami hubungan sebab-akibat secara mendalam.

Spasial

Jika anda memiliki potensi ini, memahami ruang, bentuk, jarak, dan arah akan sangat mudah bagi anda. Potensi ini menandakan anda dapat mengerti ruang spasial lebih mudah.

Potensi musik

Seseorang dengan potensi ini sangat mudah memahami nada, melodi, dan ritme. Potensi ini dapat juga dinilai dari daya kreativitas seseorang dalam bidang yang berkaitan dengan musik.

Cara Memahami Potensi Diri

Anda dapat menggali dan mengembangkan potensi diri anda. Selain niat, terdapat beberapa cara efektif yang dapat anda tempuh untuk menemukan potensi diri anda. Berikut pembahasan selengkapnya.

1. Menentukan Tujuan

Sebelum mencari tahu potensi diri anda, alangkah baiknya anda mengetahui tujuan terlebih dahulu. Anda dapat mulai bertanya kepada diri sendiri. Seperti misal, mengapa anda perlu mengetahui potensi pribadi anda.

Jika anda sudah memiliki tujuan, anda dapat membuat rencana yang menjelaskan langkah-langkah yang harus anda tempuh untuk meraih tujuan tersebut.

Tujuan yang jelas dapat membantu anda membentuk langkah sistematis dengan strategi yang lebih efektif dan efisien.

2. Refleksi Diri

Dalam usaha memahami potensi pribadi, anda tentunya perlu memahami diri sendiri terlebih dahulu. Cara yang paling mudah tentunya adalah dengan mendengarkan diri sendiri.

Refleksi dengan meditasi dapat membantu anda untuk memahami diri anda sendiri. Perlu anda ingat, tidak ada orang yang lebih memahami diri anda selain anda sendiri.

3. Membuat Milestones Kecil

Jika anda merasa tujuan yang akan diraih terasa sangat berat dan tidak mungkin, mungkin anda perlu membuat milestones. Milestones artinya penanda tujuan awal anda dan terdiri dari tujuan yang lebih kecil.

Morgan Housel, seorang ahli perilaku keuangan menyatakan bahwa sesuatu yang besar justru dapat diraih dari kemampuan seseorang melakukan hal kecil secara konsisten.

4. Menerima Kesalahan dan Kegagalan

Pepatah menyatakan kegagalan adalah guru kehidupan yang terbaik. Mungkin, karena kegagalan dan kesalahan mengajarkan banyak hal dalam kehidupan.

Dalam upaya mengetahui potensi pribadi, anda perlu keberanian dalam menghadapi kesalahan yang anda buat. Dengan begitu, anda dapat introspeksi dan menganalisis kesalahan tersebut. Agar, anda tidak mengulangi di masa depan.

Anda perlu mengingat bahwa tidak ada orang yang bisa pertama kali melakukan sesuatu dan langsung sukses besar. Semua itu diawali dengan usaha dan ketekunan pribadi masing-masing.

5. Mengikuti Tes

Tahukah anda, saat ini ada banyak tes dan uji coba yang dapat anda ikuti untuk mengetahui potensi diri anda sendiri.

Tes tersebut umumnya disusun oleh para ahli di bidang psikologi dan bidang terkait, sehingga hasilnya lebih terpercaya. Berikut ini tes yang patut anda pertimbangkan untuk menemukan potensi anda:

  • Psikotes
  • Tes kecerdasan emosi
  • Tes pemecahan masalah
  • Tes Minat Bakat
  • Tes gaya kepemimpinan

Dan masih ada banyak tes lagi yang bisa anda ambil untuk menemukan potensi anda. Hasil dari tes tersebut dapat anda gunakan untuk menentukan strategi apa yang akan anda ambil.

Anda dapat mengembangkan strategi yang paling sesuai bagi diri sendiri untuk mencapai potensi yang anda inginkan.

Untuk menggali potensi diri dalam karier, anda perlu ingat untuk selalu merayakan pencapaian yang anda peroleh. Dengan begitu, komitmen anda akan tetap terjaga dan menumbuhkan motivasi serta dorongan yang kuat.

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Tags:

potensi

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts