Tips Menjadi Lebih Inovatif dalam Karier

Bisnis diciptakan dengan tujuan untuk terus berkembang dan dinamis. Pemikiran inovatif adalah solusi menciptakan bisnis agar dapat terus berkembang.

Menciptakan tempat kerja dengan budaya yang inovatif bukan perkara gampang. Bagi bisnis, kemampuan berinovasi dapat menjadi tantangan. Pemikiran kreatif merupakan sesuatu yang mahal dan patut dihargai.

Tidak mengherankan jika inovatif menjadi kemampuan yang sangat dihargai dalam karier. Dari kemampuan tersebut, dapat menghasilkan banyak hal positif bagi orang lain.

Untuk lebih memahami arti inovatif, anda perlu memahami pengertian inovatif. Dan juga manfaat yang bisa anda dapatkan dari inovasi itu sendiri.

Pengertian Inovatif

Menjadi inovatif adalah jawaban tantangan dunia kerja modern

Secara sederhana, inovatif adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan ide, konsep, atau metode baru. Inovatif berasal dari kemampuan berpikir seseorang.

Kemampuan inovatif dapat menghasilkan berbagai ide dan terobosan yang bernilai. Karena hal yang tercipta dari proses inovasi bisa sangat bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya. Tidak terkecuali bagi bisnis.

Dalam ekonomi modern, inovasi merupakan syarat penting bagi bisnis jika mau bertahan. Bisnis-bisnis besar perlu terus berinovasi jika tidak mau tersaingi oleh pesaing baru yang lebih kreatif.

Berbagai perusahaan besar pun sekarang mulai mengandalkan data untuk terus berinovasi. Dengan bantuan data, inovasi yang dihasilkan bisa lebih diterima pasar.

Inovatif adalah kemampuan yang sangat berharga dalam bisnis. Dengan skill ini, bisnis anda dapat menghasilkan terobosan-terobosan baru. Selain itu, dengan inovasi anda dapat mengembangkan bisnis anda.

Manfaat Inovatif dalam Dunia Kerja

Inovasi memiliki banyak manfaat bagi bisnis. Tidak hanya itu saja, kemampuan inovatif juga memiliki banyak manfaat dalam lingkungan kerja.

Manfaat inovasi salah satunya adalah kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan membuat keputusan anda menjadi lebih baik. Selain itu, berikut ini beberapa manfaat inovatif yang bisa anda rasakan.

Memecahkan masalah

Kemampuan inovatif adalah jawaban bagi anda yang ingin memiliki kemampuan pemecahan masalah lebih baik.

Dalam kehidupan yang semakin kompleks, anda akan sering berhadapan dengan masalah baru. Tidak hanya dalam kehidupan tapi dalam pekerjaan. Permasalahan yang berbeda pasti membutuhkan solusi berbeda.

Perusahaan sangat menghargai individu yang kreatif dan dapat berinovasi. Karena, kemampuan tersebut dapat memberikan solusi dalam pekerjaan yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Meningkatkan performa

Dalam bisnis sering kali inovasi adalah tantangan. Banyak perusahaan yang tidak bisa berkembang karena kurangnya inovasi.

Menemukan cara dan metode baru dapat menjadi jawaban permasalahan tersebut. Inovasi terkadang memang harus didorong untuk menciptakan budaya kerja yang saling membangun. Dengan begitu, inovasi dapat terbentuk.

Kombinasi metode dan ide baru yang ditemukan dapat membangun kolaborasi. Kolaborasi dalam tempat kerja meningkatkan produktivitas dan kinerja anda.

Baca Juga: 5 Strategi Ritel di Masa Pandemi Agar Tetap Bertahan

Meningkatkan motivasi kerja

Mendorong kemampuan inovatif dalam pekerjaan dapat meningkatkan motivasi kerja anda. Karena, inovasi selalu mendorong anda lebih proaktif dalam perkembangan karier.

Keinginan untuk selalu berkembang inilah yang menghasilkan motivasi kerja. Bahkan bisa meningkatkan produktivitas dan kinerja anda selama bekerja. Inovasi selalu mendorong ilmu dan metode baru.

Sehingga, kemampuan inovatif juga akan mendorong anda untuk terus mempelajari hal baru. Inovasi dapat menguntungkan perusahaan dan diri sendiri juga di masa yang akan datang.

Mendorong daya saing

Menurut Harvard Business Review, kondisi pasar saat ini lebih menyukai bisnis yang kreatif dan dapat berinovasi. Atau dikenal dengan konsep creative destruction.

Creative destruction adalah konsep yang diperkenalkan oleh Joseph Schumpeter. Konsep ini berargumen jika bisnis harus terus berinovasi jika tidak ingin kalah saing dengan kompetitor lain.

Konsep ini menjadi acuan banyak bisnis saat ini yang terus berinovasi dan menciptakan terobosan. Terobosan yang ditemukan bisa menjadi value unik. Value ini dapat menjadi daya tarik tersendiri antara bisnis dengan pasar.

Menjadi inovatif adalah solusi bagi keunggulan bisnis itu sendiri. Dengan inovasi, bisnis dapat merancang produk baru, mengembangkan promosi, hingga merancang metode pemasaran yang lebih efektif.

Cara Menciptakan Budaya Kerja Inovatif

Secara umum, menciptakan kultur kerja inovatif didasari dua faktor. Yaitu diri sendiri dan lingkungan tempat anda bekerja.

Lingkungan kerja dalam hal ini dapat meliputi rekan kerja, atasan, hingga kebijakan yang berlaku di tempat kerja anda. Semua hal ini saling bersinggungan dan menciptakan budaya kerja .

Untuk itu, sekarang saatnya kita membahas cara menciptakan budaya kerja yang inovatif berdasarkan dua perspektif tersebut.

Diri sendiri

Berikut ini hal yang dapat anda lakukan untuk menciptakan kultur kerja yang inovatif. Hal ini dapat anda lakukan terlepas posisi anda. Baik anda sebagai atasan maupun karyawan dan staf.

• Belajar mendengarkan

Belajar menjadi pendengar yang baik terkesan sepele. Namun, nyatanya banyak orang yang kesusahan melakukannya.

Menjadi pendengar yang baik tidak hanya sekedar mendengarkan lawan bicara. Tetapi juga mampu bersimpati dan menumbuhkan empati terhadap lawan bicara. Coba dengarkan gagasan dan ide orang lain.

Sebagai karyawan, anda dapat mempelajari banyak hal baru dari mendengarkan. Seperti mempelajari kultur kerja perusahaan anda. Ini akan sangat membantu anda lebih cepat beradaptasi.

Bagi atasan, kemampuan mendengarkan juga sangat penting. Karena ide yang disampaikan karyawan anda bisa saja menjadi terobosan baru yang patut untuk dicoba. Lihat dulu apakah ide yang disampaikan dapat diterapkan atau tidak.

Jika memang tidak, anda dapat mengutarakan alasan dan logika dibalik keputusan anda. Sehingga, karyawan lebih merasa dihargai dan dapat belajar.

• Memikirkan segala kemungkinan

Menjadi inovatif adalah hal yang tidak mudah. Inovasi selalu menuntut anda untuk memperhitungkan segala kemungkinan.

Sebagai karyawan, dengan menghitungkan segala kemungkinan, pekerjaan anda dapat selesai lebih maksimal. Hasilnya pun juga menjadi lebih optimal karena minimnya kesalahan yang mungkin ada.

Sebagai atasan atau pemilik bisnis, anda perlu memperhitungkan kemungkinan dalam setiap proyek. Sehingga, anda dapat membuat banyak alternatif dan cara lain yang dapat anda terapkan.

Lingkungan kerja

Lingkungan kerja dapat menjadi faktor terbesar yang menentukan inovasi dapat terjadi atau tidak. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

• Memberikan ruang bagi inovasi

Lingkungan kerja perlu mendorong agar inovasi dan kreativitas dapat tercipta. Kebijakan dan kultur kerja sangat memengaruhi karyawan anda dalam berinovasi.

Anda dapat mengembangkan kebijakan yang mendorong inovasi berdasarkan riset. Pastikan SOP dan kebijakan anda berdasarkan riset dan penelitian terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan.

Dengan penelitian dan informasi, anda dapat membuat kebijakan yang mendorong inovasi dari karyawan. Dan membuat lingkungan kerja menjadi tempat yang terbuka.

• Memberikan pelatihan

Inovasi terjadi seiring dengan bertambahnya skill dan keahlian. Anda harus memastikan SDM anda memiliki kemampuan yang memadai. Jika anda mengharapkan bisnis anda dapat berkembang.

Kemampuan yang dikuasai tidak harus terpaku pada bidang pekerjaan saja. Keahlian komputer misal, untuk orang yang bekerja di bidang akuntansidapat berguna karena meningkatkan kinerja mereka kedepannya.

Karena dengan keahlian komputer divisi finance anda menjadi lebih ahli mengoperasikan program perhitungan. Dengan begitu, performa mereka dalam bekerja akan meningkat.

• Terbuka dengan kesalahan

Inovasi selalu berkaitan dengan hal baru. Untuk itu, juga pasti tidak lepas dari kesalahan. Anda perlu menciptakan sebuah sistem untuk menangani hal tersebut.

Kesalahan yang terjadi di lingkungan kerja anda harus memiliki laporan tersendiri. Selain untuk mengawasi, kesalahan tersebut dapat digunakan bahan diskusi. Hal ini juga dapat menjadi tuntunan anda kedepannya.

Inovatif pada dasarnya sangat penting bagi bisnis. Selain meningkatkan daya saing, inovasi juga penting dalam perkembangan dan pertumbuhan bisnis.

 

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Tags:

inovatif

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts