Alternatif Trello untuk Manajemen Project yang Terintegrasi dan All-in-One

Trello menjadi salah satu aplikasi produktivitas dan manajemen kerja yang banyak digunakan oleh profesional. Trello memungkinkan pengguna untuk membuat board, list, dan card untuk mendapatkan informasi dan view yang jelas tentang siapa yang sedang melakukan apa dan apa yang perlu dilakukan. 

Ini adalah kekuatan produktivitas yang sederhana, fleksibel, dan kuat. Trello dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan setiap tim dan terintegrasi dengan mulus dengan aplikasi dan layanan lain seperti Slack, Outlook, Gmail, Salesforce, InVision, Jira, dan ratusan lainnya. Apakah Anda berminat untuk memakai platform ini di kantor?

Mengenal Histori Trello

Trello adalah aplikasi berbasis web dengan gaya kanban yang digunakan untuk membuat list, yang awalnya dibuat pada tahun 2011 oleh Fog Creek Software dan saat ini dikembangkan oleh Trello Enterprise, sebuah anak perusahaan dari Atlassian. Berikut adalah sejarah singkat Trello:

Pada musim panas tahun 2012, anjing pendiri Fog Creek, Joel Spolsky, bernama Taco, menjadi ikon juru bicara resmi Trello. Platform ini mencapai 500.000 anggota dan meluncurkan aplikasi Androidnya.

Pada Juli 2014, Trello memisahkan diri dari Fog Creek dan menjadi Trello, Inc., dengan pendiri Fog Creek, Michael Pryor, menjadi CEO. Perusahaan ini mengumpulkan $10,3 juta dalam putaran pendanaan Seri A yang dipimpin oleh Spark Capital dan Index Ventures.

Hingga pada Januari 2017, Trello diakuisisi oleh Atlassian. Pada Desember 2018, Trello Enterprise mengumumkan akuisisinya terhadap Butler, perusahaan yang mengembangkan power-up terkemuka untuk otomatisasi tugas dalam papan Trello. Aplikasi ini mengumumkan 35 juta pengguna pada Maret 2019 dan 50 juta pengguna pada Oktober 2019.

Trello digunakan oleh lebih dari 40 juta pengguna di seluruh dunia, termasuk perusahaan-perusahaan terkemuka seperti Adobe, John Deere, Coinbase, dan National Geographic.

Apa Saja Fitur yang Ada di Trello?

Seperti aplikasi produktivitas dan manajemen organisasi lainnya, tentu saja Trello memiliki beberapa fitur yang bisa dimaksimalkan. Berikut ini penjelasan dari masing-masing fitur.

  • Board, list, dan card

Trello menggunakan board, list, dan card untuk manajemen proyek. Board mewakili tempat untuk melacak informasi, seringkali untuk proyek besar, tim, atau aliran kerja. List adalah kumpulan kartu yang dapat digunakan untuk mewakili tahap dalam suatu proses, kategori tugas, atau jenis pekerjaan. Kartu adalah tugas atau item yang dapat dipindahkan antara daftar dan ditugaskan kepada anggota tim.

  • Kustomisasi

Trello dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan setiap tim dan terintegrasi dengan mulus dengan aplikasi dan layanan lain seperti Slack, Outlook, Gmail, Salesforce, InVision, Jira, dan ratusan lainnya. Pengguna dapat menambahkan komentar, lampiran, dan tanggal jatuh tempo pada kartu, dan memindahkannya dari satu daftar ke yang lain untuk mencerminkan kemajuan proyek.

  • Power-Ups

Power-Ups adalah add-on yang dapat digunakan untuk memperluas fungsionalitas board Trello. Mereka dapat digunakan untuk membangun alur kerja khusus yang mengubah Trello menjadi hampir apa pun yang Anda butuhkan—solusi CRM, sistem tiket dukungan, kalender media sosial, dan lain sebagainya.

  • Otomatisasi

Trello memiliki sistem otomatisasi bawaan yang disebut Butler yang memungkinkan pengguna membuat aturan otomatis untuk hampir setiap tindakan di Trello.

  • Kolaborasi

Trello dirancang untuk ramah pengguna dan fleksibel, menjadikannya pilihan populer bagi individu dan tim yang ingin menyederhanakan alur kerja mereka. Pengguna dapat membuat kolaborasi lebih menarik dengan penutup dan warna kartu. Trello juga memungkinkan pengguna mengundang anggota tim ke board dan menugaskan tugas kepada mereka.

  • Produktivitas

Trello memiliki beberapa fitur yang dapat membantu meningkatkan produktivitas, seperti shortcut keyboard, Advance Checklist yang memungkinkan pengguna untuk dengan jelas menggambarkan bagian-bagian bergerak dari sebuah tugas, dan Mode Gelap yang dapat membantu mengurangi ketegangan mata.

Kelebihan dan Kekurangan Trello untuk Mendukung Pekerjaan Anda

Sebelum memutuskan untuk menggunakan sebuah aplikasi yang mendukung pekerjaan Anda, tentu Anda harus memperhatikan daftar pros dan daftar cons. Dari situ Anda bisa membuat perbandingan dan mencari alternatif solusi. Sebab sebuah platform produktivitas atau manajemen kerja seharusnya bisa memudahkan kinerja Anda dan tim, bukan malah sebaliknya. 

  • Kelebihan Trello

 

1. Mudah digunakan

Trello sangat ramah pengguna dan mudah diatur, sehingga dapat diakses oleh siapa saja yang ingin mengelola proyek mereka dengan lebih efisien.

 

2. Dapat disesuaikan

Trello dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan setiap tim dan terintegrasi dengan mulus dengan aplikasi dan layanan lain seperti Slack, Outlook, Gmail, Salesforce, InVision, Jira, dan ratusan lainnya. Pengguna dapat menambahkan komentar, lampiran, dan tanggal jatuh tempo pada kartu, dan memindahkannya dari satu daftar ke yang lain untuk mencerminkan kemajuan proyek.

 

3. Kolaborasi

Trello memungkinkan pengguna mengundang anggota tim ke papan dan menugaskan tugas kepada mereka. Hal ini membuatnya mudah bagi tim untuk berkolaborasi dan tetap terorganisir dalam pekerjaan mereka.

 

4. Otomatisasi

Trello memiliki sistem otomatisasi bawaan yang disebut Butler yang memungkinkan pengguna membuat aturan otomatis untuk hampir setiap tindakan di Trello. Ini dapat membantu tim menghemat waktu dan menyederhanakan alur kerja mereka.

 

  • Kekurangan Trello

 

1. Fitur Advance yang Terbatas

Trello kurang memiliki beberapa fitur manajemen proyek yang lebih canggih, seperti pelacakan waktu, Gantt chart, dan alat pelaporan bawaan, yang dapat menjadi penting untuk proyek-proyek yang lebih kompleks.

 

2. Masalah Skalabilitas

Trello mungkin bukan pilihan terbaik untuk organisasi besar atau tim dengan banyak proyek, karena sederhananya bisa menjadi hambatan ketika mengelola volume tugas yang tinggi dan anggota tim.

 

3. Keamanan yang Diragukan

Beberapa pengguna mungkin memiliki kekhawatiran tentang privasi data dan keamanan, karena Trello adalah solusi berbasis cloud dan informasi sensitif disimpan di server eksternal. Ini mungkin tidak ideal untuk organisasi dengan protokol keamanan ketat atau yang menangani data sensitif.

Secara keseluruhan, meskipun Trello adalah alat manajemen proyek yang serbaguna dan ramah pengguna, mungkin tidak cocok untuk semua organisasi atau proyek. Penting untuk mempertimbangkan kekurangan-kekurangan ini dan menimbangkannya dengan manfaat sebelum memutuskan apakah Trello adalah alat yang tepat untuk tim Anda.

Alternatif Trello, Atasi Kekurangannya dengan Lark Suite!

Dapatkan produktivitas yang tak tertandingi dengan Lark Suite dari Weefer. Beberapa fitur unggulan dapat langsung Anda rasakan.

Kolaborasi Real-time

Lark Suite memungkinkan kolaborasi tim dalam waktu nyata, memungkinkan anggota tim untuk berbagi informasi, dokumen, dan ide secara instan.

Pesan dan Video Konferensi

Anda dapat melakukan panggilan suara dan video berkualitas tinggi serta berbagi layar dengan mudah, yang memungkinkan pertemuan virtual yang efisien.

Manajemen Tugas

Lark Suite memiliki alat manajemen tugas yang kuat, termasuk daftar tugas, pengingat, dan penugasan, sehingga tim Anda dapat mengorganisir dan memprioritaskan pekerjaan dengan baik.

Kemampuan Berbagi Dokumen

Pengguna dapat berbagi, mengedit, dan bekerja sama pada dokumen secara bersamaan, tanpa perlu beralih antar aplikasi.

Jadwal dan Kalender

Mengintegrasikan kalender dan jadwal yang memungkinkan Anda melihat dan mengatur pertemuan, acara, dan tugas dengan mudah.

Keamanan Data

Lark Suite memberikan tingkat keamanan tinggi untuk melindungi data dan informasi bisnis Anda.

  • Integrasi dengan Aplikasi Lain

Lark Suite dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi lain yang umum digunakan, memastikan keterhubungan dan sinkronisasi yang mulus.

Akses dari Mana Saja

Anda dapat mengakses Lark Suite dari berbagai perangkat, baik desktop maupun ponsel, sehingga tim Anda dapat bekerja secara efisien, bahkan saat sedang bepergian.

Dengan fitur-fitur tersebut, Lark Suite memberikan solusi lengkap untuk meningkatkan produktivitas dan keterlibatan karyawan dalam lingkungan kerja yang modern. Cari tahu penawaran terbaiknya di sini.

Mohamad Krisna

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts