aplikasi penilaian kinerja karyawan

10 Tips dalam Memilih Aplikasi Penilaian Kinerja Karyawan

Kita semua sepakat kalau proses performance appraisal dan performance management membutuhkan banyak waktu dan energi. Kebutuhan waktu dan energi yang banyak ini bisa saja mengganggu pekerjaan utama atau proyek kita semua. Untuk itu Anda membutuhkan aplikasi penilaian kinerja karyawan dan manajemen kinerja. Dua hal ini kemungkinan besar sudah termasuk dalam satu paket penjualan.

Setelah Anda sudah mengetahui kapan waktu terbaik untuk melakukan evaluasi kinerja, sekarang saatnya Anda harus mengetahui bagaimana caranya memilih aplikasi penilaian kinerja karyawan dan manajemen kinerja yang baik.  Ada banyak aplikasi semacam ini di luar sana, dan memilih salah satu yang paling sesuai dengan perusahaan Anda adalah proses yang tidak sebentar. Dalam artikel singkat ini, Anda akan menemukan 10 tips memilih aplikasi penilaian kinerja karyawan dan manajemen kinerja yang baik.

Sebagai informasi, menurut laporan Deloitte “2018 HR Technology Disruptions”, 70% organisasi perusahaan sudah mulai mengganti proses penilaian kinerja karyawan dan manajemen kinerjanya. Hal ini mengimplikasikan bahwa sejak 2018 pesaing-pesaing Anda sudah mulai menggunakan software atau aplikasi penilaian kinerja karyawan dan manajemen kinerja.

Sebuah reminder, Anda harus tahu di mana kekurangan sistem Anda saat ini dulu. Kemudian, apakah setelah memiliki aplikasi ini, pekerjaan bisa selesai dengan cepat? Setelah melalui berbagai pertimbangan tersebut, mari kita mulai dengan tipsnya:

Tips Memilih Aplikasi Penilaian Kinerja Karyawan dan Manajemen Kinerja

1. Kebutuhan Perusahaan

Identifikasi kebutuhan yang Anda perlukan saat ini. Pastikan, apakah memiliki aplikasi penilaian kinerja karyawan dan manajemen kinerja karyawan dapat membantu manajer (atau siapapun yang bertanggung jawab) melakukan penilaian dengan lancar. Setelah mempertimbangkan semua kebutuhan Anda, lanjutkan ke tips berikutnya.

2. Penetapan Tujuan atau Goal

Aplikasi penilaian kinerja karyawan dan manajemen kinerja yang baik akan membantu Anda menetapkan tujuan dan kompetensi yang tepat untuk karyawan Anda. Aplikasi ini juga harus memiliki sistem reward dan harus bisa menyimpan data masa lalu karyawan untuk keperluan tertentu.

3. Budget

Pastikan ukuran perusahaan, kekuatan financial perusahaan dan aplikasi pilihan Anda sesuai atau selaras. Kalau memang masih baru, mungkin Anda harus mencoba mengadopsi beberapa modul saja. Kalau sudah ‘nyaman’ baru Anda boleh upgrade.

4. Fitur yang Diperlukan

Buat daftar fitur yang Anda perlukan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Periksa apakah aplikasi yang dipilih kompatibel di semua jenis perangkat dan platform milik perusahaan Anda.

5. Periksa Tingkat User-friendly Aplikasinya

Anda sedang mencari aplikasi penilaian kinerja karyawan dan manajemen kinerja untuk manajer Anda. Oleh sebab itu, aplikasi yang Anda pilih harus memudahkan tugas mereka. Jadi, Anda harus memeriksa apakah perangkat lunak tersebut memiliki tingkat user-friendly yang tinggi. Pastikan aplikasi ini tidak memerlukan banyak waktu dalam mempelajari UI dan UX nya.

6. Feedback Cepat

Komunikasi yang mudah antara karyawan dan manajer adalah hal wajib dalam aplikasi ini. Manajer harus dapat mengawasi kemajuan karyawan, menghargai pekerjaannya, memberikan pelatihan atau melatih karyawan baru. Karyawan juga harus bisa melaporkan masalah atau saran jika ada.

7. Software Support

Memiliki dukungan dari vendor yang solid adalah suatu syarat mutlak. Periksa apakah vendor memberikan dukungan setelah menerapkan aplikasinya di organisasi Anda.

8. Modul Pembelajaran

Sebaiknya aplikasi yang Anda pilih harus berisi berbagai modul pembelajaran untuk pengembangan keterampilan karyawan Anda. Hal ini bertujuan agar karyawan Anda tetap bisa bersaing dalam dinamika persaingan global.

9. Laporan Real-time

Aplikasi penilaian kinerja karyawan dan manajemen kinerja yang Anda inginkan, dalam praktiknya, harus bisa menghasilkan laporan real-time dalam pemantauan kinerja karyawan. Laporan membantu manajer dalam mengukur kualitas karyawan, mengetahui potensi mereka dan apakah karyawan ini akan diberi penghargaan atau sanksi sesuai apa yang mereka lakukan.

10. Software Demo

Ada beberapa vendor aplikasi di luar sana yang bisa dimintai uji coba atau trial. Sebaiknya, Anda menguji aplikasi ini dulu untuk menjamin kompatibilitas dengan sistem yang Anda sedang gunakan di perusahaan.  

Daftar tips berakhir disini. Sebagai tambahan, pilih aplikasi yang mudah diintegrasikan ke sistem Anda. Memudahkan pekerjaan manajer dan karyawan secara keseluruhan sehingga menghasilkan perusahaan yang berkinerja lebih baik adalah tujuannya, jadi, pastikan hal ini tercapai. Alokasikan waktu Anda untuk memilih aplikasi semacam ini. Hubungi kami untuk mendapatkan penjelasan lebih jauh dan semoga semakin sukses. Terima kasih telah membaca.

Jadi, aplikasi penilaian kinerja karyawan apa yang Anda butuhkan?

A. Alfan Alif

Tags:

Explore

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts