4-sistem-chatbot-terbaik-untuk-melayani-kebutuhan-pelanggan-anda

4 Sistem Chatbot Terbaik untuk Melayani Kebutuhan Pelanggan Anda

Apakah Anda pernah kaget saat tiba-tiba sebuah pop-up percakapan muncul ketika Anda sedang akses sebuah website? Biasanya, pop-up ini muncul di sebelah kanan bawah dan kadang juga diiringi oleh suara notifikasi dan beberapa baris sapaan ke Anda. Iya, benar itu adalah yang selama ini dikenal sebagai fitur widget dengan chatbot. Solusi perangkat lunak chatbot, saat ini, sudah cukup canggih karena untuk membuat fitur semacam itu Anda tidak perlu harus pusing dengan menulis barisan kodenya. Semuanya sudah serba intuitif dan easy-to-build.

Hmm… apa iya kalau pengunjung website yang “disapa” oleh chatbot itu punya efek positif. Sebuah laporan menunjukkan kalau 62% pelanggan bersedia berinteraksi dengan chatbot kalau memang chatbot itu bisa menyelesaikan masalah mereka dengan cepat. Mereka lakukan ini karena mereka butuh kecepatan, daripada harus lama menunggu respon dari agen manusia.

Itu di sisi pelanggan, bagaimana dengan sisi business owners? Di laporan yang sama, 74% responden mengaku kalau mereka cukup “satisfied” dengan apa yang diberikan oleh chatbot mereka. Bahkan, beberapa dari mereka bilang kalau hal ini bisa membantu mereka untuk mencapai target bisnisnya.

chatbot untuk pelanggan

Tapi, bagaimana bisa sih perangkat lunak ini membantu sebuah bisnis? Begini penjelasan singkatnya.

Bagaimana perangkat lunak chatbot membantu bisnis Anda?

Secara basic-nya, Ada tiga jenis utama dari chatbot ini:

Rule-based – mengikuti alur kerja yang telah ditentukan sebelumnya dan akan sangat efektif dalam melakukan obrolan dasar serta menyelesaikan masalah sederhana pelanggan yang berulang.

AI – menggunakan natural language processing (NLP) dan kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan sebuah interaksi percakapan semirip manusia.

Hybrid  – melibatkan perpaduan dari teknologi chatbot dan human input.

Tentukan pilihan Anda mulai dari sini, dan iya perangkat lunak chatbot bertenaga AI adalah yang sedang populer saat ini. Perangkat lunak ini menawarkan berbagai alat yang dapat mengoptimalkan waktu respons dari tim Anda, memberikan dukungan yang bahkan bisa aktif 24/7 kalau mau, atau memberi waktu lebih tim support Anda agar mereka hanya fokus ke permasalahan kompleks pelanggan saja (karena yang masalah sederhana sudah di-handle AI). Pada akhirnya semua ini bisa menghemat sumber daya dan tenaga kerja perusahaan Anda.

Perhatikan list di bawah ini mengetahui beberapa kemampuan dari chatbot AI:

  • Mempersingkat waktu tunggu pelanggan dan mengoptimalkan waktu respons agen
  • Tingkatkan efisiensi dengan menangani kueri sederhana pelanggan dalam jumlah besar secara bersamaan
  • Memberikan waktu lebih untuk tim support pelanggan untuk menyelesaikan masalah pelanggan yang lebih kompleks
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan karena cepatnya respon
  • Menawarkan pengalaman pelanggan lebih dipersonalisasi karena mengadopsi NLP, 
  • Hasilkan leads berkualitas untuk meningkatkan potensi peluang penjualan dan kampanye marketing

Singkatnya, chatbot membantu bisnis dengan menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik, meningkatkan efisiensi, menghasilkan leads, dan mempertahankan pelanggan melalui Customer Experience yang luar biasa.

chatbot membantu meningkatkan customer experience

Namun, memilih mau pakai penyedia sistem chatbot yang mana itu tidak mudah karena memang sudah banyak penyedia sistem ini di luar sana. Hal ini tentu membuat Anda merasa bingung dalam menentukan pilihan.

 

Premise inilah yang membuat kami menyediakan artikel spesial ini untuk Anda. Kami mencoba untuk menyusun secara sederhana 4 aplikasi chatbot terbaik mana saja yang cocok untuk Anda. 

Rekomendasi Aplikasi Chatbot Terbaik untuk Bisnis

1.) Freshchat

Freshchat memiliki fitur omnichannel chatbots bertenaga AI untuk kebutuhan customer service brand Anda. Penyedia ini memiliki sebuah algoritma kecerdasan buatan khusus yang diberi nama Freddy AI. Algoritma ini memungkinkan Anda untuk mendeteksi intent dari pelanggan Anda dan merumuskan apa langkah terbaik selanjutnya yang bisa ditempuh.

freshchat

Beberapa fitur Freshchat yang bisa Anda dapatkan adalah:

  • No-code chatbot builder
  • Chatbot analytics
  • Inbox Views
  • Topics
  • Groups
  • Conversation Labels
  • Bulk Actions
  • Instant responses 
  • No-code visual bot builder
  • Transfer the chat to an agent
  • Messaging channels, including WhatsApp, Facebook Messenger, Apple Business Chat, and more.

Ada satu catatan kecil yang sebaiknya Anda perhatikan. Freshchat belum mendukung fitur “spelling mistakes”. Jadi, Anda mungkin harus lakukan cek ulang jika mau nulis sesuatu atau Anda bisa gunakan aplikasi grammar checker pihak ketiga.

Paket layanan: Gratis, Uji coba gratis semua fitur 21 hari, atau 3 paket berbayar lainnya.

2.) Tidio

Tidio pada dasarnya adalah sebuah penyedia sistem manajemen customer experience. Salah satu produk intinya adalah sebuah aplikasi live chat yang didukung oleh AI Chatbot. Mereka mengklaim kalau layanan mereka sudah digunakan oleh 510 pengguna di seluruh dunia. Tidio menawarkan pembuatan chatbot intuitif dalam bentuk editor visual drag-and-drop. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan otonomi kepada Anda terkait kepemilikan chatbot yang Anda rakit sebelumnya. 

Sekitar 35+ template bisa Anda gunakan jika Anda tidak ingin membangunnya dari  benar-benar awal. Anda juga bisa mengintegrasikan Tidio ke berbagai pihak ketiga lainnya seperti perangkat lunak helpdesk Anda, misalnya.

Tidio

Beberapa fitur unggulan dari Tidio:

  • Live Typing
  • Live Visitors List
  • Viewed Pages
  • Advanced Shopify integration
  • Additional operator seats
  • Unlimited conversations
  • Analytics
  • Agent permissions
  • Customer notes
  • Departments24/5 Live Chat Support

Untuk informasi, fitur Live Typing itu maksudnya Anda bisa tahu apa yang sedang diketik oleh pelanggan Anda, ingat ya sedang

Paket layanan: Gratis atau mulai dari USD 29 sampai USD 394

4.)  ManyChat

ManyChat mendeklarasikan dirinya sebagai sebuah sistem chat marketing. Pada dasarnya mereka berfokus pada pengautomasian percakapan secara interaktif melalui Direct Message Instagram, Facebook Messenger, SMS dan beberapa aplikasi mobile messenger lainnya. 

Meskipun terlihat sederhana, beberapa review menyebutkan kalau proses setup automasinya itu lumayan complicated. Salah satu alasannya adalah kurangnya dokumentasi dan dukungan yang disediakan ManyChat dalam paket penjualannya. Di sisi lainnya, ada juga yang bilang kalau ManyChat hanya akan optimal jika digunakan di Facebook Messenger, sedangkan aplikasi messenger lainnya tidak sebegitu optimal di sini.

Paket layanan: Gratis atau mulai dari USD 15

3.)  Pandorabots

Ada sebuah fakta yang mungkin Anda perlu tahu terkait Pandorabots ini. Berdasarkan jurnal riset “Library Technology Reports – Chatbot Creation Operation” yang ditulis pada November 2013, Pandorabots merupakan salah satu chatbot paling tua dengan sebuah proprietary language mereka yang bernama AIML Program Z. Oh, dan Anda masih bisa menggunakan layanan Pandorabots sampai detik ini, namun ada satu hal yang perlu Anda garis bawahi.

Kekuatan Pandorabots dengan bahasa AIML-nya bisa menjadi kelemahan juga di waktu yang sama. Mengapa? Karena bahasa AIML mengharuskan Anda menentukan pasangan input/output, atau aturan Anda sendiri. Hal ini tentu berbeda dengan kerja bot yang lain di mana mereka mengandalkan machine learning. Jika Anda harus menentukan sendiri semua input dan outputnya, maka proses perancangan chatbot menjadi proses yang amat sangat panjang dan rumit. 

Jalin Komunikasi Efektif dengan Pelanggan Manapun via AI Chatbot

Sebagai garis bawah, sistem ini memungkinkan tim sales maupun tim support  untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan maupun pelanggan Anda yang sudah ada melalui berbagai channel. Tidak hanya itu, sistem ini juga berusaha untuk memberikan pengalaman komunikasi yang bisa memenuhi harapan atau menyelesaikan permasalahan pelanggan dengan cepat.

chatbot adalah fitur penting

Sebagai informasi, ada beberapa lagi fitur eksklusif dari sebuah AI Chatbot yang cukup menarik.

  • Fitur Peringkasan Percakapan

Ringkasan otomatis percakapan antara pelanggan dan agen Anda. Tentu, ini akan menghemat waktu dan tenaga bagi kolaborator lain atau agen baru karena memberikan gambaran singkat tentang poin-poin utama percakapan dan apa rekomendasi langkah selanjutnya.

  • Fitur Parafrase berdasarkan konteks formal/non-formal

Hal ini memungkinkan agen untuk mengetik respons dengan cepat dan kemudian dengan cepat mengubahnya menjadi pesan formal atau non-formal sesuai konteks. Koherensi antar kata juga diperhatikan di sini.

  • Fitur Autocomplete Kalimat

Fitur ini bisa jadi pedang bermata dua ya, jadi Anda harus benar-benar cek ulang kalau mau pakai fitur ini.

  • Fitur Article Generator

AI Anda bisa membantu Anda dalam membuat isi dari artikel knowledge-base dan FAQs

  • Fitur Email Copy Generator

Menulis konten email yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat untuk meningkatkan engagement. Anda dapat membuat email yang lebih dipersonalisasi dan disesuaikan dengan kebutuhan spesifik dan permasalahan masing-masing leads atau pelanggan.

Jadi, apakah Anda tertarik dengan fitur eksklusif semacam ini atau ingin tahu lebih lanjut terkait chatbot bertenaga AI yang dapat memberikan pelayanan lebih baik ke pelanggan? Anda bisa mulai dengan berdiskusi dengan tim terpercaya kami. Semoga bisa membantu dan terima kasih.

salesforce crm
A. Alfan Alif

Categories:

Checklist Freshchat

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts