Penerapan Protokol Kesehatan

Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan untuk Kantor New Normal

Pemerintah Indonesia secara resmi telah mengizinkan setiap daerah mulai menerapkan new normal di provinsi masing-masing. Dalam penerapan ini, pemimpin daerah diminta menjalankan kelaziman baru sesuai dengan protokol yang telah diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan.

Dengan adanya ini, masyarakat dan pengusaha diminta beradaptasi dan memahami pentingnya penerapan protokol kesehatan. Terutama dalam menjalankan rutinitas harian di rumah, sekolah, industri, bisnis dan sebagainya.

Dalam hal ini, Kementerian Kesehatan juga menyesuaikan protokol untuk manajemen kerja dalam rangka memitigasi transmisi Covid-19, agar para pekerja dapat terlindungi dengan sebaik mungkin dari penyebaran. Dalam arti lain, protokol tersebut juga memuat pedoman kesehatan untuk industri bisnis agar dapat menyesuaikan diri dengan new normal.

Kenapa penerapan protokol kesehatan penting dilakukan dalam menyambut kantor new normal?

Sebagaimana yang kita ketahui, pekerja adalah salah satu aset penting perusahaan. Tentunya menjaga kesehatan mereka agar tetap produktif di masa pandemi ini sangat penting untuk dilakukan.

Karena itu harus ada skala prioritas yang dimiliki oleh setiap perusahaan dalam rangka menjaga kesehatan pekerja atau karyawan. Penerapan protokol kesehatan merupakan sesuatu yang bersifat substansial dan penting untuk dilakukan dalam rangka menyambut kantor new normal.

Menteri Kesehatan Indonesia, Terawan Agus Putranto dalam pernyataannya di beberapa media nasional mengatakan bahwa berkumpulnya banyak orang dalam satu lokasi di tempat kerja tentunya memiliki potensi akan penularan Covid-19.

Oleh karena itu, penerapan protokol kesehatan diharapkan dapat meminimalisir terjadinya penularan yang dapat mengganggu berjalannya aktivitas industri atau perusahaan.

Ketentuan apa saja yang harus diikuti?

Dalam menerapkan ini, perusahaan dan karyawan harus bekerja sama agar dapat menjaga lingkungan usaha terbebas dari paparan Covid-19. Beberapa ketentuan telah diatur secara langsung di dalam protokol kesehatan, namun kerja sama yang baik tentunya akan membawa hasil yang baik juga.

Berikut beberapa ketentuan yang harus dilakukan perusahaan dan karyawan sesuai dengan protokol kesehatan:

#1 Membentuk tim manajemen kesehatan kerja yang akan menangani hal yang berhubungan dengan Covid-19. Tim ini bisa terdiri dari pimpinan, karyawan, bagian AK3 atau kedokteran tergantung ketersediaan posisi di perusahaan.

#2 Secara berkala melakukan penyemprotan disinfektan dan pembersihan di dalam area perusahaan, khususnya ruangan kerja dan lokasi yang sering terdapat keramaian pekerja.

#3 Mengedukasi dan memastikan pekerja senantiasa menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu, perusahaan juga diminta untuk menyediakan media informasi akan pentingnya memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan perilaku hidup sehat lainnya.

#4 Menerapkan prosedur jarak sosial (social distancing) minimal 1 meter. Mengatur jarak kubikal (bilik kerja) sejauh 2 hingga 3 meter antar masing-masing karyawan. Sementara itu, perusahaan juga diminta untuk mengingatkan karyawan untuk tidak berkumpul atau membuat keramaian dalam satu ruangan.

#5 Memastikan fasilitas umum perkantoran steril dan higienis, terutama pada fasilitas yang sangat sering digunakan secara bersamaan. Seperti lift, bagian lobi, pegangan pintu, mobil, toilet, musala dll.

#6 Melakukan skrining atau pengecekan suhu tubuh karyawan setiap akan masuk ke dalam lokasi perusahaan. Untuk hal ini lebih baik jika dilakukan secara berkala, agar perusahaan dapat mendata perubahan suhu tubuh karyawan, misalnya 2-3 kali pengukuran dalam satu hari.

Itulah beberapa ketentuan akan pentingnya penerapan protokol kesehatan di lingkungan perusahaan dalam menyambut dan menerapkan kantor new normal sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Untuk mempermudah Anda dalam melakukan pendataan suhu tubuh karyawan, Anda juga dapat menggunakan aplikasi online seperti Enterprise Health Report (EHR) yang dapat merekam catatan suhu tubuh karyawan Anda dengan mudah tanpa harus menggunakan kertas yang berlebihan.

Dengan EHR karyawan Anda dapat mengupdate data tentang suhu tubuh secara mandiri mereka melalui smartphone masing-masing.

Cukup install aplikasi ini melalui Play Store atau App Store secara gratis.

Sign Up for Free

Simillar post