Apple Business Chat

Pentingnya Apple Business Chat dalam Mendukung Penjualan Anda

Layaknya WhatsApp dan Facebook bisnis, menggunakan Apple business chat juga akan membuka peluang pertumbuhan bisnis yang besar ke depannya. Hal ini bisa kita lihat dari pasar pengguna iPhone secara global, terutama di Amerika Serikat sendiri telah menyentuh 193 juta unit pada Maret 2019. Tidak hanya itu, iPhone juga memiliki basis pengguna yang loyal akan brand mereka.

Dengan jumlah pengguna yang meningkat, tentunya pengguna aplikasi iMessage secara luas terus mengalami kenaikan. Ini merupakan peluang baru dalam menjalankan bisnis agar lebih dekat lagi dalam menjangkau pelanggan Anda.

Selain itu, saat ini pelanggan lebih memilih untuk terlibat secara langsung melalui aplikasi chat. Dan Apple business chat kini menawarkan cara interaktif serta pribadi agar Anda dapat terhubung dengan pelanggan sembari menghormati privasi mereka masing-masing.

Apa itu Apple business chat?

Platform ini merupakan cara terbaru bagi bisnis untuk terlibat secara langsung dengan pelanggan melalui iMessage yang merupakan layanan instant messenger milik Apple. Serupa dengan WhatsApp, layanan ini juga menggabung beberapa fitur yang memudahkan akses Anda dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan.

Apple memungkinkan bagi bisnis untuk menjawab pertanyaan pelanggan, membantu membuat janji temu, dan mengelola pembayaran melalui fitur Apple pay. Ini juga membuka probabilitas agar bisnis Anda mulai dikenal oleh pengguna Apple melalui percakapan via Siri, atau melalui Safari, Maps, dan Search.

Dengan segenap fitur yang dimilikinya, Apple akan menambah kekayaan visual pada bisnis Anda. Tidak hanya melalui iPhone semata, akan tetapi percakapan juga bisa dilakukan di Mac, iPad, dan bahkan Apple Watch.

Fitur terbaik yang diberikan Apple kepada bisnis Anda adalah kemampuan untuk membangun komponen interaktif melalui aplikasi livechat. Misalnya, Anda bisa mengelola Apple Pay atau menambahkan template konten terstruktur seperti memilih daftar (item produk) dan memilih waktu (slot janji temu) yang dapat diklik melalui aplikasi pesan tersebut.

Apple business chat juga bisa diintegrasikan dengan Customer Service Platform (CSP) terkemuka seperti Freshchat. Integrasi ini akan memudahkan Anda meningkatkan kualitas dukungan pelanggan. Selain itu juga memudahkan bisnis Anda dalam menawarkan dukungan yang efisien melalui desain perangkat interface yang aman dan mudah digunakan.

Apa yang ditawarkan Apple business chat terhadap bisnis Anda?

Untuk memudahkan Anda, ringkasannya adalah sebagai berikut:

  • Menawarkan user experience (pengalaman pengguna) yang dipersonalisasi dengan lintas saluran tersedia.
  • Menawarkan berbagai layanan melalui asisten virtual.
  • Memudahkan aksesibilitas pelanggan dalam proses pesan-memesan produk yang Anda tawarkan.
  • Menerima pembayaran secara langsung melalui Apple pay.
  • Dapat diintegrasikan dengan platform layanan pelanggan Anda yang telah ada sebelumnya.

Mari mulai memasarkan bisnis Anda melalui Apple business chat

Tidak seperti platform lainnya, menggunakan akses Apple business chat untuk mengembangkan bisnis Anda bukan hal yang mudah. Untuk memulainya, terlebih dahulu Anda harus memastikan bisnis Anda memenuhi syarat pendaftaran yang berlaku.

Apple mengharuskan bisnis Anda untuk:

  • Menggunakan platform pesan yang harus dikelola agen secara langsung selama jam kerja.
  • Menggunakan akun CSP resmi Apple, seperti Freshchat untuk obrolan tim Anda secara langsung.

Proses pendaftaran mengharuskan Anda untuk mendata bisnis di Apple maps, ini agar bisnis Anda dengan mudah dapat ditemukan oleh pengguna iPhone. Secara default ini juga akan membuat bisnis Anda ditemukan secara langsung oleh Siri.

Cara mendaftarkan bisnis:

  • Buat ID Apple untuk perusahaan dan anggota bisnis Anda.
  • Apply akun business chat Anda dengan Apple business register.
  • Isi formulir pada semua informasi penting yang dibutuhkan.
  • Pilih saluran CSP Anda.
  • Klik submit for review.

Setelah Apple menyetujui aplikasi, maka Anda mulai menggunakan Apple business chat untuk mengembangkan bisnis Anda, khususnya bagi pengguna produk Apple di manapun. Penting untuk diingat; di sini Anda tidak dapat memulai percakapan dengan pelanggan. Anda hanya bisa menanggapi permintaan pelanggan.

Selain itu, pelanggan bisa menemukan bisnis Anda secara online, dan menekan ikon business chat untuk memulai obrolan langsung.

Dukung percakapan Apple business Anda dengan Freshchat

Freshchat adalah satu dari beberapa aplikasi perpesanan yang telah terintegrasi dengan Apple business chat. Berikut beberapa manfaat menggunakan Freshchat sebagai CSP Anda di Apple business chat:

  • Freshchat mampu menanggapi semua pesan layanan pelanggan yang tersedia di iMessage, WhatsApp, dan Facebook dengan satu saluran yang sama.
  • Otomatiskan obrolan dengan tim/agen yang tepat untuk mendistribusikan beban pekerjaan secara merata.
  • Terapkan konteks sistem manajemen Customer Relationship Management (CRM) dengan pesan Anda yang telah diintegrasikan ke Freshchat.
  • Dapatkan laporan terperinci dan khusus untuk mengukur kinerja yang terkait dengan proses pengiriman pesan.
  • Gunakan chatbots (agen virtual) untuk berinteraksi dengan pelanggan sebelum pelanggan Anda berinteraksi langsung dengan agen Anda.

Sebagaimana yang dituliskan Manish Nepal dalam blog resmi Freshchat, beberapa pelanggan telah menerapkan cara ini/mengembangkan bisnis melalui Apple business chat yang telah diintegrasikan dengan Freshchat untuk meningkatkan customer experience (pengalaman pelanggan).

Ada banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh bisnis Anda melalui Apple business chat yang telah diintegrasikan dengan Freshchat, karena telah ada jutaan orang yang menggunakan iMessage sebagai platform obrolan sehari-hari mereka.

Tertarik untuk mengembangkan bisnis Anda melalui Apple business chat? Tunggu apa lagi? Lebarkan jejak bisnis Anda di kalangan pengguna Apple yang terus meningkat dari hari ke hari. Hubungi segera tim profesional kami melalui link di bawah ini.

Note: Sebagian artikel ini bersumber dari blog Freshchat.