mengelola data karyawan

Aplikasi HRIS yang Fleksibel untuk Mengelola Ribuan Data Karyawan

Banyak perusahaan saat ini yang sedang beralih pada HRIS atau yang juga dikenal sebagai HRMS (Human Resource Management System) sebagai sistem untuk mengelola data karyawan. 

Jumlah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan menyediakan aplikasi HRIS pun tidak kalah banyak. Sehingga, memudahkan mereka yang sedang beralih untuk memilih yang paling sesuai.

Biasanya aplikasi HRIS tersedia dalam dua pilihan, yakni untuk perusahaan berskala kecil-medium dan perusahaan besar. Perbedaannya biasanya terletak pada kemampuan aplikasi dalam menampung data karyawan. 

Perusahaan dengan skala kecil-medium memiliki jumlah 50-250 karyawan sedangkan skala besar memiliki jumlah di atas 250 hingga ribuan karyawan. Maka dari itu, aplikasi HRIS disediakan untuk dua kategori perusahaan tergantung jumlah karyawannya. 

Selain itu, perusahaan yang mencari aplikasi ini juga mempertimbangkan kelebihan lain dari aplikasi tersebut. Beberapa kelebihannya dijabarkan pada poin-poin berikut.

#1 All-in-one data karyawan

Beberapa manajer HR mungkin akan menghubungi tim sales dan bertanya “aplikasi HRIS ini all-in-one gak ya?”.

Perusahaan manapun tentunya ingin satu aplikasi yang dapat menampung ribuan data karyawan mereka. Tentunya, data karyawan yang terpusat akan lebih mudah untuk tim HR dalam pengelolaannya. Sehingga, tidak perlu membuka banyak tab pada browser hanya untuk melihat data karyawan yang dibutuhkan.

#2 Custom fitur sesuai kebutuhan

Kelebihan aplikasi HRIS yang biasanya dipertimbangkan adalah aplikasi yang dapat dikustomisasi sesuai dengan manajemen yang sebelumnya telah diterapkan. 

Misalnya, pada aplikasi HRIS A terdapat 10 fitur di mana perusahaan X hanya membutuhkan 5 fitur saja. Namun, fitur pada aplikasi tersbut tidak bisa dikurangi demi memenuhi kebutuhan perusahaan X. Pastinya hal itu akan merugikan perusahaan X karena hanya menggunakan 5 fitur dengan harga 10 fitur. 

Dengan begitu, perusahaan X lebih membutuhkan aplikasi HRIS yang menjual aplikasi dengan harga per fitur. Jadi, dapat disesuaikan dengan kebutuhan dengan harga yang sesuai pula.  

#3 Membuat template laporan

Sama halnya dengan custom fitur, hal yang paling dibutuhkan tim HR adalah custom template laporan. 

Beberapa aplikasi memang tidak menyediakan custom template laporan sehingga laporan yang dihasilkan akan sudah sesuai dengan template yang tersedia. Lalu, sebagai tim HR anda akan bertanya “Jadi bagaimana kalau saya butuh kolom A dan tidak butuh kolom B?”.

Maka satu-satunya solusi adalah memilih aplikasi HRIS yang menyediakan custom template laporan. Sehingga, tidak akan ada kesulitan dalam membuat laporan karena anda bisa membuatnya sesuai data yang dibutuhkan. 

Salah satu aplikasi HRIS yang dapat meringankan pekerjaan manajer HR dalam mengelola ribuan data karyawan adalah Haermes. Kelebihan aplikasi ini adalah fleksibilitasnya yang mana aplikasi ini dapat disesuaikan dengan manajemen atau sistem yang sudah ada pada perusahaan anda.
Kami menyediakan konsultasi gratis di sini atau di bawah ini jika anda ingin terhubung langsung dengan tim profesional Haermes.

Master Admin

Categories:

Haermes

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts