Pentingnya Fleksibilitas dalam Berkarier, Tips, dan Manfaatnya

Sebagai karyawan selain dituntut cekatan, namun fleksibel juga. Terlebih di zaman dengan perubahan yang begitu cepat. Fleksibilitas adalah jawaban jika anda ingin bertahan dalam karier.

Fleksibilitas dalam berkarier dipercaya dapat membantu pekerja tumbuh dan inovatif. Pola pikir ini dapat membantu anda beradaptasi dalam karier.

Perusahaan berharap karyawannya bisa lebih fleksibel. Dengan begitu, tingkat stres dapat menurun dan kinerja karyawannya tetap terjaga. Simak pengertian fleksibilitas dan pentingnya untuk karier di artikel ini.

Mengenal Pentingnya Fleksibilitas

Sebelum membahas tentang pentingnya menjadi fleksibel, anda harus memahami pengertian fleksibilitas itu sendiri.

Fleksibilitas adalah kemampuan individu untuk beradaptasi. Sifat fleksibel dapat membantu anda menghadapi tantangan dan memecahkan masalah lebih cepat.

Menurut The Balance Careers, fleksibilitas adalah kemampuan menyesuaikan dengan perubahan pada lingkungan dan keadaan. Jadi, fleksibilitas memang berkaitan erat dengan penyesuaian diri.

Era serba modern yang cepat berubah dan dinamis, menuntut orang untuk cepat beradaptasi. Apalagi dalam dunia kerja yang membutuhkan efektivitas tinggi.

Kemampuan menjadi lebih fleksibel sangat penting dalam karier. Karyawan yang lebih fleksibel mudah menyesuaikan dengan kebutuhan dan diterima perusahaan.

Anda dapat mempelajari keahlian baru dengan cepat, dan berinovasi jika anda bisa lebih fleksibel. Termasuk menyesuaikan diri seandainya kondisi kerja anda kurang ideal.

Mengapa Fleksibilitas Penting untuk Karier Anda?

Sifat fleksibel adalah soft skill yang bisa dilatih dan dipelajari. Karena fleksibilitas berkaitan dengan seberapa tanggap orang untuk menyelesaikan masalah.

Menurut Indeed, orang yang fleksibel dapat beradaptasi dengan perubahan yang cepat dan situasi baru yang belum pernah ditemui.

Pekerja yang fleksibel lebih mudah disukai baik rekan kerja maupun atasan. Karena dengan fleksibilitas, anda dapat memecahkan masalah yang ada dalam pekerjaan dengan cepat dan efektif.

Menjadi lebih fleksibel akan memudahkan anda mengatasi tantangan yang ada tanpa stres dan lelah mental berlebih.

Tidak heran jika orang yang fleksibel sering dianggap memiliki banyak kemampuan. Padahal, itu hanya berasal dari kemampuan orang itu dalam menyesuaikan dengan perubahan yang ada.

Fleksibilitas dapat memberikan anda keseimbangan dalam berkarier dan otomatis membuat anda lebih bahagia tentunya.

Manfaat Fleksibilitas dalam Kehidupan dan Karier?

Fleksibilitas memberi anda banyak manfaat dalam kehidupan dan karier. Menjadi pekerja yang fleksibel akan membuat pekerjaan selesai secara efektif.

Fleksibilitas memberi anda banyak manfaat dalam kehidupan dan karier. Menjadi pekerja yang fleksibel akan membuat pekerjaan selesai secara efektif.

A. Cepat beradaptasi

Ilustrasi karyawan yang dapat dengan tempat kerja

Fleksibilitas adalah jawaban akan tantangan dalam karier. Menjadi lebih fleksibel artinya anda akan lebih mudah menyesuaikan diri.

Seperti misal ketika anda menerima tanggung jawab baru, atau saat dihadapkan dengan masalah yang belum pernah anda temui sebelumnya. Sifat fleksibel akan sangat menguntungkan anda.

Karakter yang fleksibel dapat memudahkan kehidupan anda. Anda dapat dengan cepat mengikuti perubahan yang ada tanpa merasakan efek negatif.

Fleksibilitas bahkan dapat berguna saat anda memutuskan untuk pindah haluan karier. Sehingga, anda dapat belajar hal baru lebih cepat.

Selain itu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru juga akan terasa lebih mudah bagi anda.

B. Menyelesaikan masalah yang tidak terduga

Zaman yang serba cepat sering kali menghadapkan anda pada hal yang tidak terduga. Tidak terkecuali masalah, baik dalam pekerjaan dan hidup.

Dalam beberapa kasus, akan menuntut anda beradaptasi dengan cepat dan bisa fleksibel. Sehingga, konflik yang terjadi dapat terselesaikan dengan baik dan tidak merugikan diri sendiri.

Salah satu contoh adalah, ada anggota tim anda yang tiba-tiba resign. Akhirnya, anda yang bertanggung jawab menyelesaikan semua pekerjaannya.

Sebagai orang yang fleksibel anda dapat menyesuaikan dengan cepat. Anda akan mulai membuat rencana bagaimana anda mengatur waktu dalam bekerja sehingga semua pekerjaan tetap selesai.

Jika anda terbiasa mengatasi masalah yang tidak terduga, anda akan merasa lebih tenang dan sigap dalam mengambil keputusan.

C. Mendorong perkembangan karier

Menjadi pribadi yang fleksibel akan membantu anda. Salah satunya dalam perkembangan karier anda di kemudian hari.

Fleksibilitas yang tinggi dapat memudahkan anda mempelajari banyak keahlian baru. Sehingga, memberi kesempatan berkarier anda lebih luas lagi.

Atasan anda juga akan senang mendapatkan karyawan yang dapat tumbuh bersama dengan perusahaan.

Sifat yang fleksibel membuat anda mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Membuat anda dapat berbaur dengan rekan kerja baru jika memang anda mencari kesempatan di kantor baru.

Jadi, dapat anda lihat menjadi fleksibel membuka kesempatan lebih luas bagi karier anda.

D. Meningkatkan standar kehidupan

Fleksibilitas adalah jawaban bagi tantangan yang dalam berkarier. Menjadi fleksibel dapat mengurangi tingkat stres anda.

Fleksibilitas juga dapat membuat anda menyelesaikan pekerjaan secara efektif. Sehingga, anda lebih mudah mendapat work-life balance yang anda idamkan.

Tingkat stres dalam bekerja dan kehidupan yang lebih terkendali memberi anda pengalaman baru. Dan dapat meningkatkan tingkat kepuasan dan standar hidup anda.

Tips Meningkatkan Fleksibilitas

Anda dapat menggunakan beberapa cara berikut ini untuk menjadi seseorang yang lebih fleksibel.

1. Menerima perubahan

Hal yang perlu anda lakukan pertama kali adalah memahami perubahan itu pasti. Perubahan akan selalu terjadi baik dalam kehidupan dan karier anda.

Fleksibilitas adalah tentang menerima tantangan baru. Serta mengembangkan pola pikir agar dapat memecahkan masalah baru secara efektif. Sehingga, anda lebih mudah beradaptasi.

Perubahaan, meskipun dapat memberi pengalaman baru. Namun, juga berpotensi meningkatkan stres anda.

Maka dari itu anda perlu untuk terus belajar menerima bahwa perubahan akan selalu terjadi. Dengan begitu kehidupan dan pengalaman kerja anda juga akan terus meningkat.

2. Lebih percaya diri

Percaya diri membuat anda lebih siap menghadapi masa depan. Termasuk menghadapi kemungkinan apa saja yang bisa terjadi.

Anda perlu menemukan bagaimana untuk menjadi lebih nyaman dengan perubahan yang ada. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri anda.

Memiliki kendali penuh akan apa yang mungkin bisa terjadi di masa yang akan datang, memberi anda kemampuan untuk mengendalikannya.

Anda dapat mencoba menjadi lebih aktif dengan perubahan yang ada saat ini. Sehingga, rasa percaya diri anda akan meningkat dan menghilangkan berbagai ketakutan dalam hidup.

3. Menantang diri sendiri

Tujuan jangka panjang membutuhkan perkembangan yang konsisten untuk diraih. Mencapai tujuan jangka panjang menunjukkan dedikasi anda.

Dedikasi anda menunjukkan etos kerja yang baik dan kesuksesan dalam karier anda. Untuk meraih hal tersebut, anda juga harus menantang diri sendiri secara terus menerus.

Ini dilakukan agar anda terus tumbuh dan tidak terjebak zona nyaman.

4. Mengatasi keterbatasan yang ada

Menjadi lebih fleksibel mengharuskan anda mengatasi keterbatasan yang anda miliki. Untuk itu, mulai identifikasi batasan yang anda miliki untuk mengetahuinya.

Cara paling mudah dalam mengatasi keterbatasan adalah dengan mengikuti pelatihan atau seminar. Anda dapat bekerja sama dengan tim anda untuk mengembangkan kemampuan problem solving anda.

Mengatasi keterbatasan yang anda miliki akan memberi banyak pelajaran dan ilmu bermanfaat. Dan meningkatkan kesempatan baru yang bisa anda peroleh nantinya.

Baca Juga: Cara Cerdas untuk Mencapai Work Life Balance

Fleksibilitas memberi banyak kemudahan dan pengalaman baru untuk anda. Tidak hanya dalam dunia kerja tapi juga tingkat kebahagiaan dalam hidup anda.

Karena dengan menjadi fleksibel, memungkinkan anda menjadi lebih cepat dalam menyesuaikan diri dalam berbagai kondisi.

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Tags:

fleksibel

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts