25 Benefit Kerja Paling Diincar Karyawan, HR Wajib Tahu!

Mohamad Krisna

Share on:

Benefit adalah keuntungan yang didapat karyawan selain hak pokok mereka layaknya gaji. Tidak jarang, dari sekian banyak pekerja yang mencoba mencari tahu tentang benefit karyawan yang bisa mereka dapatkan. 

Bagi karyawan, benefit adalah salah satu faktor penentu atas produktivitas dan kemungkinan mereka akan menerima pekerjaan tersebut atau tidak.

Benefit karyawan juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi karyawan yang akan mengisi sebuah posisi pada perusahaan. Di samping gaji pokok yang sudah menjadi hak pekerja tentu saja. Dan tentunya, benefit ini tidak hanya sebatas gaji lho, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Pengertian Benefit Karyawan

employee benefit adalah incaran karyawan

Sebagian orang mungkin belum memahami tentang benefit karyawan itu sendiri. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai benefit atau tunjangan karyawan, artikel ini akan membahas pengertian dari benefit karyawan itu sendiri.

Menurut Indeed, benefit adalah bentuk penghargaan yang diterima karyawan selain gaji pokok dan hak pokok lainnya yang sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk memberikan. Hak pokok ini seperti BPJS, uang lembur, dan hak pokok lainnya. 

Benefit karyawan ini biasanya mencakup asuransi kesehatan, perawatan gigi dan mata, asuransi jiwa dan perencanaan pensiun. 

Namun, ada banyak lagi jenis benefit dan fasilitas yang dapat dipilih oleh perusahaan untuk diberikan kepada tim mereka. Perlu dicatat bahwa banyak benefit yang ditawarkan perusahaan hanya tersedia untuk karyawan tetap.

Perlu diingat juga, karena benefit adalah pendapatan non-upah, maka peraturan benefit dan kebijakannya bisa saja berbeda antar perusahaan. Lalu, seperti apa saja benefit yang paling diincar karyawan? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

1. Asuransi Kesehatan

25 benefit kerja paling diincar karyawan di Indonesia

Asuransi kesehatan adalah benefit karyawan yang paling umum ditawarkan oleh perusahaan. Biasanya, asuransi kesehatan karyawan menanggung biaya terkait dengan kunjungan dokter, pemeriksaan rutin, dan prosedur medis dasar. Ini juga mencakup kunjungan ruang gawat darurat dan banyak jenis prosedur pembedahan.

2. Asuransi Dokter Gigi

Banyak perusahaan menawarkan asuransi dokter gigi sebagai bagian dari keseluruhan benefit kesehatan karyawan mereka, tetapi terkadang asuransi gigi merupakan benefit terpisah. 

Bergantung pada tempat kerja Anda, Anda mungkin memiliki paket benefit lengkap yang mencakup asuransi kesehatan atau gigi, atau dua polis asuransi terpisah untuk rencana kesehatan dan gigi Anda.

Benefit ini umumnya mencakup pemeriksaan gigi rutin, pembersihan dan rontgen, serta prosedur gigi seperti perawatan saluran akar, tambalan, dan operasi mulut.

3. Asuransi Mata

Asuransi mata biasanya merupakan program asuransi terpisah di luar benefit kesehatan karyawan. Pemeriksaan mata, resep lensa, prosedur mata, dan pemeriksaan rutin untuk kesehatan mata adalah prosedur umum yang ditanggung oleh program asuransi mata. 

Program semacam ini biasanya menanggung pemeriksaan mata sekali dalam setahun.

Baca Juga: 6 Tunjangan Karyawan Terbaik untuk Perusahaan Anda

4. Dana Pensiun

Saat ini, banyak perusahaan asuransi yang menawarkan program dana pensiun, seperti BPJS Ketenagakerjaan. Sudah banyak perusahaan profesional yang memanfaatkan produk ini untuk memberikan ketenangan dan loyalitas bagi para karyawannya.

Dana pensiun merupakan investasi penting bagi karyawan dan perusahaan. Memberikan benefit ini dapat meningkatkan loyalitas dan produktivitas karyawan, serta meminimalisir turnover.

5. Asuransi Jiwa

Banyak perusahaan yang menawarkan program asuransi jiwa sebagai bagian dari paket benefit karyawan. Biasanya, asuransi jiwa ini berupa asuransi jiwa berjangka kelompok (group-term life insurance).

Artinya, perusahaan asuransi menyediakan kontrak induk kepada perusahaan yang memperluas cakupan asuransi jiwa ke semua karyawan dan berlaku untuk jangka waktu tertentu. 

Umumnya, masa berlaku asuransi jiwa ini sama dengan durasi kerja karyawan di perusahaan tersebut. Paket asuransi jiwa lain mungkin tersedia tergantung pada perusahaan, tetapi program asuransi jiwa berjangka kelompok biasanya lebih murah daripada polis asuransi individual.

6. Benefit Apotek dan Resep

Banyak program asuransi kesehatan menawarkan benefit resep, seperti biaya sendiri yang lebih rendah untuk obat-obatan, bahkan resep tanpa biaya.  Benefit farmasi ini biasanya memiliki daftar obat (plan formulary) beserta tingkatan harga (tiered pricing) untuk obat resep.

Daftar obat (plan formulary) mencantumkan obat-obatan yang tersedia di bawah program resep spesifik Anda dan biasanya mencakup obat-obatan yang diperlukan untuk penyakit kronis dan akut.

Selain itu, sebagian besar program resep menawarkan tiga tingkatan harga obat yang berbeda, dengan obat generik sebagai pilihan dengan biaya terendah. Biaya sendiri untuk obat resep tertentu dapat bervariasi, tergantung pada tingkatan di mana obat tersebut terdaftar.

7. Layanan Spesialis

Dalam banyak paket benefit karyawan, layanan spesialis, termasuk rujukan dari dokter perawatan primer, turut menjadi bagian penting.  

Mulai dari layanan kesehatan kulit (dermatologi) hingga ahli tidur, banyak pilihan asuransi kesehatan yang mencakup pemeriksaan dan prosedur spesialis non-rutin. Hal ini dapat bermanfaat bagi karyawan yang membutuhkan perawatan khusus untuk kondisi kesehatan mereka.

8. Layanan Kesehatan Mental

Beberapa program asuransi kesehatan karyawan juga mencakup perawatan kesehatan mental dan emosional. Paket asuransi ini dapat menanggung:

  • Konsultasi dengan praktisi kesehatan mental (psikolog, psikiater, konselor)
  • Layanan terapi perilaku dan kognitif
  • Konseling untuk mengatasi duka cita, perceraian, dan masalah keluarga
  • Resep obat untuk kondisi kesehatan mental

9. Tunjangan Jabatan

Menjadi karyawan yang sukses dan membangun karier jangka panjang membutuhkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi. Dedikasi berarti mengerahkan seluruh kemampuan dan usaha untuk mencapai tujuan perusahaan. Loyalitas berarti menunjukkan komitmen dan kesetiaan kepada perusahaan, bahkan di saat situasi sulit sekalipun.

Tanggung jawab besar adalah bagian tak terpisahkan dari pekerjaan. Karyawan harus mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tepat waktu, serta menjaga profesionalisme dalam bekerja. Perusahaan menghargai karyawan yang berdedikasi, loyal, dan bertanggung jawab.

Sebagai bentuk apresiasi, beberapa perusahaan memberikan tunjangan jabatan kepada karyawannya. Tunjangan ini biasanya diberikan ketika karyawan naik jabatan atau mencapai pencapaian tertentu. Besaran tunjangan jabatan bervariasi tergantung pada kebijakan perusahaan dan tingkat jabatan karyawan.

10. Tunjangan Makan

Banyak perusahaan di Indonesia menawarkan tunjangan makan sebagai salah satu benefit bagi karyawannya. Tunjangan ini bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan makan karyawan selama jam kerja.

Pemberian tunjangan makan dalam bentuk uang memberikan fleksibilitas bagi karyawan untuk memilih makanan sesuai selera dan kebutuhan mereka. Di sisi lain, catering memastikan karyawan mendapatkan makanan yang bergizi dan higienis.

Dengan memberikan tunjangan makan yang efektif, perusahaan dapat meningkatkan motivasi dan produktivitas karyawan, serta membangun citra perusahaan yang positif.

11. Tunjangan Hari Raya

Benefit ini adalah benefit yang cukup banyak diincar karyawan. Benefit ini merupakan hadiah istimewa yang diberikan perusahaan kepada karyawannya menjelang hari-hari besar keagamaan, seperti Idul Fitri, Natal, dan Imlek. THR merupakan bentuk penghargaan atas dedikasi dan kerja keras karyawan selama setahun.

Bagi banyak karyawan, THR menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Dengan jumlahnya yang cukup besar, THR dapat membantu meringankan pengeluaran di hari raya, seperti membeli baju baru, menyiapkan hidangan, atau memberikan hadiah kepada keluarga.

12. Uang Transportasi

Banyak karyawan yang memiliki tempat tinggal jauh dari lokasi kerja mereka. Hal ini tentunya membutuhkan biaya transportasi yang tidak sedikit.

Untuk membantu meringankan beban karyawan, beberapa perusahaan memberikan tunjangan transportasi. Tunjangan ini dapat membantu karyawan memenuhi kebutuhan transportasi mereka untuk berangkat dan pulang kerja.

Tunjangan transportasi dapat diberikan dalam dua bentuk:

Uang: Karyawan diberikan uang tunai yang dapat digunakan untuk membayar biaya transportasi, seperti bensin, ongkos angkutan umum, atau taksi.

Layanan ojek online: Perusahaan menyediakan layanan ojek online yang dapat digunakan karyawan untuk berangkat dan pulang kerja. Biaya ojek online ini biasanya dapat direimburse oleh karyawan.

13. Waktu Istirahat Berbayar

Selain tunjangan kesehatan, sebagian besar perusahaan menawarkan waktu istirahat berbayar (paid time off, PTO) yang memungkinkan karyawan untuk menjadwalkan hari libur pribadi dari pekerjaan. 

Biasanya, jumlah PTO meningkat dengan jumlah jam tertentu, yang diperoleh karyawan setiap periode penggajian. Jumlah jam yang dapat Anda peroleh per periode dapat bervariasi antar pemberi kerja. Ini seringkali tergantung pada lamanya waktu seorang karyawan bekerja untuk pemberi kerja mereka.

14. Liburan Berbayar

Secara umum, akumulasi waktu liburan (vacation time accrual) adalah benefit karyawan yang bisa menjadi pilihan selain PTO (paid time off). Karyawan yang memiliki jatah liburan akan mengumpulkan sejumlah jam tertentu setiap periode pembayaran, mirip dengan akumulasi jatah cuti berbayar.

Salah satu perbedaan utama antara program PTO dan jatah liburan berbayar adalah karyawan dapat menggunakan PTO untuk segala jenis cuti dari pekerjaan, sedangkan jatah liburan hanya dapat digunakan untuk liburan. Ketika perusahaan menawarkan jatah liburan, mereka biasanya juga menawarkan cuti sakit berbayar.

15. Cuti Sakit Berbayar

Banyak perusahaan menawarkan cuti sakit berbayar. Karyawan mengumpulkan sejumlah jam tertentu setiap periode pembayaran, sama seperti PTO atau jatah cuti liburan berbayar. 

Namun, hari sakit biasanya merupakan tunjangan terpisah yang digabung dengan cuti liburan berbayar. Selain itu, perusahaan yang menyediakan cuti sakit berbayar pada umumnya juga menyertakan jatah cuti liburan berbayar dalam paketnya. Kombinasi benefit ini menggantikan PTO (paid time off) secara keseluruhan.

16. Perpanjangan Cuti

Cuti panjang berbeda dengan akumulasi cuti sakit berbayar, dan ini berlaku untuk ketidakhadiran dalam waktu lama dari pekerjaan karena alasan medis.

Seringkali, perusahaan menawarkan tunjangan cuti panjang yang membayar gaji karyawan untuk waktu istirahat lebih dari 15 hari berturut-turut.

Perusahaan juga memungkinkan mengharuskan karyawan untuk memberikan pemberitahuan tentang ketidakhadiran mereka yang diperpanjang bersama dengan dokumentasi prosedur medis apa pun yang mereka alami selama mereka pergi.

17. Cuti Keluarga

Bersamaan dengan cuti panjang, banyak paket tunjangan karyawan yang mencakup rencana cuti keluarga. Cuti keluarga mencakup tunjangan ketidakhadiran yang diperpanjang, seperti cuti hamil dan cuti ayah, untuk saat orang tua menyambut bayi baru mereka. 

Bergantung pada perusahaan pemberi kerja, karyawan dapat mengambil cuti hingga 12 minggu dari pekerjaan untuk tinggal bersama keluarga dan bayi mereka.

Baca Juga: Perlu Cuti Mendadak? Ini 10 Alasan Izin Tidak Masuk Kerja

18. Benefit Disabilitas

Tunjangan disabilitas menjamin gaji karyawan jika mereka mengalami cedera atau sakit dan tidak bisa bekerja. Beberapa pemberi kerja mungkin menawarkan program asuransi disabilitas sementara yang memberikan dukungan pendapatan kepada karyawan yang mengalami cedera atau penyakit di luar pekerjaan. 

Meskipun tunjangan disabilitas dapat bervariasi antara pemberi kerja, banyak yang menawarkan beberapa bentuk perlindungan disabilitas jangka pendek jika Anda terluka saat bekerja.

19. Kompensasi Pekerja

Program kompensasi pekerja biasanya menjadi bagian dari paket tunjangan karyawan pada umumnya. Kompensasi pekerja mencakup kecelakaan, penyakit, dan cedera yang dialami saat bekerja. Manfaat ini seringkali menawarkan pertanggungan hingga 100 minggu, tergantung pada rencananya.

20. Tunjangan Hidup

Beberapa perusahaan menawarkan tunjangan hidup sebagai bagian dari paket tunjangan mereka, terutama jika karyawan mungkin harus pindah untuk mengisi posisi di perusahaan.

Bergantung pada perusahaannya, karyawan dapat menerima tunjangan bulanan atau tahunan yang mencakup beberapa biaya hidup seperti biaya pindah, pengaturan kantor di rumah, tanggungan utilitas, dan sewa.

21. Beasiswa Pendidikan

Tergantung pada perusahaan tempat Anda bekerja, Anda mungkin bisa menerima bantuan biaya kuliah atau beasiswa. Banyak perusahaan mengembangkan program beasiswa yang memungkinkan karyawan untuk kembali ke sekolah atau menyelesaikan gelar mereka. 

Jumlah yang Anda terima dapat berbeda-beda tergantung pada pemberi kerja, program beasiswa mereka, dan cara mereka mendanai program beasiswa tersebut.

22. Pelatihan dan Pengembangan

Banyak perusahaan membiayai karyawan mereka untuk menghadiri pelatihan dan pengembangan profesional.  

Selain itu, mungkin menjadi persyaratan bagi karyawan baru untuk menghadiri pelatihan karyawan baru, dan pemberi kerja yang membayar untuk ini.  

Keuntungan lain yang mungkin ditawarkan pemberi kerja bersama dengan pelatihan berbayar adalah pengembangan profesional berbayar, di mana karyawan dapat menghadiri pengembangan wajib tanpa khawatir harus menggunakan cuti mereka atau hari libur untuk menghadiri acara tersebut.

23. Biaya Perjalanan

Banyak perusahaan mengharuskan eksekutif dan profesionalnya untuk melakukan perjalanan bisnis untuk menyelesaikan tugas pekerjaan. 

Dalam kasus ini, perusahaan pada umumnya menanggung biaya perjalanan, penginapan, dan pengeluaran bagi karyawan yang melakukan perjalanan jauh untuk menjalankan pekerjaan mereka. Manfaat ini biasanya juga mencakup biaya makan dan transportasi.

24. Fasilitas Perusahaan

Tergantung pada peran dan industrinya, perusahaan mungkin menawarkan peralatan perusahaan sebagai bagian dari tunjangan karyawan mereka. 

Barang-barang seperti komputer, ponsel, dan tablet mungkin menjadi peralatan yang disediakan pemberi kerja kepada karyawan mereka untuk melaksanakan pekerjaan mereka.

Biasanya, ketika pemberi kerja menyediakan peralatan perusahaan, karyawan memiliki akses ke peralatan tersebut selama mereka bekerja di perusahaan tersebut.

25. Fleksibilitas Bekerja dari Rumah

Nah, yang satu ini mungkin benefit yang paling banyak dicari karyawan saat ini. Banyak perusahaan menawarkan keuntungan berupa fleksibilitas kerja jarak jauh, yang memungkinkan karyawan untuk bekerja dari rumah satu hari atau lebih dalam seminggu.  

Perusahaan tersebut mungkin juga mengizinkan karyawan untuk memilih jam dan jadwal kerja mereka sendiri. Dalam kasus ini, karyawan dapat bekerja kapan pun mereka mau selama mereka menyelesaikan tugas tepat waktu.

Tingkatkan Kebahagiaan Karyawan dengan Manajemen Benefit Mudah dan Terpusat melalui Haermes HRIS

Tunjangan karyawan atau benefit adalah keuntungan yang diincar karyawan yang diberikan oleh perusahaan.

Menghitung tunjangan atau benefit karyawan lainnya dapat menjadi tantangan tersendiri bagi HRD. Namun, tenang saja dengan bantuan software Haermes HRIS dari Weefer Indonesia, proses perhitungan benefit dan tunjangan karyawan menjadi lebih mudah dan cepat. 

Haermes adalah software HRIS dan payroll yang dapat mempermudah pekerjaan HR dalam melakukan perhitungan tunjangan karyawan.

Semoga informasi mengenai benefit karyawan ini berguna, dan jangan lupa share artikel ini dengan orang-orang terdekat Anda.

Transformasi Pengelolaan SDM Perusahaan Anda dengan Haermes!

Anda siap untuk membawa keberhasilan SDM Anda ke level berikutnya? Ayo, temukan potensi baru bersama Haermes!

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang
Mohamad Krisna

Share on:

Categories: (1)

Karyawan
To the top