Neocrm-menghadirkan-solusi-crm-all-in-one-untuk-berbagai-perusahaan-indonesia

Neocrm Menghadirkan Solusi CRM All-in-one untuk Berbagai Perusahaan Indonesia

Customer Relationship Management atau Manajemen Hubungan Pelanggan adalah upaya atau usaha dari perusahaan dalam mengelola semua interaksi dan relasi mereka dengan konsumen atau calon potensial konsumen dengan tujuan untuk mempertahankan retensi pelanggan. Untuk memudahkan upaya ini, beberapa perusahaan menggunakan solusi sistem CRM, seperti Neocrm, Freshsales, Microsoft Dynamics 365, dan lainnya. Dengan fungsi atau fitur seperti ini, bisa dipastikan kalau setiap perusahaan sebaiknya segera menerapkan sistem ini. Lantas, bagaimana dengan perusahaan di Indonesia?

Tinjauan Singkat Market CRM di Indonesia

Menurut laporan dari 6W Research, pasar CRM di Indonesia mengalami pertumbuhan yang stabil seiring dengan semakin sadarnya para pelaku bisnis terkait pentingnya membangun dan memelihara hubungan pelanggan yang kuat. Solusi CRM, yang mencakup software dan layanan, memungkinkan perusahaan memperoleh wawasan tentang perilaku pelanggan, mempersonalisasikan penawaran mereka, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Sistem CRM berperan penting dalam mencapai kesuksesan bisnis jangka panjang.

#1 Pendorong Utama CRM di Indonesia

Pasar CRM di Indonesia berkembang pesat karena beberapa faktor pendorong utama. Pertama, dunia usaha dan bisnis di Indonesia menyadari pentingnya membangun dan memelihara hubungan pelanggan yang kuat untuk mendorong loyalitas dan profitabilitas pelanggan. Sistem CRM memungkinkan perusahaan untuk mengelola interaksi pelanggan secara efektif dan mempersonalisasi layanan mereka. Selain itu, semakin pesatnya ekspansi e-commerce dan ritel online disinyalir juga telah meningkatkan kebutuhan akan solusi CRM. 

Selain itu, pendekatan CRM yang memiliki basis data juga dapat membantu bisnis membuat keputusan yang tepat dan mengoptimalkan upaya penjualan dan pemasaran mereka. Hal ini semakin dipermudah karena angka pengguna ponsel cerdas dan penetrasi internet di berbagai wilayah Indonesia terus bertumbuh. Berbagai poin “penggerak” ini sedikit banyak telah memudahkan sebuah bisnis dalam menerapkan solusi CRM karena mereka dengan mudahnya bisa berinteraksi dengan pelanggan melalui  saluran digital.

#2 Tantangan Market CRM

Dengan semakin populernya sistem CRM, bukan berarti hal ini datang tanpa tantangan sama sekali. Nyatanya ada beberapa tantangan yang menyelimuti sistem ini, seperti pengelolaan data pelanggan dengan memperhatikan Undang Undang Perlindungan Data dan semakin meningkatnya ekspektasi pelanggan terkait kecepatan dan ketepatan solusi.

Ada satu lagi tantangan yang tampaknya akan atau mungkin sedang terjadi. Berhubung pandemi Covid-19 sudah “selesai”, sejumlah perusahaan mulai ke kembali ke setelan pabrik. Yang dulunya mereka concern sekali terkait transformasi digital karena semuanya serba online, sekarang malah mereka mau kembali ke zaman dulu lagi di mana semuanya kembali serba offline. Memang tidak semua perusahaan seperti ini, tapi hal ini nampaknya sudah mulai menyebar.

#3 Pemain Kunci Market CRM di Indonesia

Menurut laporan yang sama dari W6 Research, di Indonesia sendiri ada beberapa pemain kunci dari CRM. Beberapa contohnya adalah Microsoft Dynamics 365, Salesforce, dan beberapa raksasa teknologi lainnya. Para pemain kunci ini menawarkan solusi sistem CRM komprehensi yang memungkinkan bisnis perusahaan mengelola hubungan dengan pelanggan mereka secara efektif, mendorong penjualan ke atas atau silang dan menumbuhkan loyalitas pelanggan.

Sayangnya, semua solusi tersebut kurang bersahabat dalam hal tarif. Cost dari layanan mereka benar-benar kurang efektif bagi sejumlah perusahaan. Setidaknya, itulah yang mungkin mereka rasakan sebelum mengenal sebuah sistem CRM bernama Neocrm.

Neocrm, Solusi Sistem CRM All-in-one dengan Cost Effective Terbaik

Sebuah sistem CRM hadir untuk mengatasi beberapa keresahan dan tantangan dari sejumlah perusahaan di Indonesia. Dari berbagai industri perusahaan di Indonesia, mari kita ambil salah satu contohnya yaitu industri manufaktur. Mengapa manufaktur? Menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, sektor industri manufaktur Indonesia tetap menjadi kontributor terbesar dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I-2023, meningkat hingga 16,77 persen dari triwulan sebelumnya yang sebesar 16,39%.

Berdasarkan pada pernyataan Menperin tersebut, maka tidak ada salahnya jika kami memfokuskan sedikit pembahasan kali ini ke ranah industri manufaktur. Karena itu, Weefer dan Neocrm mengadakan sebuah sesi sharing terkait kebutuhan sistem CRM di industri manufaktur. Dengan catatan, ini tidak cuma berlaku untuk industri manufaktur saja ya. Bisa jadi industri lainnya juga mengalami tantangan yang mirip.

event neocrm dan weefer di GIOI
Event Neocrm | Weefer di GIOI Jakarta Selatan

Dalam sesi sharing yang diadakan di GIOI Jakarta Selatan pada 2 November 2023, Sheldon Chin, Country Sales Manager Neocrm untuk Indonesia Thailand dan Singapore, mencoba untuk merumuskan tantangan apa saja yang sedang dihadapi oleh industri manufaktur Indonesia secara umum. Begini hasilnya:

  • Terus Meningkatnya Cost dan Ketidakpastian Ekonomi Global

Sejumlah industri manufaktur, saat ini, sedang menghadapi masalah sistemik. Masalah sistemik ini kemungkinan besar diakibatkan oleh dinamika ekonomi global yang tak tentu. Hence, hampir semua komoditas bahan baku mengalami kenaikan harga. Belum lagi masalah nilai tukar rupiah yang semakin melemah terhadap dollar AS. Dari sisi konsumen, permintaan mereka semakin kesini semakin demanding dan Anda, pelaku industri manufaktur, tetap harus memenuhi permintaan mereka apapun yang terjadi.

  • Kurangnya Integrasi

Kurangnya Integrasi antara kelompok data dan roadmap transformasi digital yang kurang tertata mengakibatkan alur kerja secara overall kurang jelas. Hal inilah yang juga menjadi tantangan utama dari sebagian besar industri manufaktur di ASEAN.

  • Membangun Resiliensi 

Ketangkasan dan kecepatan perusahaan manufaktur dalam menanggapi pasar tetap menjadi sebuah prioritas utama. Karena itu, Anda sebaiknya mulai mengadaptasi sebuah atau sejumlah proses dan teknologi yang dapat diskalakan guna memastikan tim dan industri Anda beradaptasi terhadap kebutuhan pelanggan.

Neocrm Menjawab Kebutuhan Sistem CRM di Indonesia

Sesi sharing dengan tamu undangan dilanjutkan kembali sembari menikmati makan malam. Di sini, Sheldon Chin mulai menjelaskan kembali tentang apa itu Neocrm dan apa solusi yang bisa ia berikan kepada sejumlah industri perusahaan di Indonesia.

event neocrm
Suasana Makan Malam Bersama Para Tamu Undangan

Neocrm sejauh ini merupakan pemimpin pasar di bidang SaaS CRM di China dan sudah mulai akan berekspansi ke sejumlah negara. Sistem ini terus menghadirkan produk dan layanan kelas atas dengan memanfaatkan teknologi baru seperti komputasi cloud, jejaring sosial, mobile, big data, IoT, dan kecerdasan buatan. Neocrm menawarkan rangkaian produk CRM lengkap, termasuk di dalamnya seperti Sales Cloud, Partner Cloud, Service Cloud, Marketing Cloud, Commerce Cloud, BI, dan Neo-Platform (platform aPaaS untuk CRM) .

Neocrm bisa mendukung proses bisnis Anda mulai dari fase pemasaran, penjualan hingga  pelayanan after-sales, semuanya dalam 1 aplikasi. Kami memanfaatkan teknologi baru seperti AI, big data, dan IoT untuk memungkinkan bisnis Anda benar-benar bertransformasi menjadi organisasi digital yang berpusat pada pelanggan. 

Sejak awal berdirinya, Neocrm terus berinovasi sambil memastikan kualitas produknya yang terbaik. Selama lima tahun berturut-turut, perusahaan ini menjadi satu-satunya vendor CRM asal Tiongkok yang terdaftar dalam Gartner Magic Quadrant for Sales Automation dan melampaui vendor global ternama dalam indikator-indikator fungsional utama. Dengan berbekal wawasan industri berkualitas, pengalaman layanan pelanggan yan superior, Neocrm telah mendapatkan kepercayaan dari beberapa perusahaan seperti Daikin, Schneider Electric, HSBC, Lenovo, Mazak, dan lainnya.

Bagaimana dengan Indonesia?

Menurut Sheldon Chin, salah satu pembeda yang bisa Anda dapatkan dari Neocrm adalah semuanya benar-benar all-in-one, bahkan untuk urusan layanan after-sales. Kemudian, Hilman Hilius, Business Development Manager Weefer untuk Produk Neocrm, menyampaikan salah satu contoh kasusnya di Indonesia.

Di Indonesia kebutuhan akan alat berat, seperti bulldozer, excavator dan sejenisnya, mulai meningkat tajam karena pembangunan Ibu Kota Nusantara sudah mulai berjalan. Banyak alat berat yang di kirim ke Kalimantan untuk melakukan tugasnya. Beberapa manufaktur alat berat yang berada di pulau Jawa pasti senang karena hal ini.

Namun, mereka harus tahu kalau setiap alat berat itu perlu pemeliharaan. Kemudian, kalau semisal alat berat itu harus dikirim balik ke Jawa untuk pemeliharaan, tentu akan sangat tidak efektif. Karena itu, pihak manufaktur harus mengirim teknisinya ke lokasi Kalimantan. Jelas, Anda akan sangat kerepotan sekali jika harus mengelola seluruh jadwal pemeliharaan after-sales ini. Di sinilah, sistem Neocrm akan membantu Anda dalam mengelola semua penjadwalan dan proses pemeliharaan alat berat tersebut.

fitur neocrm
Beberapa Fitur Unggulan dari Neocrm

Semuanya, bisa dilakukan tanpa harus berpindah aplikasi karena Anda bisa menggunakan semua fitur di atas ini.

Final Takeaways 

Bersama Weefer dan Neocrm, perjalanan Anda dalam mengelola interaksi pelanggan atau calon pelanggan akan menjadi semakin efektif dan efisien, bahkan untuk urusan after-sales nya sekalipun. Manfaatkan berbagai fitur seperti Sales Cloud, Marketing Cloud dan lainnya untuk meningkatkan kualitas hubungan Anda dengan pelanggan Anda. 

Silakan diskusi lebih lanjut terkait ini  atau dapatkan demo gratisnya sekarang juga dengan menghubungi tim terpercaya kami. Semoga bisa membantu dan terima kasih.

A. Alfan Alif

Categories:

Events Featured

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts