Aplikasi Manajemen Bakat

Aplikasi Manajemen Bakat untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Manajemen bakat atau Talent management adalah proses terkait pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) perusahaan. Di era sekarang, proses-proses tersebut semakin dioptimalkan dengan dukungan teknologi seperti aplikasi manajemen bakat yang akan mempermudah HR dalam meningkatkan produktivitas karyawan.

Istilah manajemen bakat sangat erat kaitannya dengan manajemen berbasis kompetensi. Keputusan yang diambil manajemen pada umumnya berkaitan dengan kompetensi inti perusahaan serta kompetensi spesifik jabatan karyawan. Kompetensi di sini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan, pengalaman serta karakter karyawan bersangkutan.

Pada dasarnya terdapat tiga proses dalam manajemen bakat, yaitu; Pertama, mengembangkan karyawan baru sedari onboarding; Kedua, mengembangkan potensi karyawan lama yang ada di perusahaan; Ketiga, menarik/mempertahankan sebaik mungkin karyawan yang memiliki kompetensi, komitmen, dan karakter kuat untuk terus bekerja di perusahaan Anda.

Dengan menggunakan software Talent management atau aplikasi manajemen bakat, HR akan mendapatkan kemudahan dalam mengembangkan bakat setiap karyawan agar perusahaan mampu bersaing secara kompetitif di pasar global.

Manfaat yang Anda dapatkan dari aplikasi manajemen bakat?

Manajemen bakat merupakan sistem yang dibangun perusahaan untuk mengelola potensi karyawan. Tentunya mengelola potensi ini bukan hal yang mudah, karena akan banyak tugas tambahan dalam setiap prosesnya, seperti: perekrutan, onboarding, evaluasi kinerja dan segenap kesibukan lainnya.

Sementara itu, menggunakan aplikasi manajemen bakat atau Talent management system akan mempermudah HR dalam mengurus setiap pekerjaan karena sistemisasi dan juga dapat diakses melalui modul atau pilar yang tersedia.

Berikut beberapa modul yang akan Anda dapatkan saat menggunakan aplikasi manajemen bakat:

1. Modul performance management and goals

Modul Performance management atau manajemen kinerja ini memberi solusi modern terhadap perusahaan dalam memastikan keselarasan antara strategi dan tujuan. Pun modul ini berfungsi untuk meningkatkan kinerja karyawan, serta mengevaluasi dan mengenali talenta terbaik yang Anda miliki.

Performance management juga akan menempatkan kinerja karyawan menjadi sebuah proses penting, sehingga karyawan memiliki arah yang jelas dalam bekerja, mendapatkan feedback atas kinerja, serta dukungan agar mereka bisa bekerja lebih baik lagi.

Serangkaian proses komprehensif ini akan menciptakan manajemen kinerja yang menarik di dalam perusahaan Anda. Selain itu, keakuratan dalam mengevaluasi kinerja yang telah selesai dan juga persiapan wawasan ke depannya adalah manfaat yang akan Anda dapatkan.

Aplikasi manajemen bakat dengan modul goals manajemen yang kuat

  • Anda dapat mengembangkan tujuan dengan tepat melalui goals library secara spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan tepat waktu.
  • Kapan pun Anda dapat mengetahui upaya karyawan, probabilitas keberhasilan, dan juga memberi komentar dengan mudah melalui mobile goal management.
  • Selaku manajer, modul ini akan memberi Anda keleluasaan kontrol untuk menyelaraskan antara tujuan dan kemampuan karyawan dalam menetapkan target agar terjadi peningkatan. Pun Anda dapat melihat kemajuan personal karyawan, tim dan perusahaan.

Aplikasi manajemen bakat dengan manajemen kinerja berkelanjutan

Anda dapat merangsang dialog dan feedback berkelanjutan antara manajer dan karyawan. Juga dapat menciptakan percakapan terstruktur dalam menyelaraskan dan meningkatkan kinerja dengan manfaat sebagai berikut:

Bagi karyawan:
  • Kemudahan dalam memberi tahu manajer tentang kegiatan yang dikerjakan, prioritas utama, dan kemajuan yang telah dicapai.
  • Memastikan kegiatan selalu selaras dengan sasaran (goals), bahkan saat terjadi perubahan di sepanjang tahun.
  • Capture pencapaian saat kegiatan selesai, untuk memudahkan Anda dalam mempersiapkan evaluasi kinerja secara formal.
Bagi Manajer:
  • Anda dapat melacak kemajuan tim untuk memastikan mereka mengerjakan hal-hal yang penting, dengan ini Anda dapat memberi feedback yang bisa ditindaklanjuti.
  • Anda bisa menggunakan daftar kegiatan dan pencapaian demi kinerja yang lebih efektif dan terstruktur ketika mengadakan tatap muka dengan karyawan.
  • Beberapa pelatihan sederhana bisa Anda bagikan kepada karyawan, dengan fokus utama pada apa yang telah mereka kerjakan untuk meningkatkan kinerja di masa depan.

Aplikasi manajemen bakat dengan modul penilaian kinerja akurat

  • Anda bisa mendapatkan ulasan yang berkualitas, juga meningkatkan penyelesaian kinerja dengan pengalaman sederhana yang menarik bagi setiap orang.
  • Dapat menganalisa pandangan yang lebih seimbang dan lengkap tentang kinerja karyawan dengan fitur “Ask for Feedback” dan “360 reviews”.
  • Menghilangkan writer block melalui feedback yang lebih bermakna dengan fitur “Writing Assistant” dan “Coaching Advisor”.
  • Bisa mengidentifikasi top dan bottom performance berdasarkan kompetensi masing-masing karyawan melalui fitur “Team Rater” dan “Team Overview”.
  • Mengurangi risiko penggunaan bahasa tidak layak dalam ulasan melalui fitur “Legal Scan”.
    Memastikan keputusan objektif berdasarkan fakta seputar kinerja karyawan dengan fitur “Calibration”.

2. Modul compensation management

Kompensasi karyawan adalah investasi terbesar Anda untuk memastikan uang yang dikeluarkan berdampak kepada profit perusahaan. Dalam hal ini, kompensasi tentu berhubungan dengan karyawan agar memicu kinerja yang lebih baik, meningkatkan eksekusi, dan memastikan retensi karyawan terbaik.

Modul kompensasi pada aplikasi manajemen bakat akan membantu perusahaan meningkatkan akurasi anggaran dan mengurangi risiko kerugian. Dari sisi manajemen, ini merupakan sesuatu yang komprehensif untuk digunakan dalam bisnis modern. Modul ini membuat Anda tetap terhubung dengan karyawan dan melibatkan mereka dalam perencanaan di masa depan.

Anda juga bisa membangun dan mengelola program kompensasi yang strategis dan selaras dengan kebutuhan karyawan, bisnis serta anggaran perusahaan. Berbeda dengan tools produktivitas pribadi yang hanya merampingkan dan mengotomatisasi perencanaan kompensasi, modul ini mengarahkan fokus Anda untuk memberikan pengalaman berharga dan bermakna; serta dapat dipersonalisasi dan relevan.

Sejajarkan program kompensasi dengan tujuan perusahaan

Perkirakan basis model, bonus, dan desain rencana insentif jangka panjang atau LTI untuk menemukan keseimbangan antara strategi bisnis, upah kompetitif, dan keterjangkauan perusahaan. Selain itu, alokasikan anggaran Anda untuk mendukung tujuan strategis perusahaan ke depannya dengan sistem yang ada.

Dengan ini Anda juga dapat menyesuaikan program kompensasi dengan kebutuhan strategis bisnis yang saat ini dikembangkan, demi mendukung pelaksanaan kompensasi strategis perusahan. Pun, Anda akan mendapatkan visibilitas dalam memanfaatkan anggaran dengan pelaporan roll-up. Dalam pengambilan keputusan, Anda juga dapat mengakses metrik kompensasi dan data karyawan yang relevan.

Untuk mengambil keputusan kompensasi yang adil dan objektif dalam memberi reward ke karyawan, Anda dapat menggunakan kalibrasi yang akan menyelaraskan pencapaian goals/kinerja untuk pemberian bonus kepada karyawan yang berkompeten.

3. Modul rekrutmen dan talent acquisition

Akuisisi karyawan adalah proses yang akan sangat berdampak terhadap bisnis. Terutama dalam mendapatkan orang yang berkompeten untuk membantu perkembangan bisnis. Modul rekrutmen akan membantu Anda dalam mencari sosok bertalenta.

Modul yang bagus tentunya akan memberi Anda akses dalam mencari karyawan baru dari kawasan mana pun. Beberapa aplikasi manajemen pelanggan bahkan menyediakan jangkauan luas dalam perekrutan yang disesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Temukan bakat terbaik untuk mendorong perkembangan bisnis Anda

  • Dengan ini Anda dapat memberikan kemudahan akses kepada kandidat terbaik dari situs karir ke aplikasi manajemen bakat. Kandidat juga bisa beradaptasi melalui perangkat personal yang mereka gunakan secara responsif.
  • Ciptakan saluran pencari bakat dengan keterlibatan kandidat baik secara aktif maupun pasif untuk membangun jaringan kandidat yang berkualitas. Ini juga dapat mengurangi biaya akuisisi.
  • Aplikasi manajemen bakat yang baik tentu memberikan pengalaman menarik dan lebih personal kepada para kandidat, misalnya seperti terjemahan bahasa yang lengkap sesuai dengan bahasa real-time masing-masing kandidat.
  • Aplikasi manajemen bakat tentunya akan membantu Anda merampingkan dan menyederhanakan proses perekrutan.

4. Modul pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan karyawan

Fungsional modul ini untuk mengembangkan kemampuan karyawan dan mengarahkan mereka pada jalur karir yang jelas, dengan tujuan utama membuat karyawan bertahan dan membangun keselarasan kinerja di dalam perusahaan.

Dalam modul pembelajaran Anda dapat menciptakan tujuan pembelajaran berbasis kompetensi untuk mengurangi angka turn-over dan meningkatkan kompetensi karyawan. Selain itu, aplikasi manajemen bakat ini juga akan memberi Anda konten-konten pembelajaran baik internal maupun eksternal dengan dukungan pembelajaran mandiri (self learning).

Beberapa aplikasi manajemen bakat bahkan memberikan Anda akses konten terbuka langsung dari mitra ahli seperti edX, OpenSesame, lynda.com, Harvard Business Publishing, Udacity, Coursera, dan OpenHPI.

Dengan aplikasi manajemen bakat, perusahaan dapat memperluas pembelajaran seperti menyediakan kursus, sertifikasi, outsourcing dan penjadwalan pembelajaran yang bisa ditangani dengan konten-konten online tersedia secara eksternal. Desain pengalaman belajar yang fleksibel juga sangat dibutuhkan saat Anda memilih aplikasi manajemen bakat untuk perusahaan.

5. Aplikasi Manajemen Bakat dengan modul suksesi dan pengembangan karyawan

Perusahaan yang unggul di pasar global tentunya memiliki budaya internal yang kompetitif. Dalam hal ini, aplikasi manajemen bakat akan membantu perusahaan Anda untuk menyiapkan karyawan terbaik melalui modul succession (suksesi) dan development (pengembangan).

Modul ini akan membantu perusahaan mengurangi risiko yang terburuk di masa depan, di mana dapat membantu perusahaan dalam mempersiapkan generasi terbaik untuk dunia kerja yang sangat kompetitif. Perusahaan terbaik tentunya mampu menciptakan regenerasi karyawan, karena ini merupakan keuntungan bagi sebuah bisnis.

Beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan adanya modul ini di dalam aplikasi manajemen bakat perusahaan adalah:

  • Memudahkan dalam melakukan penilaian terhadap karyawan
  • Memberi Anda aktivasi strategis terhadap manajemen suksesi
  • Anda dapat membuat rencana pengembangan karir karyawan dengan tepat
  • Memberikan wawasan terhadap tenaga kerja

6. Aplikasi manajemen bakat dengan modul pendukung proses onboarding

Onboarding adalah bagian terpenting dalam manajemen bakat, akan tetapi sering diabaikan secara administrasi dengan eksekusi yang sangat buruk oleh banyak perusahaan. 80% karyawan baru pada umumnya menjadikan tahap 6 bulan pertama sebagai gambaran apakah mereka akan terus bertahan di dalam perusahaan atau pergi.

Hal di atas dipengaruhi oleh proses orientasi yang tidak tepat sasaran sedari awal karyawan tersebut bekerja. Akan tetapi jika proses onboarding ini berjalan tepat, dalam laman SAP SuccessFactors disebutkan bahwa 75% karyawan akan bertahan dengan 15% peningkatan kinerja dari tahun ke tahun.

Beberapa aplikasi manajemen bakat pastinya akan melengkapi Anda dengan modul onboarding ini, agar masa orientasi karyawan sedari awal dapat dilalui dengan perasaan yang antusias untuk memberikan kinerja terbaiknya kepada perusahaan.

Poin utama dari modul ini bertumpu pada karyawan, proses orientasi, dan produktivitas yang dihasilkan:

Karyawan: Onboarding adalah tentang kisah karyawan Anda, koneksinya dengan mentor, rekan kerja, dan bagian manajerial lainnya.

Proses: Modul Onboarding dalam aplikasi manajemen bakat akan menciptakan proses yang halus dan mengurangi intervensi manual sembari mengklarifikasirem tanggung jawab dan peran secara personal.

Produktivitas: Karyawan baru, manajer, dan SDM tentu akan sibuk dengan tugas mereka masing-masing. Akan tetapi tetap sama dalam tujuan, yakni meningkatkan produktivitas demi perkembangan perusahaan.

Adanya modul Onboarding dalam aplikasi manajemen bakat yang Anda miliki tentu akan memudahkan HR menyihir langkah demi langkah yang dilalui seorang karyawan sedari hari pertama dia bekerja, karena modul ini bisa dikombinasikan dengan modul pembelajaran yang tersedia.

Aplikasi manajemen bakat yang tepat tentunya akan membawa semua proses Manajemen Talenta berjalan menuju harapan yang diinginkan perusahaan. Dengan ini angkat turn-over bisa dijaga, dan bakat karyawan dapat berkembang ke arah yang lebih baik demi membangun perusahaan.

Tertarik untuk memahaminya lebih lanjut? Klik link di bawah ini dan konsultasikan langsung bersama tim ahli kami.

Master Admin

Categories:

SAP SuccessFactors

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts