8 Keuntungan Menggunakan Sistem Cloud HR Terkustomisasi

Ada begitu banyak pilihan yang tersedia untuk tim HR ketika akan memilih sistem cloud HR untuk perusahaan Anda. 

Biasanya, Anda akan bertemu dengan dua pilihan model sistem cloud HR. Pertama, perangkat lunak HR yang “one-size-fits-all” dan yang kedua, perangkat lunak HR yang fully customizable. Sekilas, opsi pertama sangat enak. Cukup beli software, atur berapa user dan that’s it. Namun, sebaiknya, Anda pilih opsi kedua jika Anda adalah seorang yang berpikiran jauh ke depan.

sistem cloud hr

Secara teknis, opsi pertama dan kedua memiliki fungsi atau module yang sama. Mereka berdua pasti memiliki fungsi Employee Database, Employee Self-service, Payroll, dan Attendance. Tapi, ingat, setiap perusahaan pasti memiliki kebijakan, budaya, kebutuhan, dan branding bahkan solusi yang berbeda-beda. Dan, hal inilah yang tidak boleh dipukul rata dan diadopsi oleh semua perusahaan.

Kebutuhan Sistem Cloud HR yang Fully Customizable

Sekarang ini, kebutuhan akan software HR Operational berbasis cloud yang fully customizable untuk menyesuaikan kebutuhan dan personalitas suatu perusahaan sedang meningkat. 

PwC, dalam laporannya yang berjudul HR Technology Survey, bilang kalau ada beberapa hal penting yang harus ditekankan. 2 diantaranya adalah, pertama, di tahun 2022, 49% orang HR bilang kalau talent acquisition yang bisa dipersonalisasi adalah fokus utama. Kedua, 44% orang HR setuju kalau sistem HR berbasis cloud yang yang sangat fleksibel bisa meningkatkan efisiensi atau produktivitas.

Penyesuaian kebutuhan dan personalisasi perusahaan adalah satu alasan besar mengapa Anda harus pilih sistem cloud HR yang fully customizable. Dan, di artikel spesial ini, Anda akan menemukan 8 alasan lainnya.

8 Keuntungan Menggunakan Sistem Cloud HR yang Fully Customizable

1.) Bisa Berintegrasi dengan Sistem yang Sudah Ada

Ada skenario seperti ini. Perusahaan Anda sudah punya sistem pengaturan jam kerja. Anda ingin sistem itu bisa masuk ke dalam sistem cloud HR pilihan Anda. Jika Anda pakai yang tipe “one-size-fits-all”, keinginan Anda belum bisa terpenuhi. Namun, jika Anda pakai opsi yang fully customizable, Anda bisa mewujudkan keinginan tersebut.

2.) Customized Branding

Ketika sebuah sistem HR dibangun dari awal untuk perusahaan Anda, Anda dapat memasukkan tampilan dan “nuansa” brand Anda di dalamnya. Anda juga bisa melakukan perubahan skema warna, font, tata letak, logo, menu, laporan, fitur, dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan user experience para penggunanya.

3.) Keamanan Data yang Lebih Baik

sistem cloud hr

Peretas atau hacker lebih cenderung menargetkan software yang banyak atau umum digunakan. Semisal, peretas itu akan lebih suka menyerang website e-commerce besar dari pada harus menyerang satu website e-commerce. Hal inilah yang membuat banyak perusahaan mencari software yang dibangun dari awal. 

4.) Dukungan Pelanggan yang Baik

Ketika Anda pakai sistem cloud HR yang one-size-fits-all, kemungkinan besar, Anda akan dirujuk untuk membaca knowledge base agar masalah Anda terselesaikan. Namun, jika Anda pakai yang fully customizable, Anda tidak akan dibiarkan mencari jawaban sendiri. Anda akan, sepenuh hati, diselesaikan masalahnya oleh tim support mereka.

5.) Kustomisasi Laporan

Anda bisa membuat laporan yang disesuaikan untuk kebutuhan tertentu. Semisal, bagian finance hanya butuh masalah keuangan, manajemen butuh daftar attendance, atau CEO butuh laporan khusus untuk “pitching” dengan pemerintah. Dashboard Anda juga bisa disesuaikan untuk kebutuhan.

6.) Menarik dan Mempertahankan Bakat Terbaik

Berikan personalized experience kepada calon kandidat dan karyawan dengan mengkustomisasi proses perekrutan, offering, dan perusahaan Anda. Hal semacam ini akan berkontribusi kepada peningkatan engagement, sekaligus membantu dalam menarik dan mempertahankan talenta terbaik.

7.) Scalable dan Andal untuk Jangka Panjang

Produk kustom dapat dengan mudah tumbuh dan beradaptasi dengan perubahan organisasi Anda. Kemampuannya dapat ditingkatkan dengan mudah seiring dengan meningkatnya kebutuhan organisasi. 

8.) Tidak Ada Fitur yang Berlebihan.

Sistem HR one-size-fits-all biasanya hadir dengan berbagai paket. Sering kali, ada beberapa fitur di suatu paket tersebut yang berujung tidak terpakai. Di sisi lain, jika Anda menggunakan opsi fully customizable, Anda dapat memilih dengan tepat modul mana saja yang dibutuhkan perusahaan Anda. Nantinya, kalau perlu modul tambahan, Anda tidak perlu berganti paket. Cukup hubungi tim support dan penyesuaian modul dan biaya segera dapat dilakukan.

Secara keseluruhan, mungkin, sistem cloud HR fully customizable membutuhkan waktu lebih lama untuk develop dan mengimplementasikan, namun manfaatnya jauh lebih besar dalam jangka panjang. 

Jadi, apakah Anda mau bertanya atau berdiskusi lebih lanjut terkait hal ini. Kalau iya, silakan klik banner di bawah ini. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

A. Alfan Alif

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts