Chatbots Customer Experience

Peran Penting Chatbot terhadap Customer Experience

Bagaimana cara Chatbot meningkatkan Customer Experience?

Seringkali saat ini ditemukan artikel bertemakan teknologi yang mengingatkan manusia akan pentingnya teknologi. Banyak artikel menyinggung soal perkembangan teknologi yang tiada hentinya. Pro dan kontra akan kehadiran teknologi di antara manusia pun terus bermunculan. Belum lagi, penulis yang menghadirkan fakta tentang teknologi yang sedang tren saat ini. Salah satunya adalah artikel ini.

chatbot customer experience

Berbicara tentang teknologi, salah satu teknologi yang saat ini mempunyai peran penting dalam berbisnis adalah chatbot. Mungkin ada beberapa dari kamu yang masih asing dengan istilah ini. Nah, berikut Weefer menghadirkan beberapa definisi Chatbot.

Apa itu Chatbot?

Wikipedia: chatbot adalah sebuah program komputer atau kecerdasan buatan yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau lebih manusia baik secara audio maupun teks.

Hubspot: chatbot adalah salah satu tipe bot yang didesain untuk berinteraksi dengan manusia melalui percakapan sesuai dengan program yang telah diatur.

Medium: Definisi chatbot menurut Oxford Dictionary adalah sebuah program komputer yang didesain untuk menstimulasi percapakan dengan manusia, khususnya melalui internet.

Technopedia: chatbot adalah sebuah program kecerdasan buatan yang menstimulasi percakapan manusia yang interaktif dengan menggunakan kunci frasa pengguna yang telah dihitung dan sinyal auditori atau berbasis tulisan.

Dapat disimpulkan bahwa chatbot adalah salah satu kecerdasan buatan yang diprogram untuk berinteraksi dengan manusia melalui internet yang berupa audio atau teks.

Menurut David Karanish, founder dan CEO Jane.ai yang dituliskan pada Forbes bahwa memproses bahasa natural digunakan untuk memahami apa yang dimaksud pengguna. Melalui NLP (Neuro-Linguistic Programming), perusahaan menggunakan jaringan syaraf untuk menyimpulkan kecocokan dan membuat algoritma sesuai yang menggunakan kombinasi dari teknik kasual dan jaringan syaraf modern untuk memilih respon yang paling cocok.

Apa saja manfaat Chatbot?

Penjelasan teknik tentang chatbot memang tidak begitu mudah untuk dipahami. Namun, kita perlu mengetahui keterkaitan chatbot terhadap kesuksesan bisnis. Well, apa sih hubungannya?

Salah satu topik yang paling banyak dibahas adalah keterkaitan chatbot dengan customer experience.

Menurut Forbes, chatbot merupakan kunci rahasia dalam meningkatkan customer experience. Laman ini menuliskan 3 alasan. Yaitu, Chatbot menyediakan layanan 24 jam, menyediakan pengalaman yang lebih personal, dan menyediakan percakapan yang bisa disesuaikan berdasarkan skala customer.

Dengan fungsi-fungsi tersebut, perusahaan akan memberikan customer experience yang lebih baik. Seperti yang dikatakan oleh Jeff Bezos CEO Amazon bahwa kita melihat customer sebagai tamu yang diundang ke sebuah pesta, dan kita adalah tuan rumah. Sudah menjadi pekerjaan kita setiap hari untuk membuat setiap aspek penting dalam customer experience menjadi lebih baik.

Laman WAM juga membahas hal yang serupa yakni bagaimana cara meningkatkan customer experience menggunakan chatbot. Mereka menyuguhkan poin-poin penting apa saja kegunaan chatbot. Kita bisa menggunakan chatbot untuk memindai internet dalam mencari informasi, mengotomatisasi respon dengan cepat, mendukung percakapan, otomatis memberikan informasi yang tepat, menstimulasi follower media sosial, dan melakukan tugas asisten virtual.

Coredna juga menambahkan bahwa pengembang chatbot Helpshift menemukan 94% dari 2000 lebih responden terus-menerus menghubungi customer support. Jadi, menggunakan chatbot juga bisa mengurangi tingkat stress anggota customer support.

Baca juga: 40 Data Statistik Pengaruh Transformasi Digital & Customer Experience

Melihat dari salah satu definisi chatbot di atas yang mana chatbot merupakan salah satu tipe bot. Nah, kalau kamu ingin mngetahui seperti apa sih bot itu. Kamu bisa melihat di setiap laman Weefer pada pojok kanan bawah. Situs web ini menggunakan Freshchat dengan teknologi bot. Dengan bot ini, kamu akan dibantu untuk mengumpulkan data customer. Bagaimana cara kerja selengkapnya? Then, you can try it now or later.

Simillar post