3 Fitur Penting Aplikasi Rekrutmen Karyawan untuk Mendapatkan Workforce Terbaik

Sekilas tentang Aplikasi Rekrutmen Karyawan Berbasis Cloud

aplikasi rekrutmen karyawan

Time, dalam artikelnya pada Mei 2015, menobatkan Cloud Computing sebagai salah satu “New Technology” terpenting dalam dekade terakhir. Tentu pernyataan ini tidak recruitmberlebihan, karena nyatanya, saat ini, layanan berbasis cloud benar-benar banyak digunakan oleh banyak perusahaan maupun individu. Banyaknya penggunaan teknologi ini juga dipengaruhi oleh pandemi Covid-19. 

Menurut Gartner, akibat Covid-19, pengeluaran end-user di seluruh dunia untuk layanan cloud computing diperkirakan pasti akan tumbuh sebesar 18,4% di tahun 2021, menjadi total sekitar $304,9 miliar.

Banyak sektor pekerjaan yang mulai mengadopsi komputasi awan atau cloud computing, bahkan untuk proses rekrutmen sekalipun. Untuk informasi, rekrutmen adalah proses identify, attract, screening, shortlist, dan interview kandidat yang cocok untuk suatu pekerjaan (permanen atau sementara) dalam suatu organisasi atau bisnis.

Penjelasan selanjutnya di bawah ini mungkin akan membuat Anda, sebagai HR manager, mulai mempertimbangkan penggunaan aplikasi rekrutmen karyawan berbasis cloud untuk menemukan dan menarik tenaga kerja unggulan.

Hasil Survei tentang Aplikasi Rekrutmen Karyawan yang harus Anda Ketahui

aplikasi rekrutmen karyawan

Temuan pertama berasal dari Jobscan. Menurut temuan survei dari Jobscan Resume Match Report 2019, 98,8% atau 482 perusahaan yang termasuk ke dalam list Fortune 500 menggunakan aplikasi rekrutmen berbasis cloud dalam melakukan proses rekrutmennya. 482 perusahaan Fortune 500 tersebut menggunakan beberapa provider terkenal seperti, SuccessFactors, Workday, Taleo, BrassRing, dan iCIMS.

Temuan kedua berasal dari Capterra. Menurut temuan survei dari Capterra Recruiting Software Impact Report 2015, 94% recruiters dan hiring professionals mengatakan bahwa mereka menggunakan aplikasi rekrutmen karyawan berbasis cloud dan hal ini telah berdampak positif pada proses perekrutan mereka.

Sebenarnya ada beberapa survei lagi lainnya, namun itu mungkin akan menjadi pembahasan di dalam artikel lainnya. Untuk sekarang, cukup fokus ke dua temuan survei ini.

Secara implisit, aplikasi rekrutmen berbasis cloud telah berkontribusi banyak dalam dunia perekrutan dunia. Mengapa hal ini bisa terjadi? 5 poin berikutnya ini akan menjawab pertanyaan tersebut.

5 Alasan Mengapa Anda Perlu Aplikasi Rekrutmen Karyawan Berbasis Cloud

aplikasi rekrutmen karyawan

Hemat Biaya

Software berbasis cloud menghilangkan ketergantungan Anda pada perangkat penyimpanan data fisik, kertas, alat tulis kantor, venue untuk tes dan beberapa hal lainnya. 

Penyimpanan fisik cenderung lebih cepat rusak karena human error, penyewaan venue memakan biaya tambahan, hal-hal inilah yang bisa diatasi software rekrutmen berbasis cloud.

Implementasi Lebih Cepat

Setiap server downtime dapat merugikan bisnis Anda. Melakukan transisi ke server atau solusi software baru itu “menakutkan”, terutama jika tim rekrutmen Anda perlu menyesuaikan diri lagi dengan workflow yang baru.

Namun, software rekrutmen berbasis cloud ini beda. Software ini lebih mudah diimplementasi. Hal ini membuat tim Anda dapat kembali aktif dan bekerja kembali dengan cepat. Layanan berbasis cloud, kebanyakan, menggunakan web browser dalam pengoperasiannya. Set an account and start working, simple.

Analisis Lebih Mudah

Software rekrutmen berbasis cloud biasanya menawarkan teknologi pencarian built-in. Di sini recruiter bisa melakukan filter pencarian kandidat berdasarkan berbagai hal seperti nilai assessment, resume, kemampuan, tahun lahir, dan sebagainya. Hal ini sangat membantu dalam menemukan dan mengembangkan kandidat.

Integrasi Lengkap

Anda dapat mengintegrasikan berbagai tool lain ke dalam software rekrutmen berbasis cloud Anda. Dengan menghubungkan berbagai tool ke software rekrutmen, mereka semua dapat saling “berbicara” dan mengirimkan data, update, maupun informasi penting. Proses ini dapat membantu Anda dalam melancarkan proses perekrutan.

Keamanan Ekstra

Saat menggunakan Software rekrutmen berbasis cloud, seluruh data dan informasi akan dienkripsi. Hal ini akan menambah perlindungan digital perusahaan Anda dari serangan peretas.

Oke, sampai sini mungkin Anda penasaran dengan fitur-fitur apa yang bisa diberikan rekrutmen software berbasis cloud ini. Dan…..

3 Fitur Aplikasi Rekrutmen Karyawan Berbasis Cloud

 

Talent Sourcing

aplikasi rekrutmen karyawan
Online Illustrations by Storyset

Fitur ini akan membuat sebuah dynamic talent pools untuk menemukan kumpulan kandidat yang sesuai dengan requirement perusahaan dan akan terus diperbarui secara otomatis. Bahkan, Anda bisa menemukan pelamar pasif juga disini jika Anda kehendaki.

Anda juga bisa mendistribusikan job vacancy perusahaan Anda ke beberapa job boards di luar sana secara online dan otomatis, langsung ke beberapa Universitas, Linkedin atau Jobstreet.

Applicant Tracking System

Online Illustrations by Storyset

Software rekrutmen berbasis cloud yang dapat mengautomasi sebagian besar pembuatan job vacancy akan membuat pengalaman proses rekrutmen menjadi lebih baik. Tidak ketinggalan, software ini harus dilengkapi dengan fitur kolaborasi yang kuat karena harus bisa menghubungkan tim recruiter, tim HR, dan C-level perusahaan. 

Akan ada kemungkinan, perusahaan Anda dapat menjadi suatu perusahaan multi nasional. Untuk itu, global support untuk menjangkau kandidat di beberapa belahan dunia adalah fitur yang sangat berguna. 

Integrasi dengan platform lain seperti Linkedin, Jobstreet, Glassdoor, atau lainnya akan membuat perusahaan Anda semakin profesional dan kredibel.

Candidate Relationship Management

Online Illustrations by Storyset

Jalankan marketing campaigns dengan konten dan pesan yang relevan kepada para kandidat. Bisa dengan cara membuat landing page, kirim email secara langsung, personalized survei dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk membuat mereka semakin tertarik dan terpacu untuk menjadi lebih baik. 

Summing-up

Proses rekrutmen adalah salah satu proses krusial. Anda harus memastikan kualitas dari seorang kandidat yang akan bekerja di roda bisnis Anda. Lakukan tindakan preventif untuk mencegah kesalahan dalam memilih kandidat dengan menggunakan software rekrutmen berbasis cloud. Dengan berbagai keuntungan dan fiturnya, kemungkinan besar Anda akan mendapat kandidat yang sangat sesuai. 

Untuk tahu lebih lanjut tentang sebuah software rekrutmen berbasis cloud, Anda dapat berkonsultasi dengan tim terpercaya kami. Happy recruitment.

A. Alfan Alif

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts