Tingkatkan Kualitas Business Networking dengan Event atau Turnamen Olahraga

“Sport has the power to change the world. It has the power to inspire, the power to unite us, the people. — John Carlin, Playing the Enemy: Nelson Mandela and the Game That Made a Nation. Dan, salah satu aktivitas olahraga yang saat ini sedang naik daun adalah main golf.

In-person Business Networking itu Masih Penting

Jika Anda masih berpendapat kalau “ikatan” bisnis hanya sebatas persaingan harga, Anda harus segera merevisi hal tersebut. Iya, benar persaingan harga bisa menjadi faktor penentu dari deal atau no dealnya suatu kerja sama. Namun, ada faktor besar lagi yang menyelimuti hal tersebut. Faktor tersebut adalah kualitas social interaction antara kedua belah pihak, atau lebih gampangnya sebut saja kualitas networking.

Hmm… oke begini, semisal, Anda melakukan cold call ke suatu perusahaan. Tanpa ada persiapan apapun, Anda langsung menuju ke “biaya kita jauh lebih murah dari sebelah, silakan buktikan.” 

Hal seperti itu terlihat aneh. Iya, kalau tujuan Anda adalah Business-to-Consumer mungkin bisa berhasil, meskipun persentasenya sedikit. Namun, jika Anda memiliki tujuan ke Business-to-Business, hal semacam ini tidak akan berhasil. 

Anda sebaiknya riset dulu lingkungan perusahaan tersebut, kemudian mencoba melakukan networking ke orang-orang penting perusahaan. Setelah dirasa lancar, baru Anda tawarkan sebuah solusi dari masalah mereka.

Business Networking

Di sinilah proses business networking membutuhkan perhatian yang serius. 

Pemberlakuan pembatasan semakin dilonggarkan dan keperluan business trip juga sudah mulai diperbolehkan, kedua hal ini adalah momentum Anda untuk segera melakukan networking secara in-person dengan prospek bisnis Anda.

Networking secara tatap muka, tanpa statistik pun, Anda pasti setuju kalau ini adalah cara yang baik. Kalau mau pakai statistik, silakan lihat chart di bawah ini.

main golf

Persentase itu menyebutkan kalau in-person business networking dapat menghasilkan “penjualan” sebanyak 40-42%. Anda dapat membaca report ini dari sebuah studi Oxford Economic yang berjudul “The Return on Investment of Business Travel.” 

Oke… jadi cara in-person business networking mana yang direkomendasikan?

Event Olahraga, Salah Satunya Main Golf, bisa Menjadi Solusi

Interaksi online memang menjadi solusi akibat pandemi ini. Namun, aspek dasar dari sebuah bisnis, yaitu manusia berbisnis dengan manusia, tetap harus dipertahankan. Sekuat-kuatnya Anda menjalin hubungan secara online, masih akan lebih kuat jalinan hubungan secara offline. Bahasa tubuh, mimik wajah, perkataan dan beberapa bentuk komunikasi verbal maupun nonverbal lainnya akan lebih bisa dipahami jika bertemu secara langsung. 

Ada berbagai cara untuk melakukan in-person business networking, salah satu yang sering dilupakan padahal manfaatnya besar adalah Sport Hospitality. Jadi, hospitality, dalam bahasa Indonesia artinya ramah tamah, ini memiliki beberapa bentuk, ada yang jamuan makan malam, tour menggunakan kapal pesiar dan sebagainya. Namun, aktivitas olahraga, seperti main golf,  juga bisa masuk ke dalam kategori ini.

Menurut sebuah report yang berjudul “Sports Hospitality Market – Forecasts from 2020 to 2025” dari Research and Markets, pasar global sport hospitality akan tumbuh pesat di periode yang akan datang, tepatnya sekitar tahun 2022 dan seterusnya. Salah satu penyebab hal ini adalah karena sudah mulai dilonggarkannya beberapa pembatasan akibat pandemi dan orang-orang yang sudah sangat mendambakan menonton olahraga secara langsung. 

main golf

Sport hospitality, menurut sumber yang sama, adalah suatu program layanan yang dirancang untuk para pejabat perusahaan atau VIPs agar mereka bisa menonton atau mengikuti suatu event olahraga. Program semacam ini, kemungkinan besar, digunakan sebagai sebuah strategi bisnis. Membangun hubungan lebih kuat dan memberikan pengalaman special kepada klien atau partner bisnis adalah tujuan dari strategi ini.

Tidak hanya itu, beberapa perusahaan juga menggunakan hal ini sebagai cara untuk meningkatkan brand awarenessnya.

Selama menonton atau mengikuti pertandingan yang seru, semua undangan Anda akan merasa bahagia dan mereka akan saling memperluas jaringan networking mereka secara mudah dan natural. 

Ingat, menurut Johan Huizinga, dalam bukunya yang berjudul “Homo Ludens”, manusia adalah insan yang butuh bermain (bisa permainan maupun olahraga).

Oke… agar lebih mudah kami akan berikan versi daftarnya saja. Jadi, berikut ini adalah 6 Manfaat Event Olahraga untuk Business Networking Anda. 

Manfaat Sport Hospitality, seperti Main Golf, untuk Business Networking Anda

#1 Membangun Hubungan

Program ini dapat membangun hubungan kuat antara Anda dengan klien lama maupun baru. Pertemuan tatap muka dalam lingkungan yang santai dan menyenangkan benar-benar akan mendukung tercapainya hal tersebut.

#2 Pengalaman Unik

Dengan begitu banyaknya persaingan di dunia bisnis, ada kemungkinan, suatu perusahaan mendambakan suatu pengalaman special dan unik dari perusahaan lain yang ingin menjalin kerja sama. Semisal, ada suatu startup kecil yang selalu membantu perusahaan Anda dalam menyelesaikan kebutuhan. Kemudian, Anda mengajak mereka untuk nonton event Formula 1 langsung di sirkuit Suzuka atau Silverstone. 

Iya, tentu, hal tersebut akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

#3 Rewarding Employees

Tidak hanya klien bisnis saja, karyawan perusahaan Anda pun juga bisa Anda beri perlakuan yang sama. Memberikan reward semacam ini tentu akan memberi rasa bahagia kepada karyawan Anda, sehingga keterlibatan karyawan perusahaan Anda memiliki kualitas yang bagus.

#4 Menciptakan Brand Awareness

Sekali lagi, program ini akan menciptakan Brand Awareness untuk perusahaan Anda. Tamu undangan Anda akan sangat mengapresiasi poin “hardworking” perusahaan Anda. Mengapa? Karena perusahaan Anda sudah mau menyempatkan waktunya menjamu mereka dengan fasilitas semacam ini. Untuk tamu berstatus klien baru, mereka akan benar-benar mengingat perusahaan Anda karena ada semacam showcase brand dan layanan Anda di sana.  

#5 Masuk dalam Momen Bersejarah

Maksudnya? Coba bayangkan, ketika Anda mengajak tamu undangan dan karyawan Anda di suatu event olahraga, ambil contoh PGA Tour Tournament. Secara kebetulan, Anda dan tamu Anda sedang nonton Tiger Woods main golf di turnamen itu. Kemudian, dia berhasil mencetak pukulan hole in one di situ. Tentu, momen tersebut benar-benar merupakan momen bersejarah dan yang tidak akan pernah mereka lupakan.

#6 Menunjukkan Apresiasi

Memberikan program ini ke klien dan karyawan, secara langsung, menunjukkan kalau Anda bersungguh-sungguh dalam menghargai mereka. Ucapan terima kasih secara tatap muka dan menikmati waktu menyenangkan bersama, tentu, sekali lagi, akan menaikkan level hubungan bisnis Anda.

Jadi, Olahraga apa yang paling sesuai? 

Oke saya akan gunakan program ini untuk mengembangkan bisnis perusahaan saya. Tetapi, olahraga apa yang cocok? Sebenarnya, jawaban dari pertanyaan ini harus Anda pertimbangkan dengan internal Anda. Namun, secara explicit, kami merekomendasikan satu olahraga. Olahraga itu adalah Golf. Mengapa harus main Golf? Apakah ada alasan khusus? Apakah….. 

Tenang, untuk menjawab pertanyaan Anda, silakan baca artikel special lanjutan di bawah ini. 

Baca Lanjutannya: 4 Manfaat Olahraga Golf untuk Business Networking Anda

Atau, kalau Anda sudah yakin, mari bergabung dengan kami di event WTalk Sports Mini Golf Tournament. Klik banner di bawah ini untuk mulai mendaftar.

manfaat olahraga golf
A. Alfan Alif

Share on:

To the top

Leave a comment

Your email address will not be published.

Related Posts

Recent Posts