penilaian-kinerja-adalah-evaluasi-wajib-bagi-pertumbuhan-perusahaan

Penilaian Kinerja Adalah Evaluasi Wajib Bagi Pertumbuhan Perusahaan

Penilaian kinerja adalah sistem evaluasi karyawan yang tak hanya dapat membantu growth perusahaan, namun juga mendukung produktivitas karyawan. Mengapa demikian? 

Hasil riset menunjukkan 65% karyawan yang mendapat feedback evaluasi kerja yang akurat dalam pekerjaannya dapat lebih termotivasi dalam meningkatkan performanya.

Dengan begitu, perusahaan akan mendapat keuntungan dengan adanya performa maksimal dari para karyawannya. Maka dari itu, sangat penting bagi perusahaan untuk secara berkala melakukan penilaian kinerja.

Biasanya penilaian kinerja mencakup apa saja? Bagaimana perusahaan dapat memaksimalkan potensi sumber daya manusia dengan melakukan penilaian ini? Selengkapnya akan diulas di sini!

Mengapa Penilaian Kinerja adalah Aktivitas Wajib Bagi Perusahaan Anda?

Ilustrasi penilaian kinerja sebuah perusahaan

Sebagai salah satu aktivitas yang mengevaluasi kinerja para karyawan secara periodik. Aktivitas ini biasanya dilakukan oleh Divisi Human Resource (HR) yang ada di sebuah perusahaan. 

Penilaian kinerja sering juga dikenal dengan istilah performance appraisal dalam bahasa Inggris. Evaluasi kerja ini biasanya dilakukan oleh perusahaan dalam periode waktu tertentu. Ada perusahaan yang menerapkannya per quarter, semi-annual ataupun annual

Metode, aspek penilaian, dan periode penilaiannya berbeda-beda untuk setiap perusahaan. Semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan para pekerja. Sehingga akan lebih mudah bagi HR untuk memenuhi kebutuhan talent berkualitas bagi perusahaan.

Perusahaan yang menggunakan sistem penilaian kinerja dapat dengan efisien menentukan dan mengukur kontribusi karyawan. Lebih mudah juga bagi perusahaan memantau pertumbuhan perusahaan. Serta, memberikan apresiasi setimpal bagi karyawan berprestasi yang telah memiliki andil dalam kemajuan perusahaan.

Ketahui 5 Manfaat Utama Penilaian Kinerja Bagi Perusahaan dan Karyawan

Hubungan kerja antara perusahaan dan karyawan tentu harus menjadi sebuah relasi yang sehat dan berorientasi pada satu tujuan yang sama, yaitu kemajuan dan pertumbuhan perusahaan. 

Demi mencapai goal tersebut, performance review tentu dibutuhkan untuk mengukur kinerja para karyawan. Nah, berikut ini adalah manfaat utama penilaian kinerja bagi perusahaan dan bagi karyawan.

1. Mendukung Pertumbuhan Karir

Jika dilangsungkan dengan sebaik mungkin, penilaian kinerja dapat mendukung terjadinya pertumbuhan yang signifikan terhadap karir para karyawan. Apalagi kebanyakan talent saat ini mencari perusahaan yang mampu memberikan jenjang karir menjanjikan. 

Dengan mengadakan review performance sera periodik, maka perusahaan dapat membantu karyawan dalam menciptakan rencana karir profesional yang berkelanjutan.

2. Meningkatkan Kinerja Karyawan

Memberikan feedback dan evaluasi secara berkala pada karyawan dapat meningkatkan motivasi kerja. Para karyawan dapat bekerja lebih cerdas ketika manager atau HRD memberikan review positif. 

Pada umumnya penilaian kinerja adalah salah satu sistem yang memang banyak dipakai perusahaan untuk menentukan besaran bonus atau insentif yang dapat diterima karyawan berprestasi. 

Baca Juga: 3 Fitur Untuk Performance Appraisal dan Meningkatkan Kinerja Karyawan

3. Meningkatkan Engagement Karyawan

Engagement karyawan dengan perusahaan dapat ditinjau dari tingkat kepuasan dan loyalitas mereka. Ketika karyawan dapat mengetahui bagaimana kinerja mereka memberikan dampak pada perusahaan. Mereka akan cenderung lebih bersemangat memaksimalkan performa. 

Sebab memberikan feedback dan review juga merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan pada karyawan. Jika hasil review kurang memenuhi indikator penilaian yang baik, perusahaan dan karyawan bisa bekerja sama untuk melakukan perbaikan.

4. Evaluasi Capaian Perusahaan

Dengan adanya penilaian kinerja, mudah bagi perusahaan dalam melakukan evaluasi performa secara keseluruhan. Apakah yang sedang dikerjakan karyawan sudah sejalur dengan goal yang ingin dicapai? Apakah target bisa terpenuhi dengan kualitas performa yang ada saat ini? 

Memiliki sistem penilaian yang berkelanjutan dapat memudahkan karyawan dalam berkontribusi lebih jauh demi mencapai goal utama perusahaan.

5. Memudahkan Pengelolaan Karyawan

Perusahaan tentu memiliki dana khusus untuk memberikan apresiasi pada karyawan berprestasi. Ya benar, tidak semua karyawan berhak mendapatkan promosi. Nominal bonus pun harus sepadan dengan effort karyawan dalam mempertahankan performanya. 

Penilaian kinerja memudahkan perusahaan dalam menentukan besaran bonus, promosi, transfer karyawan bahkan hingga demosi. Tak hanya itu saja, HR juga akan lebih mudah dalam menentukan training yang sekiranya dibutuhkan oleh para karyawan. Dengan begitu, pengembangan dan pelatihan bagi karyawan juga dapat dengan mudah dilaksanakan sesuai kebutuhan. 

Baca Juga: Performance Management dan Performance Appraisal, Apa Bedanya?

Bagaimana Bentuk Penilaian Kinerja Karyawan?

Setelah mengetahui manfaat dan tujuan dilakukannya penilaian kinerja karyawan. Tentu Anda juga penasaran pada bentuk penilaian kinerja yang biasanya dilakukan oleh perusahaan. Sederhananya, terdapat 2 bentuk penilaian yang biasanya dilakukan perusahaan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Penilaian Kinerja Karyawan Tetap

Pada umumnya, evaluasi kerja yang diberikan kepada karyawan tetap diselenggarakan setahun sekali. Penilaian ini akan menjadi acuan bagi perusahaan dalam menentukan kenaikan gaji ataupun bonus yang bisa diterima karyawan.

Penilaian Kinerja Karyawan Kontrak

Bentuk penilaian lainnya diberlakukan pada karyawan dengan status kontrak. Biasanya penilaian kinerja akan meninjau bagaimana performa karyawan tersebut selama masa kontrak. 

Sehingga menjadi pedoman bagi perusahaan untuk mengambil keputusan kerjasama lebih lanjut. Penilaian ini dilakukan sekurang-kurangnya satu bulan sebelum masa kontrak dengan perusahaan berakhir.

5 Tahapan Umum Penilaian Kinerja Karyawan

Untuk melangsungkan penilaian kinerja bagi karyawan, maka perusahaan harus melakukan tahapan-tahapan di bawah ini. Poin-poin berikut ini juga termasuk ke dalam apa saja syarat-syarat penilaian kinerja.

    1. Menetapkan indikator penilaian kinerja
    2. Menginformasikan secara mendetail pada seluruh karyawan
    3. Melakukan penilaian kinerja karyawan dengan objektif dan disertai dukungan data yang measurable
    4. Melakukan perbandingan antara hasil kerja dengan indikator yang ada.
    5. Memberikan transparansi hasil penilaian kepada karyawan secara 1 on 1

Metode – Metode untuk Melakukan Penilaian Karyawan

Di bawah ini adalah beberapa metode yang pada umumnya sering dilakukan perusahaan dalam melakukan evaluasi performa para karyawannya.

1. Self-Appraisal

Karyawan diminta untuk memberikan penilaian secara jujur terhadap kinerjanya. Tujuannya agar karyawan lebih memahami apa saja kelebihan dan kelemahannya. 

2. Managerial Review

Para level manajer memberikan penilaiannya pada kinerja karyawan dan tim di bawahnya.

3. Peer Review

Sesama karyawan baik pada satu divisi atau silang divisi saling memberikan penilaian dan evaluasi.

4. Subordinate Appraising Manager

Metode ini mengharuskan para karyawan untuk memberikan penilaian kepada para manajer atau atasan mereka.

5. Customer or Client Review

Sementara itu, untuk penilaian yang satu ini biasanya melibatkan para customer ataupun mitra yang berhubungan dengan karyawan langsung.

Lebih Mudah Lakukan Penilaian Kinerja Karyawan dengan Software yang Satu Ini!

Kini Anda telah mengetahui manfaat, metode, dan tahapan dalam melakukan penilaian kinerja karyawan. Penilaian kinerja yang efektif adalah yang dapat mengakomodasi kebutuhan perusahaan.

Perkembangan teknologi kian pesat, saatnya Anda memaksimalkan penggunaan software yang mendatangkan banyak manfaat. Untuk memudahkan perusahaan Anda melakukan penilaian kinerja yang sesuai kebutuhan, Anda membutuhkan software & aplikasi HRIS.

Penilaian kinerja adalah salah satu aktivitas Tim HR yang mudah dilangsungkan dengan menggunakan software HRIS Haermes dari PT Weefer Indonesia.

Haermes sebagai software & aplikasi HRIS akan memberikan banyak kemudahan dalam memenuhi kebutuhan HR Anda. HRIS Haermes dilengkapi dengan banyak fitur yang bisa dikustomisasi. 

Dengan begitu, Anda dapat melakukan pengelolaan database informasi karyawan dengan mudah hanya dalam satu aplikasi saja. Nikmati fitur-fitur seperti employee database terpusat, payroll fleksibel, performance appraisal, employee self-service, rekrutmen, dan masih banyak lainnya. 

Tunggu apa lagi? Konsultasikan kebutuhan HR perusahaan Anda dengan kami di sini, sekarang.

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts