4 Manfaat Olahraga Golf untuk Business Networking Anda

“90% CEO dari kelompok Fortune 500 bermain golf, dan 80% dari mereka bilang kalau salah satu manfaat olahraga golf adalah membangun dan menjaga business relationships.” — Forbes

Golf memang masih dan mungkin akan selamanya menjadi salah satu olahraga pilihan untuk mengembangkan business networking. Senada dengan persentase di atas, sebuah artikel dari The HeadHunters juga berpendapat kalau Golf tetap menjadi sebuah “stalwart for the business community”. 

Mungkin Anda masih bertanya, apakah ada “bukti” lain kalau Golf adalah sebuah pilihan tepat. Tepat tidaknya sebuah pilihan tentu kembali ke Anda dan tim internal Anda, namun kalau Anda perlu bukti pendukung lainnya, silakan cek infografis dari Syracuse University di bawah ini. 

manfaat olahraga golf

Terus bagaimana dengan wanita, apakah wanita juga akan memperoleh manfaat olahraga golf? Tentu, iya. 50% wanita eksekutif berpendapat kalau olahraga Golf bisa membuat mereka lebih sukses. Pria dan wanita sama-sama bisa mendapatkan segenap manfaat dari olahraga ini. Manfaat olahraga Golf ditambah dengan manfaat dari sebuah event sport hospitality yang Anda adakan untuk beberapa tamu undangan merupakan “kombinasi” efektif untuk mengembangkan Business Networking Anda.

Baca Artikel Bermanfaat ini: Tingkatkan Kualitas Business Networking dengan Event atau Turnamen Olahraga

Sampai sini mungkin Anda butuh sebuah daftar yang berisi atau yang merekap apa saja keuntungan golf buat bisnis. Oke, special untuk Anda akan ada hal tersebut selanjutnya. Sekarang, mari kita semua menambah wawasan sekilas tentang Golf.

Sekilas tentang Olahraga Golf di dunia dan Indonesia

Sampai detik ini para sejarawan masih belum bisa menentukan siapa yang menemukan olahraga Golf. Secara historis, olahraga ini pernah dilakukan oleh Henry Frederick, atau yang biasa dikenal dengan Prince of Wales, pada tahun sekitar 1600 an. Maju beberapa ratus tahun, tepatnya tahun 1850s, Queen Victoria, dengan revolusi industrinya, akhirnya bisa menghubungkan Inggris dan Skotlandia. Dari situlah, olahraga Golf plus budaya Skotlandia bisa menyebar dengan pesat.

manfaat olahraga golf

Amerika Serikat dan Jepang menjadi dua negara yang mengalami pertumbuhan pesat akan olahraga ini. Menurut sebuah studi dari, The Royal and Ancient Golf Club of St Andrews (randa.org) yang berjudul, Golf Around World 2019, Amerika Serikat dan Jepang memiliki Golf Course terbanyak di dunia disusul oleh Canada dan England. Silakan lihat table di bawah ini.

manfaat olahraga golf

Bagaimana dengan Indonesia? Di dalam studi yang sama, Indonesia, sayangnya, hanya memiliki Golf courses sebanyak 177.

Golf Indonesia

Meskipun begitu, Persatuan Golf Indonesia tetap aktif mengkampanyekan olahraga ini. Hal ini dibuktikan dengan terselenggaranya sebuah turnamen Golf Piala Gubernur Jawa Timur yang tahun ini diadakan di Bukit Darmo Golf Surabaya. 

Oke sekarang kita menuju pelajaran bisnis apa saja yang bisa kita ambil dari olahraga Golf.

4 Manfaat Olahraga Golf untuk Bisnis Anda

#1 Pelajari kesalahan lalu move on

Anda melakukan satu pukulan bola golf, dan ternyata bolanya masuk ke bunker (pasir yang ada di course). Dari pada Anda menyesali salah pukul Anda tadi, lebih baik Anda fokus bagaimana mengeluarkan bola ini tadi dan tidak mengulanginya. Seperti halnya yang dikatakan oleh Pegolf Legendaris Ben Hogan, “Shot terpenting dalam golf adalah shot berikutnya.”

Hal ini bisa dicerminkan ke sebuah kehidupan bisnis. Semisal, Anda sudah mencurahkan resources banyak ke suatu proyek. Ternyata, proyek tersebut gagal karena klien “kabur”. Sedih, boleh, tapi ayo langsung move on. Pelajari kesalahan lalu coba cari atau ganti proyek lain. Susah, tentu iya, tapi hidup harus terus berjalan.

#2 Kejujuran dan Kepercayaan

Anda tahu apa yang unik dari golf? Olahraga ini tidak pakai referee atau wasit. Tidak akan ada yang memberikan penalti ke Anda. Semua keputusan penalti, pelanggaran atau apapun itu, para pemain sendiri yang melakukan. Iya, tentu, ada semacam official rules di dalam golf, tapi yang bisa merujuk ke situ, ya pemainnya. Semuanya tergantung dari kejujuran dan kepercayaan para pemainnya. Dan, hal inilah yang harus Anda ikuti dalam dunia bisnis.

Seni Negosiasi

Hal ini sama dengan buku yang berjudul “The Art of Negotiation: How to Improvise Agreement in a Chaotic World” karya Professor Michael Wheeler. Prof Wheeler adalah pengajar ilmu Negotiation di Harvard Business School’s MBA. Kepercayaan itu sangat penting, bahkan jauh lebih penting dari sekedar “perang harga”. Sekali saja Anda merusak kepercayaan, efek negatifnya akan ada selamanya.

#3 Riset Lanskap Produk Anda

Dalam olahraga Golf, yang harus kalian perhatikan pertama untuk menang adalah coursenya, bukan lawan Anda. Anda harus tahu coursenya (lapangannya), lanskap, arah angin, rumput, Golf club, lubang bola, dan lainnya. Setelah itu semua Anda pahami, baru Anda fokus ke siapa lawan Anda.

Begitu pula dengan bisnis, Professor Clayton Christensen pernah bilang kalau salah satu cara untuk memahami consumer decision adalah dengan mencari “Why”. Anda harus tahu mengapa konsumen memilih produk Anda. Kesampingkan dulu kompetitor, fokus dulu ke dua variabel, konsumen dan produk Anda. Beliau mengambil contoh dari salah satu Fast Food Chain raksasa berwarna merah dan kuning. 

Prof Christensen menemukan kalau orang yang beli milkshakes dari gerai makanan cepat saji ini adalah orang tua yang butuh suatu minuman untuk anaknya, pekerja yang butuh kudapan selagi menunggu waktu, dan beberapa consumer behaviors lainnya. Dengan insights tersebut, fast food ini dapat segera memetakan strategi, tidak hanya strategi untuk bersaing dengan kompetitor, tapi juga strategi apa yang cocok untuk “melayani” customer behavior itu. 

#4 Konsisten

Anda merasa “menang” karena pukulan pertama Anda menghasilkan jarak 300 meter. Kemudian, Anda butuh 5 pukulan lagi untuk masukkan bolanya ke lubang, total 6 pukulan. Anda tetap masih kalah. 

Golf adalah olahraga yang membutuhkan tingkat akurasi dan konsistensi yang amat sangat tinggi. Anda tidak harus menghasilkan jarak 300 meter untuk sebuah pukulan pertama dan 5 kali pukulan lagi untuk goal. Cukup 3 kali pukulan, dengan akurasi tinggi dan konsistensi, maka Anda akan menang.

Hal yang sama juga terjadi di bisnis. Anda menggelontorkan dana sangat banyak untuk urusan campaign atau ads atau apapun. Tapi semuanya serba irit untuk masalah inventaris, customer service, employee experience, dan lainnya. Maaf, hal ini tidak baik. Ingat, Anda sebisa mungkin harus bisa menyeimbangkan semua hal. Atau, kalau susah, setidaknya, ketimpangan satu sektor dengan sektor lainnya jangan terlalu lebar.

Jadi, Apakah Anda Ingin Merasakan Manfaat Olahraga Golf Bersama Kami?

Terima kasih sudah bersama kami sampai titik ini. Jadi, Apakah Anda mau merasakan manfaat bermain Golf bersama kami. Iya, benar. Kami akan mengadakan sebuah Mini Golf Tournament bertajuk:

“Tap on to Cloud Solution to Accelerate Your Business – WTalk Mini Golf Tournament Sponsored by Huawei Cloud”.

Tanggal dan Waktu:

26 November 2021 Pukul 07:00 – 13:00 WIB

Lokasi/Golf Course:

Klub Golf Bogor Raya, Jl. Golf Estate Bogor Raya, Sukaraja, Kec. Sukaraja, Bogor, Jawa Barat 16710

manfaat olahraga golf

Rundown Acara sebagai berikut:

07:00 – 11:00: Kompetisi Golf Dimulai

11:00 – 11:15: Refreshment

11:15 – 12:15: Sambutan dari Beberapa Pihak  

12:15 – 13:00: Lunch dan Pemberian Doorprize

Bagaimana? Apakah Anda ingin mengikuti mini tournament golf  ini? Silakan klik banner di bawah ini untuk mulai mendaftar. Ingat, ada batas kuota, jadi, ayo segera daftar!

manfaat olahraga golf
A. Alfan Alif

Share on:

To the top

Leave a comment

Your email address will not be published.

Related Posts

Recent Posts