Memanfaatkan Talenta yang Tepat untuk Pertumbuhan Perusahaan Anda

Di balik setiap bisnis yang sukses, pasti ada tim hebat di dalamnya. Anda boleh bilang kalau ide bisnis yang cemerlang itu sangat penting, namun ide paling cemerlang pun tidak akan pernah berjalan, jika tidak ada tim yang berkontribusi untuk merealisasikan ide tersebut. Karena itu, pada akhirnya, Anda tetap membutuhkan talenta yang tepat dalam mencapai pertumbuhan perusahaan manapun. Untuk informasi, Pete Cashmore, CEO dari Mashable, pernah menyampaikan kalau eksekusi dari sebuah tim adalah apa yang benar-benar menentukan sebuah perusahaan akan bertumbuh atau tidak.

“Merawat” talenta yang tepat untuk membentuk tim yang hebat dan melaksanakan ide perusahaan Anda secara baik dan efektif adalah tujuan Anda. Namun, sebagian besar dari Anda pasti setuju kalau menemukan talenta yang tepat untuk sebuah tim adalah tugas yang tidak mudah, apalagi ketika perusahaan Anda masih dalam tahap merintis atau bisa disebut sebagai startup. CB Insights pernah menuliskan sebuah laporan terkait apa alasan sebuah bisnis gagal berkembang.

Persentase tertinggi sebesar 38% ditempati oleh “kehabisan dana dari sisi internal atau investor”. Di peringkat tengah-tengah, sebesar 14% ditempati oleh sebuah alasan bernama “tim yang tidak tepat”. Oleh karena itu, penting untuk menekankan ke kita semua bahwasanya merekrut talenta yang tepat itu harus dipikirkan sejak awal. Kembali, semua ini tidak mudah dilakukan, hence Anda membutuhkan solusi yang satu ini.

Talenta Tepat untuk Pertumbuhan Perusahaan di Indonesia

Asian Development Bank dan Linkedin, 2022 kemarin, pernah membuat laporan terkait kebutuhan talenta di beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia. 

70% pemberi kerja di negara berkembang (Bangladesh, Indonesia, Filipina dan golongannya) menyatakan, dalam 5 tahun terakhir dan mungkin seterusnya, mereka butuh pekerja dengan kemampuan digital dasar di semua jenis industri, bahkan untuk industri pertambangan sekalipun. Di sisi lain, negara-negara maju seperti Singapura dan Australia, mereka lebih banyak membutuhkan talenta yang memiliki keterampilan manajemen.  

Kemudian, perlu digarisbawahi, keterampilan digital dasar ini masih “filter” yang paling awal. Anda masih perlu memikirkan lagi “filter” mana yang bisa menyaring talenta-talenta itu demi mencapai pertumbuhan perusahaan Anda. Berangkat dari keresahan ini, Weefer Indonesia dan SAP SuccessFactors mengadakan sebuah event bertajuk “Harnessing the Right Talent for Your Company Growth” pada 19 Oktober 2023 yang berlokasi di Kantor SAP Indonesia di Jakarta Selatan.

Sorotan Utama dari Diskusi Talenta untuk Pertumbuhan Perusahaan

Nova Silalahi: Sudah mulai banyak CEO yang sadar akan pentingnya Human Capital

Beberapa perwakilan industri pertambangan Indonesia menjadi tamu undangan dalam sesi meeting santai dan serius kali ini. Diskusi dimulai dengan penjelasan dari Nova Silalahi, Customer Success Director dari SAP SuccessFactors Southeast Asia.

pertumbuhan perusahaan menggunakan SuccessFactors
Nova Silalahi (kanan), Customer Success Director SAP SuccessFactors Indonesia

Sebuah statistik yang disadur dari berbagai sumber menyatakan kalau 52% CEO merasa jika sejumlah pekerja mereka itu kurang keterampilannya dalam menghadapi tantangan bisnis era berikutnya. Kurangnya keterampilan ini, jelas, akan menimbulkan efek negatif ke bisnis mereka.

Karena itu, mereka ingin melakukan upskill atau mungkin juga reskill untuk mengatasi hal ini. Namun, perlu diingat kalau tidak semua talenta Anda bisa mendapatkan ini. Maksudnya begini, ada talenta yang butuh di-reskill karena dia dibutuhkan di bagian lain. Ada juga talenta yang butuh di-upskill karena dia diproyeksikan untuk memimpin sebuah tim atau cabang baru.

Nah, proses menyeleksi talenta yang tepat inilah yang membuat beberapa perusahaan merasa kesulitan karena mereka tidak punya sebuah sistem solusi pengelolaan talenta. Dulunya seperti itu, namun sekarang para pemimpin eksekutif ini sudah mulai sadar akan hal ini. 72% CEO mengaku kalau mereka sudah atau sedang melakukan investasi untuk meningkatkan kualitas keterampilan Manajemen Human Capital mereka.

Semakin baik kualitas manajemen human capital, maka semakin baik pula kualitas pengelolaan talenta di dalamnya. Dan, pada akhirnya, talenta yang berkualitas adalah salah satu fondasi dari pertumbuhan perusahaan manapun.

Maria Fransiska: Menciptakan karyawan bertalenta untuk dikembangkan menjadi tonggak pertumbuhan perusahaan

pertumbuhan perusahaan dimulai dari karyawan
Maria Fransiska (tengah), Senior Account Manager Weefer Indonesia

Diskusi berikutnya dilanjutkan oleh Maria Fransiska, Senior Account Manager dari Weefer Indonesia. Di sini, Bu Maria menjelaskan ke semua tamu undangan terkait berbagai fitur dari SAP SuccessFactors. Fitur dari sistem solusi ini bisa mengatasi keresahan yang sedang dihadapi para perwakilan industri pertambangan terkait menemukan dan merawat talenta yang tepat.

Dari berbagai fitur solusi yang tersedia, ada 2 yang paling mendapatkan perhatian. Dua fitur tersebut adalah dan HR Analytic & Workforce Planning dan Talent Management.

Fitur analytic and planning memiliki 3 inti fungsi, analisis, pelaporan dan perencanaan. Secara garis besar, Anda bisa melakukan analisis dan forecasting terkait tren rekrutmen, kondisi kinerja karyawan, persentase turnover dan beberapa lainnya. Berbagai predefined metriks HR juga bisa Anda manfaatkan di sini sesuai kebutuhan. Semua kemampuan ini tersedia untuk Anda, supaya Anda senantiasa mendapatkan berbagai wawasan tenaga kerja yang tepat, cepat dan relevan.

Fitur talent management merupakan solusi all-in-one terkait pengelolaan talenta Anda. Fase rekrutmen, orientasi (onboarding), manajemen kinerja, learning, kompensasi dan succession and development adalah apa yang bisa Anda dapatkan dalam fitur ini. Semua rangkaian fitur ini bisa Anda terapkan demi menemukan dan “merawat” talenta yang bisa dikembangkan untuk mencapai pertumbuhan perusahaan.

Kemudian, diskusi dilanjutkan oleh salah satu undangan yang sudah menerapkan sistem solusi SAP SuccessFactors di dalam perusahaan tambangnya.

PT Putra Perkasa Abadi: Performance Management dan Succession and Development Adalah Apa yang Kami Cari

Sekilas informasi untuk Anda, PT Putra Perkasa Abadi adalah salah satu perusahaan dan kontraktor pertambangan batu bara di Indonesia. Kantor pusat dari PT ini terletak di Kebayoran Baru Jakarta.

Foto bersama para undangan di kantor SAP
Para tamu undangan dan tim SAP SuccessFactors | Weeefer Indonesia

Pada awalnya, sekitar tahun 2002, PPA ini hanya fokus ke menyediakan layanan sewa-menyewa alat berat untuk proses penambangan. Setelah beberapa lama, PT ini mendapatkan akhirnya IUJP atau Izin Usaha Jasa Penambangan. Kemudian, di tahun 2023, PT ini mendapatkan penghargaan sebagai pemegang IUJP terbaik dari 65 perusahaan pertambangan lainnya. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada acara Good Mining Practice Award 2023.

Dengan perkembangannya yang signifikan ini, PPA jelas membutuhkan berbagai sistem solusi untuk melancarkan operasional dan pengelolaan talentanya. Di sinilah, SAP SuccessFactors, yang dibantu implementasinya oleh tim Weefer, menunjukkan fungsi dan fiturnya di PPA. Mari kita simak dengan singkat solusi apa saja yang digunakan PPA.

Dulunya, setiap langkah pengelolaan kinerja karyawan PPA itu ditulis secara manual di spreadsheet. Setelah menggunakan sistem ini, semuanya dapat terekam dengan baik via sistem ini. Hal ini benar-benar memudahkan para team leader dalam memantau kinerja timnya.

  • Continuous Performance Management membantu meningkatkan employee engagement

Continuous feedback, achievement, dan meeting view adalah beberapa aktivitas yang bisa dikelola SAP SuccessFactors dalam rangka meningkatkan kualitas hubungan antara PPA dan pekerjanya. 

  • Modul Succession and Development membantu PPA mencari kandidat untuk Key Position

Di sini, Anda bisa menilai potensi karyawan secara objektif sehingga Anda dapat mengidentifikasi, mengembangkan, dan mempertahankan karyawan yang Anda butuhkan untuk mencapai pertumbuhan perusahaan.

Jadi, Apakah Anda yang Selanjutnya?

PT Putra Perkasa Abadi sudah merasakan manfaat positif dari sistem solusi ini dan 9 industri pertambangan lainnya mulai tertarik dengan hal ini. Pertanyaan penting selanjutnya adalah….. Apakah Anda mau ikut dalam transformasi ini? 

Silakan reach kami untuk berdiskusi lebih lanjut terkait hal ini. Semoga bisa membantu dan terima kasih.

A. Alfan Alif

Categories:

Events Featured

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts