interview-hacks-jawaban-untuk-pertanyaan-kelebihan-dan-kekurangan-diri

Interview Hacks: Jawaban untuk Pertanyaan Kelebihan dan Kekurangan Diri

Apa saja kelebihan dan kekurangan diri Anda? Itulah pertanyaan yang paling sering disampaikan recruiter saat interview kerja. 

Meski pertanyaan demikian tingkat familiaritasnya tinggi, tidak sedikit dari interviewee yang mengalami blank saat menjawabnya. Ada baiknya Anda membuat daftar terlebih dahulu, apa saja yang menjadi kekurangan serta kelebihan Anda.

Untuk memperlancar proses interview kerja Anda, Weefer akan membagikan artikel interview hacks yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya. Simak sampai akhir ya!

Bagaimana Cara Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri?

 ilustrasi pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interview perusahaan

Pernahkah Anda berpikir mengapa begitu sulit untuk mengenali apa saja kelebihan diri sendiri? Sementara daftar kekurangan diri bisa saja memanjang seperti ular. Apakah ini yang namanya impostor syndrome?

Sebuah istilah psikologi untuk seseorang yang merasa tidak memiliki keahlian apapun dan selalu pesimis alias tidak percaya diri. 

Tidakkah Anda juga sering merasakan hal ini? Bahkan tak jarang kita baru sadar akan kemampuan dari masukan yang datang dari atasan atau orang lain. Kita kesulitan dalam melakukan penilaian terhadap diri sendiri. 

Inilah beberapa tips yang bisa Anda praktekkan!

  • Refleksi Pribadi

Tidak ada seseorang yang paling mengenal Anda selain diri Anda sendiri. Maka, demi kemajuan diri sangat perlu bagi Anda mengetahui apa saja kelebihan serta kekurangan diri Anda.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin membuat jurnal. Hal tersebut bisa mengenai pencapaian-pencapaian yang pernah Anda dapatkan. Selain itu, Anda juga bebas menuliskan pengalaman serta hal-hal apa saja yang pernah terjadi di hidup Anda.

Dengan begitu, Anda juga bisa melihat bagaimana pola keberhasilan dan kegagalan yang kerap menimpa Anda. Dari situ Anda bisa belajar lebih baik dalam mengenali diri Anda sendiri. Apalagi jika Anda melakukan metode jurnal pribadi sebagai refleksi diri ini dengan rutin.

Anda bisa juga membuat trigger dengan menanyakan ke diri sendiri melalui pertanyaan reflektif seperti: “Apa yang saya sukai tentang diri saya?”, “Apa yang ingin saya perbaiki?”, dan “Apa yang membuat saya merasa bangga?” Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini dengan jujur untuk memahami diri Anda dengan lebih baik.

  • Meminta Feedback dari Orang Lain

Terdapat dua tipe orang yang bisa Anda mintai feedback mengenai diri Anda. Mereka adalah para anggota keluarga atau sahabat dekat, dan yang lainnya adalah rekan kerja atau atasan Anda.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan feedback dari sisi profesional maupun personal. Di tempat kerja, minta ulasan dari atasan atau rekan kerja mengenai kontribusi Anda dan area di mana Anda dapat meningkatkan kinerja. Perhatikan umpan balik konstruktif ini untuk memperbaiki diri.

  • Mengikuti Tes atau Uji Diri

Tips selanjutnya adalah dengan mengikuti tes atau uji diri. Saat ini banyak tes online gratis maupun berbayar yang bisa Anda lakukan untuk lebih mengenali diri Anda. Anda bisa mengikuti tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) atau Big Five Personality Traits, untuk mengetahui ciri khas kepribadian Anda.

Sementara untuk segi keterampilan, Anda juga bisa mengikuti uji kompetensi atau sertifikasi. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti projek yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda untuk lebih memahami kelebihan dan improvisasi kekurangan.

Baca Juga: 10 Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri saat Interview Kerja

Bagaimana Cara Menjawab Pertanyaan Kelebihan Serta Kekurangan Diri?

Nah, setelah mendapatkan tips mengenai cara-cara untuk lebih mengenali diri. Kini tiba saatnya pada section yang lebih krusial lagi. Sebuah cara untuk menjawab kelebihan dan kekurangan Anda dalam sebuah interview. 

