Pandemi Covid-19

Pentingnya Mendata Kesehatan Karyawan di Masa Pandemi Covid-19

Pneumonia yang disebabkan oleh SARS-CoV 2 atau COVID-19 telah menyasar dengan begitu cepat hampir ke seluruh negara di belahan dunia manapun. Statusnya kini telah menjadi pandemi, dan tentunya membuat segala sektor kehidupan manusia mengalami perubahan yang cukup signifikan. Rutinitas keseharian kita menjadi berbeda, perubahan ini tidak bisa kita tolak di masa pandemi Covid-19 ini.

Kendati begitu, setiap perusahaan pasti ingin karyawannya dalam keadaan sehat selalu. Tetap ceria saat bekerja di kantor, maupun di rumah yang saat ini kerap disebut Work from Home (WFH). Terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 ini, kepedulian terhadap kesehatan karyawan bukan hanya demi kepentingan perusahaan atau persoalan produktivitas semata.

Hal di atas lebih kepada, sebagaimana yang ditulis filsuf kenamaan Jerman, Martin Heidegger dalam bukunya Sein und Zeit. Rasa peduli (sorge) merupakan hubungan dasariah antara manusia dan dunianya. Kepedulian antar sesama, misalnya pada karyawan adalah bentuk dari hubungan dasariah itu sendiri, dan juga karena ada hubungan timbal balik di dalamnya.

Memahami pentingnya kepedulian akan kesehatan karyawan di masa pandemi Covid-19, kini telah tersedia aplikasi Enterprise Health Report (EHR) dari Nascence Pte Ltd yang bisa Anda unduh secara gratis di gadget Anda masing-masing.

Fungsi aplikasi cukup sederhana, untuk mendata kesehatan para pekerja. Pun juga, agar Anda sebagai atasan dapat mengetahui langsung laporan kesehatan karyawan di masa pandemi Covid-19 melalui suhu tubuh yang telah mereka report secara berkala, dalam setiap harinya di aplikasi EHR.

Cara menggunakan aplikasi Health Report cukup mudah. Anda bisa langsung mengunduh secara gratis melalui Play Store dan App Store. Kemudian setelah resmi diinstal, dan aplikasi telah running, nantinya akan terdapat bottom navigation bar yang terdiri dari Home, Health Report, dan More.

Untuk melihat data dari laporan suhu tubuh, nantinya akan tersedia pada bottom Health Report. Sementara itu untuk proses pendataan suhu tubuh tergantung dari perusahaan, sebagai pemilik perusahaan Anda dapat menentukan pada jam berapa karyawan harus mengisi laporan suhu tubuh atau kesehatan mereka.

Saat mengisi form report di EHR, nantinya Anda akan dihadapkan pada tiga opsi:

  • Healthy, bagian yang menandakan bahwa Anda sedang sehat-sehat saja. Dan semuanya akan berjalan seperti biasanya.
  • not sure.., bagian ini menandakan bahwa Anda tidak yakin dengan kondisi kesehatan yang sedang Anda alami. Ketika Anda memilih bagian ini, maka akan muncul kolom tambahan berupa additional condition. Cukup Anda tambahkan kondisi kesehatan tertentu jika sedang mengalami demam, flu, batuk dan jenis kendala lain yang Anda alami. Untuk bagian additional condition ini setiap perusahaan bebas menambahkan opsi sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Namun nantinya hanya 5 jenis kendala kesehatan yang akan dapat diaktifkan.
  • Sick, bagian ini menandakan Anda sedang dalam keadaan yang tidak prima dan juga resmi saat memeriksa suhu tubuh dengan thermometer gun suhu Anda di atas rata-rata suhu tubuh manusia normal. Kolom tambahan berupa additional condition juga akan langsung muncul, dan sama seperti opsi not sure.., Anda akan diminta mengisi keterangan tentang kendala kesehatan yang saat ini Anda alami.

Hal lainnya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan reminder yang setiap harinya pada jam tertentu, sesuai ketentuan yang dibuat perusahaan, akan muncul notifikasi untuk mengingatkan kita mengisi report kesehatan. Setidaknya aplikasi ini dapat meminimalisir dan meningkatkan kewaspadaan kita dalam menjalani rutinitas keseharian saat #dirumahsaja selama pandemi Covid-19 belum berakhir.

Aplikasi gratis ini juga tersedia dalam dua bahasa, yakni dalam bahasa Inggris dan Indonesia sehingga memberi kemudahan saat Anda menggunakannya.

Nascence selaku penyedia aplikasi, menciptakan Enterprise Health Report (EHR) sebagai aplikasi open source agar dapat digunakan oleh setiap perusahaan demi memastikan kesehatan para karyawan selama masa pandemi Covid-19. Layanan ini juga disediakan secara gratis untuk kepentingan mendata kesehatan bagi setiap perusahaan sesuai dengan privacy yang telah dicantumkan dalam aplikasi.

Tetap sehat! Tetap semangat! Penting rasanya bagi kita semua untuk saling mengingatkan dan menjaga diri satu sama lainnya di masa pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga: 5 Cara Mengelola Bisnis Kecil Di Saat Krisis COVID-19

Jika Anda perlu mendapatkan laporan kesehatan karyawan Anda selama mereka menjalani Work From Home,  cukup install aplikasi ini melalui Play Store atau App Store secara gratis. Untuk melakukan registrasi, silakan mengklik di bawah ini dan dapatkan panduan lengkap dari tim profesional kami.

Get It Free

Simillar post