Facebook Messenger

Optimalkan Facebook Messenger untuk Bisnis Anda

Facebook messenger hadir untuk mempermudah Anda mengembangkan bisnis. Meski banyak yang berkata memulai bisnis dan mengembangkannya tidak bisa dianggap mudah. Ibarat tugas Sisifus yang tidak akan pernah berakhir dalam mitologi yang dituliskan Albert Camus. Tidak peduli seberapa keras kita mencoba, bola terkadang menggelinding kembali ke dasar tempat awal kita memulai segalanya.

Mengantisipasi proses menggelindingnya bola menuju dasar, pada 2018 silam, langkah baik dicoba oleh HappyShocks–pengecer kaos kaki online asal Swedia. Saat itu mereka mencoba cara baru dalam meningkatkan laju penjualan ketika Natal dan Valentine.

HappyShocks paham pencarian hadiah di menit-menit terakhir sangat krusial. Oleh karena itu mereka merasa perlu terlibat langsung dengan target pasar (konsumen) dengan cara yang menarik dan menyenangkan, maka diputuskanlah untuk menggunakan Facebook Messenger. Dan hasilnya, sebagaimana yang dituliskan Facebook secara resmi, mereka menuai laba yang cukup besar.

Perlu diketahui, aplikasi berbalas pesan seperti WhatsApp dan Facebook Messenger dengan cepat mampu menjadi key marketing bagi produk-produk terkenal di dunia. Hal ini dikarenakan basis penggunanya yang terus meningkat setiap saat hampir di seluruh penjuru dunia.

Hingga Februari 2018, Facebook Messenger merupakan aplikasi jejaring sosial terkemuka di Amerika Serikat dengan 2,3 juta unduhan di Apple Store dan 103,55 juta pengguna aktif dalam skala bulanan. Bahkan hampir 8 miliar pesan silih berganti dikirim antar sesama penggunanya.

Di lingkup global Facebook Messenger kini telah memiliki basis pengguna yang secara eksponensial nomor dua setelah WhatsApp. Hal ini tentunya ceruk terbaik untuk mencari keuntungan dalam mengembangkan atau memasarkan produk Anda secara online di Facebook Messenger.

Akses Facebook Messenger yang mudah, dengan skala global dan biaya yang dikeluarkan cukup irit tanpa harus menempuh jarak puluhan kilometer untuk bertemu konsumen, membuat aplikasi ini menjadi arena bermain yang menarik untuk mengembangkan bisnis Anda.

Cara memasarkan bisnis Anda melalui Facebook Messenger

Mulai menggunakan Facebook Messenger untuk mengembangkan bisnis Anda bukan suatu hal yang sulit. Anda hanya perlu menggunakan halaman bisnis Facebook yang telah ada atau membuat yang baru.

Banyak orang mengatakan, menggunakan halaman bisnis Facebook turut memberi keuntungan tersendiri. Kita bisa menggunakan fitur iklannya, pun kita juga bisa mendapatkan laporan tentang pemasaran, dan membangun komunitas tentang brand yang kita miliki.

#1 Tambahkan Facebook Messenger ke halaman bisnis atau situs web perusahaan

Anda dapat menambahkan Facebook Messenger ke halaman bisnis Facebook atau ke situs Web perusahaan, tergantung mana yang menurut Anda memiliki trafik yang layak untuk membantu pemasaran. Oh ya, gunakan juga plugin yang tersedia di platform messenger untuk mengintegrasikan langsung Facebook Messenger ke halaman khusus yang anda inginkan.

#2 Tetapkan dan aktifkan respons pintas

Berkirim pesan adalah cara membangun kepercayaan. Dalam sebuah penelitian resmi pihak Facebook berdasarkan responden survei, dikatakan bahwa: “mengirimkan pesan-pesan bisnis kepada pengguna akan menciptakan kepercayaan terhadap brand yang anda miliki”.

Salah satu alasan pelanggan lebih senang berkomunikasi melalui aplikasi pengolah pesan adalah karena mereka merasa percakapan tersebut nyata. Hal ini sama seperti saat pelanggan berbincang-bincang dengan sahabatnya melalui jejaring pertukaran pesan di media sosial.

Facebook Messenger

Persoalannya adalah Anda tidak akan bisa online 24 jam setiap hari, sehingga direkomendasikan untuk menggunakan pengaturan pesan mendasar dengan mode percakapan normatif seperti biasa, contohnya: salam pribadi, pesan selamat datang, sampai jumpa kembali atau selamat pergi, serta mengatur waktu khusus untuk membalas pesan tersebut dan lain-lainnya.

#3 Menyewa chatbot interaktif

Cara lain menambah kemampuan Anda di Facebook Messenger adalah dengan menggunakan chatbot untuk mengotomatisasi beberapa hal yang biasa ditangani oleh tim kerja Anda, seperti dukungan pelanggan, pemasaran otomatis dan promosi acara.

#4 Aktifkan ad campaign

Selain keterlibatan dan dukungan secara organik dalam pemasaran, menggunakan fitur ad campaigns di Facebook Messenger juga akan sangat membantu–polanya sama dengan Facebook ads, tapi ini akan memberikan hasil yang lebih baik.

Studi terbaru menampilkan beberapa pengalaman bot yang lebih baik di Messenger berada di angka 80%-90%. Sementara pengalaman yang tidak menyenangkan rata-rata kisaran 35%-40%. Setidaknya fitur ad campaign akan mempermudah Anda dalam mengejar pasar via Facebook Messenger.

Ad Campaign

Fitur ad campaign ini juga cukup hit di kalangan pengguna Facebook Messenger karena sifatnya yang lebih personal serta hiper-lokal, dalam artian Facebook Ads Manager akan membiarkan Anda memilih wilayah ad campaign (geografis).

Membuat campaign di Facebook Messenger tidak akan serumit ketika Anda mengurus persoalan administrasi di kantor pemerintahan. Ini semudah Anda mendaftarkan diri untuk membuat akun Facebook untuk pertama kali. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka halaman Facebook Ads Manager
  2. Pilih apa yang menjadi tujuan Anda dan klik Lanjutkan
    • Jika Anda memilih tujuan menginstall aplikasi, maka Anda bisa langsung menuju langkah nomor #4
  3. Kini Anda tinggal melengkapi bagian Tujuan itu jika Anda ingin memilih traffic, konversi, atau pesan
    • Jika Anda memilih Messenger atau Whats-app, maka user akan dapat memulai percakapan ketika mereka mengklik tombol call-to-action button (ajakan bertindak)
    • Kalau memilih Situs Web, maka browser Messenger akan membuka situs web Anda ketika orang mengklik ajakan bertindak dalam tampilan yang lebih detail.
    • Sementara ketika memilih Aplikasi, maka aplikasi bisnis Anda akan terbuka saat orang mengklik ajakan bertindak Anda.
  4. Pilih Penempatan Otomatis atau Edit Penempatan jika diinginkan
    • Bagian ini didesain untuk menampilkan impresi iklan ke penempatan yang paling mungkin mendorong campaign dengan biaya terendah.
  5. Tetapkan target audiens Anda, anggaran iklan, jadwal dan klik Next
  6. Pilih format iklan
  7. Klik selesai untuk mengakhiri proses pengeditan
  8. Klik Place Order untuk menayangkan iklan

Gunakan Freshchat karena telah terintegrasi secara langsung ke Facebook Messenger dan WhatsApp

Untuk meningkatkan performa atau mengembangkan bisnis anda melalui Facebook Messenger, akan sangat mudah jika Anda menggunakan aplikasi pesan modern yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan secara langsung. Aplikasi itu bernama Freshchat, dan dengan mudah akan langsung terintegrasi pada Facebook Messenger dan juga WhatsApp–dua aplikasi chatting terbesar di dunia.

Freshchat menawarkan paket lengkap untuk bisnis Anda. Dalam satu aplikasi Anda bisa langsung mengembangkan produk Anda ke-dua aplikasi berbalas pesan terbesar ini. Banyak yang mengabarkan bahwa Facebook Messenger akan mampu memberi dampak yang luar biasa untuk pertumbuhan bisnis Anda, dan menggunakan Freshchat akan dapat membantu Anda memanfaatkan peluang ini dengan membawa kebutuhan pengiriman pesan hanya melalui satu aplikasi.

Dengan Freshchat Anda bisa memaksimalkan waktu untuk merespons pelanggan dan calon pelanggan lebih banyak lagi. Aplikasi ini diciptakan untuk menghasilkan prospek yang lebih baik.

Ingin mencoba Freshchat? Konsultasikan pada tim profesional kami melalui link di bawah ini.

Sign Up for Free

Sumber: Freshchat