ITIL Adalah_ Pengertian, Konsep, dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

ITIL Adalah: Pengertian, Konsep, dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Wahyu Dwi

Share on:

ITIL adalah singkatan dari Information Technology Infrastructure Library. Sebuah kerangka kerja atau framework dalam aktivitas IT yang fokusnya pada pengelolaan layanan. Pada konteks bisnis, ITIL seringkali digunakan untuk menyelaraskan layanan IT dengan berbagai kebutuhan bisnis yang berbasis teknologi. 

Dalam artikel ini, mari kita bahas tentang apa itu ITIL, bagaimana konsepnya dan manfaat apa yang bisa diberikan ITIL untuk perusahaan Anda. Simak sampai akhir ya!

ITIL Adalah: Pengertian ITIL

ITIL Adalah

ITIL (Information Technology Infrastructure Library) adalah kerangka kerja yang dikenal luas untuk manajemen layanan TI yang membantu organisasi mengelola layanan TI mereka secara efisien dan efektif.

Melansir dari RealTech, ITIL bagaikan panduan lengkap untuk mengelola layanan TI (ITSM) secara efektif. Di dalamnya tercantum berbagai proses, prosedur, dan fungsi yang membantu organisasi merencanakan, memantau, dan meninjau layanan TI mereka. 

Dengan menerapkan ITIL, organisasi dapat mencapai tingkat layanan ITSM yang lebih tinggi, meningkatkan kepuasan user, dan mengoptimalkan kinerja departemen TI.

Jadi, ITIL adalah kerangka kerja yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan organisasi apa pun. Dengan menerapkan ITIL secara efektif, organisasi dapat meningkatkan layanan IT service mereka secara signifikan dan mencapai tujuan bisnis mereka.

Baca JugaITSM Adalah: Ketahui Definisi, Manfaat, dan Peran Pentingnya bagi Perusahaan

Kenali Proses dan Konsep ITIL

Kenali Proses dan Konsep ITIL

ITIL adalah satu set konsep yang berusaha mempermudah dan menjadikan pengelolaan IT jadi efektif. Pada prosesnya tentu menghubungkan alur yang masih berhubungan dengan layanan IT keseluruhan. 

Mulai dari tahap planning, monitoring, review, hingga monitoring. Oleh sebab itu, setiap prosesnya membutuhkan tujuan yang spesifik. Memastikan bahwa layanan IT bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dan unit bisnis. Selengkapnya dijelaskan di bawah:

Problem Management

Pada proses ini, ITIL bekerja untuk mengidentifikasi dan memecahkan akar permasalahan terkait disrupsi layanan IT. Insiden yang terjadi repetitif, berarti sebuah masalah. 

Bagaimanapun, problem management tidak hanya menemukan dan menyelesaikan masalah saja. Tapi juga melakukan analisa, penyebabnya apa, dan bagaimana cara mengatasinya hingga problem tersebut tak akan terjadi lagi di masa depan. 

Incident Management

Jika terjadi malfunctioning atau masalah dalam area & layanan IT, maka ITIL akan melakukan proses ini. Tujuan dari konsep ini adalah meminimalisir efek negatif dari setiap insiden yang terjadi. 

Cara kerjanya dengan melakukan restoring hingga layanan IT jadi beroperasi normal kembali. Konsep ini yang paling banyak digunakan dalam proses ITIL. 

Change Management

Teknologi selalu berinovasi, pasar dan perusahaan pun bertumbuh, begitupula dengan infrastruktur TI. Semuanya harus turut up todate dan bisa memnuhi kebutuhan penggunanya. Maka dari itu, ada yang namanya Change Management. 

Change sendiri merujuk kepada setiap detail dari proses perubahan yang terjadi dalam pengoperasian IT sehari-hari. Tidak hanya merujuk pada perubahan tapi juga pada setiap penyesuaian pada setiap software yang digunakan. 

Configuration Management

Untuk yang satu ini proses yang termasuk dalam mengidentifikasi dan melacak konfigurasi aset. Proses konfigurasi akan dilakukan ketika sistem, server, dan software dan komponen teknika lainnya dalam keadaan yang baik. 

Semua proses ITIL membutuhkan data yang akurat untuk bekerja dengan lancar. Makanya, konsep konfigurasi ini akan memastikan bahwa tidak ada perubahan minor atau maor yang mempengaruhi kinerja ITSM. 

Knowledge Management

Terakhir untuk proses knowledge management, fungsinya mengelola secara strategis, dan membagikan pengetahuan kepada perusahaan. Sebagai sebuah solusi yang berguna untuk tim IT dan setiap unit bisnis. 

Semacam FAQ atau best practices untuk hal-hal yang sering terjadi di ranah layanan IT. Semua pihak di perusahaan bisa mengaksesnya, jadi semacam manual book. Bahkan end-user juga akan bisa memanfaatkan proses ini dalam pengoeperasian teknologi. 

Manfaat ITIL untuk Perusahaan

Manfaat ITIL untuk Perusahaan

ITIL memberikan banyak manfaat untuk perusahaan yang menerapkannya dalam pengelolaan layanan TI. Di antaranya sebagai beirkut:

Meningkatkan Kualitas Layanan TI

Adanya ITIL adalah bisa membuat perusahaan punya standard dalam layanan IT-nya. Jadinya lebih konsisten dan kualitas layanannya merata, sama untuk semua end-user. 

Framework ini memberikan panduan agar end-user bisa mengidentifikasi, mengelola dan menyelesaikan insiden atau isu IT secara lebih cepat. Dengan begitu adanya downtime tidak akan memakan waktu lama. Maka, kepuasan pelanggan juga akan meningkat. 

Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Operasional IT

Dengan menggunakan ITIL, operasional IT perusahaan juga jadi lebih optimal dan efisien. Framework ini menyediakan panduan untuk ITSM yang lebih baik. 

Mulai dari hardware, system, software bahkan hingga data. ITIL juga bisa membantu perusahaan untuk meminimalisir resiko IT, sehingga menekan adanya kerugian baik secara finansial maupun operasional. 

Baca Juga: 5 Tantangan IT Project Management dan Cara Menghadapinya

Meningkatkan Pengambilan Keputusan

ITIL menyediakan kerangka kerja untuk mengumpulkan dan menganalisis data tentang layanan TI, sehingga memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih tepat dan berbasis data.

ITIL membantu perusahaan dalam meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan layanan TI, sehingga meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan.

Meningkatkan Kemampuan Adaptasi dan Inovasi

Dengan framework yang fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis, ITIL adalah konsep yang bisa membawa inovasi mutakhir. Ia dapat membuat perusahaan terbantu dalam adaptasi perubahan teknologi berikut tren industri. 

ITIL juga mampu memberikan dorongan inovasi dalam layanan IT. Maka, perusahaan bisa terus unggul dalam kompetisi tren dan perubahan zaman. 

Kesimpulan

Secara keseluruhan, menerapkan ITIL adalah keputusan yang dapat memberikan banyak manfaat, termasuk peningkatan kualitas layanan TI, efisiensi operasional, pengambilan keputusan, kepatuhan terhadap regulasi, dan kemampuan adaptasi.

ITIL adalah investasi yang berharga bagi perusahaan yang ingin meningkatkan kinerja TI dan mencapai tujuan bisnis Anda. Sempurnakan layanan ITSM perusahaan Anda dengan menggunakan Freshservice by Freshworks. Menyediakan solusi komplit untuk mengurangi waktu tunggu komplain dan melesatkan efektivitas dalam menyelesaikan masalah IT Anda. COBA GRATIS di sini!

Kelola Permasalahan IT dengan Mudah, dan Pastikan Kinerja Sistem yang Lancar dengan Freshservice

Daftarkan diri Anda sekarang dan raih layanan IT yang optimal untuk pertumbuhan bisnis Anda!

Hubungi SalesDemo Gratis Sekarang
Wahyu Dwi

Share on:

Categories: (1)

Freshservice
To the top