  • Cara Menjawab Kelebihan Diri Anda

Ingatlah untuk menggambarkan kelebihan Anda secara konkret dan memberikan contoh atau pengalaman yang mendukung pernyataan Anda. 

Selain itu, penting juga untuk menyesuaikan jawaban Anda dengan kebutuhan dan nilai-nilai perusahaan yang Anda lamar, sehingga Anda dapat menunjukkan bagaimana kelebihan Anda akan menjadi aset berharga bagi perusahaan tersebut.

Berikut beberapa contoh yang bisa Anda sesuaikan kembali sesuai kebutuhan Anda dan perusahaan tempat Anda melamar.

“Saya percaya bahwa salah satu kelebihan saya adalah kemampuan adaptasi yang kuat. Saya memiliki kemampuan untuk dengan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang berbeda dan bekerja dengan orang-orang yang memiliki latar belakang dan perspektif yang beragam. 

Saya merasa nyaman dalam situasi yang dinamis dan cepat berubah, dan saya dapat dengan cepat mempelajari hal-hal baru dan menghadapi tantangan dengan fleksibilitas.”

“Saya adalah orang yang memiliki dedikasi tinggi terhadap pekerjaan saya. Saya sangat berkomitmen untuk mencapai kualitas dan keunggulan dalam setiap tugas yang saya emban. 

Saya selalu siap untuk mengambil tanggung jawab ekstra dan bekerja keras untuk mencapai hasil terbaik. Saya memiliki rasa keteraturan dan ketelitian yang tinggi dalam melaksanakan pekerjaan saya.”

  • Cara Menjawab Kekurangan Diri

Tips agar sukses menjawab pertanyaan ini adalah dengan memberikan penekanan pada langkah-langkah konkret yang telah Anda ambil atau rencana yang Anda miliki untuk mengatasi kekurangan Anda. 

Hal ini akan menunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda memiliki kesadaran diri yang tinggi dan komitmen untuk terus berkembang. Juga, pastikan untuk menjaga sikap yang positif dan mengarahkan perhatian pada kelebihan Anda yang dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

Berikut beberapa contoh yang bisa Anda sesuaikan kembali sesuai kebutuhan Anda dan perusahaan tempat Anda melamar.

“Terkadang saya bisa terlalu perfeksionis. Saya cenderung ingin mencapai hasil yang sempurna dan kadang-kadang menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menyelesaikan suatu tugas. 

Saya sadar bahwa waktu dan sumber daya yang terbatas dapat menjadi faktor yang perlu diperhatikan. Untuk mengatasi kekurangan ini, saya terus belajar untuk mengatur prioritas dengan bijaksana dan bekerja secara efisien tanpa mengorbankan kualitas pekerjaan.”

“Dalam beberapa kesempatan, saya mungkin terlalu kritis terhadap diri sendiri. Saya selalu ingin melakukan yang terbaik, tetapi terkadang saya bisa terlalu keras pada diri sendiri jika terjadi kesalahan atau ketidaksempurnaan. 

Namun, saya terus belajar untuk menerima bahwa kesalahan adalah bagian dari proses pembelajaran, dan penting untuk melihatnya sebagai peluang untuk tumbuh dan memperbaiki diri. Saya juga menghargai umpan balik dari rekan kerja dan atasan yang dapat membantu saya menjadi lebih baik.”

Baca Juga: Skills yang Diperlukan untuk Menjadi Pemimpin yang Baik

Dalam artikel ini, Anda telah diberikan panduan berharga untuk menghadapi pertanyaan mengenai kelebihan serta kekurangan diri pada interview kerja. Dengan begitu, Anda dapat memberi kesan terbaik pada recruiter dan meningkatkan peluang sukses dalam mencapai pekerjaan yang Anda dambakan. 

Dalam menghadapi wawancara kerja, jujur dan percaya diri adalah kunci saat menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan diri. Fokus pada langkah-langkah untuk mengatasi kekurangan, dan tekankan komitmen Anda untuk belajar dan berkembang. 

Jangan lupa untuk persiapkan diri dengan baik, hadapi wawancara dengan sikap positif, dan tunjukkan potensi dan dedikasi sebagai calon karyawan.

Sekian, semoga bermanfaat! Dapatkan lebih banyak tips seputar karir dan bisnis di blog Weefer.

Mohamad Krisna

Categories:

Karyawan

Share on:

To the top

Related Posts

Recent Posts