10 Rekomendasi Website Mencari Pekerjaan yang Terpercaya

Mohamad Krisna

Share on:

Usia orang produktif di Indonesia saat ini semakin meningkat. Hal ini berbarengan pula dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat meski di tengah pandemi. Tidak heran jika perusahaan yang mencari pekerja juga tetap ada, mengingat kebutuhan tenaga kerja yang juga meningkat.

Di tahun 2021 saja, jumlah pekerja di Indonesia mencapai 139,81 juta orang. Meningkat sebesar 1,59 juta orang dibandingkan tahun 2020.

Kebutuhan akan tenaga kerja juga menjadi peluang bagi beberapa orang. Terbukti, dari banyaknya agen penyalur kerja, headhunter, dan situs-situs penyedia lowongan kerja. Perusahaan yang mencari pekerja juga sekarang tidak perlu repot.

Dengan bantuan teknologi dan internet, perusahaan sekarang sudah bisa mendapatkan tenaga kerja sesuai kebutuhan. Artikel ini akan merekomendasikan 10 situs yang bisa digunakan untuk mencari pekerja.

Rekomendasi Website Mencari Pekerja yang Terpercaya

mencari pekerja dan lowongan pekerjaan

Berikut ini rekomendasi situs untuk mencari pekerjaan maupun mencari pekerja. Situs-situs rekomendasi ini merupakan situs yang terbukti aman dan terpercaya.

1) Jobstreet.co.id

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan job portal satu ini. Tidak heran, situs ini merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Jobstreet memiliki 80 ribu lebih perusahaan yang tergabung. Jobstreet adalah situs yang cocok bagi anda yang ingin mencari pekerja berkualitas.

Jobstreet juga sudah memiliki puluhan juta pencari kerja yang tergabung, dengan berbagai latar belakang dari berbagai daerah.

Situs ini dapat memudahkan para pelamar kerja dengan fiturnya. Pencari kerja cukup memasukkan mendaftar, memasukkan data diri secara lengkap dan melampirkan CV. Lalu, pelamar sudah bisa melamar pekerjaan kepada perusahaan yang diinginkan.

Kemudahan karena prosesnya yang serba online membuat Jobstreet menjadi pilihan banyak pencari kerja.

Jobstreet juga memiliki fitur di mana perusahaan dapat memperlihatkan range gaji yang ditawarkan untuk menarik minat pelamar. Perusahaan juga dapat mencantumkan informasi relevan lainnya seperti area atau wilayah perusahaan, dan lama proses perekrutan karyawan.

2) Karir.com

Karir.com berhasil dinobatkan sebagai jajaran situs job portal terbaik di Indonesia. Website yang menjadi bagian Emtek Group ini memiliki segudang fitur dan teknologi.

Portal kerja ini terkenal tidak hanya sebagai penyedia lowongan tenaga kerja saja. Namun juga menghadirkan teknologi AI dan cloud system yang mereka gunakan demi sistem perekrutan yang lebih optimal.

Teknologi AI yang digunakan Karir.com sangat membantu proses mencari pekerja. Secara otomatis perusahaan akan mendapatkan rekomendasi kandidat dan talenta yang paling sesuai.

Selain itu Karir.com juga menyediakan fitur e-Recruitment yang artinya, memudahkan pencari kerja dalam melamar pekerjaan. Semua fitur ini tentunya sudah tidak membutuhkan kertas lagi sehingga mengurangi penggunaan kertas.

3) Linkedin.com

LinkedIn merupakan platform profesional yang terbesar di seluruh dunia. Anda baik profesional atau sedang mencari kerja pasti sudah pernah mendengar platform satu ini.

Indonesia sendiri mencatat terdapat 18,86 juta pengguna aktif LinkedIn saat ini. Angka yang sungguh luar biasa. Tidak heran, platform milik Microsoft ini disebut sebagai media sosial para profesional. Tempat kaum profesional atau pekerja saling terhubung.

LinkedIn juga memiliki fitur mencari lowongan pekerjaan, dan perusahaan juga dapat memberi tahu jika mereka sedang membuka lowongan untuk posisi tertentu.

Kemudahan yang ditawarkan LinkedIn salah satunya adalah membentuk profil pengguna secara profesional. Fitur ini dapat digunakan recruiter untuk melihat apakah seorang pelamar cocok sebagai kandidat yang dibutuhkan perusahaan.

Pelamar dapat menghubungi HRD perusahaan langsung untuk mendapatkan informasi seputar lowongan yang mereka buka.

4) JobsDB.com

Rekomendasi selanjutnya adalah JobsDB.com. Situs job portal ini didirikan pertama kali pada tahun 1998 di Hongkong.

Tidak heran, situs ini menyediakan informasi lowongan pekerjaan dari negara-negara se-Asia seperti Filipina, Indonesia, Singapura, Cina, Hong Kong, dan Malaysia. JobsDB menawarkan peluang karier bagi pelamar lebih luas.

JobsDB.com memberikan informasi lowongan dari berbagai bidang. Perusahaan yang terdaftar juga bermacam-macam dan mencakup banyak industri.

Itulah kenapa JobsDB.com menjadi pilihan job seeker. Perusahaan anda juga dapat memanfaatkan platform ini untuk mencari pekerja berkualitas dari berbagai wilayah dan bidang keahlian. JobsDB juga merupakan bagian dari SEEK, perusahaan job portal terbesar di dunia.

5) TalentClub.work

Situs rekomendasi untuk mencari pekerja selanjutnya adalah TalentClub. Masih terbilang baru, namun job portal ini menawarkan keunggulan yang tidak dimiliki job portal lain.

Diantaranya ialah, dengan TalentClub anda dapat mengundang calon pelamar untuk proses wawancara langsung menggunakan fitur online interview yang disediakan situs tersebut. Sehingga, sebagai recruiter anda tidak perlu repot berpindah banyak aplikasi saat menjalankan proses seleksi wawancara.

Situs ini juga menyediakan fitur live chat yang dapat digunakan kandidat ataupun perusahaan yang mencari pekerja. TalentClub juga memiliki fitur ATS yang dapat memudahkan perusahaan anda dalam mencari pekerja.

Fitur unggulan situs ini bagi perusahaan terletak pada fleksibilitas untuk mengatur proses seleksi karyawan. Sebagai recruiter anda dapat memberi update terkait proses seleksi karyawan. Ini membuat pelamar tidak perlu cemas akan proses seleksi di perusahaan anda.

Baca Juga: Tips Dilirik HRD! Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

6) Glints.com

Siapa yang tidak kenal Glints, situs yang berasal dari Singapura. Glints melejit sebagai platform penyedia informasi lowongan kerja berkat strategi mereka mengembangkan komunitas pengembangan karier untuk usia muda.

Ternyata Glints juga menyediakan layanan pencarian kandidat dan membantu proses recruitment.

Glints cocok anda gunakan sebagai platform mencari pekerja di perusahaan anda. Karena, Glints selain menyediakan job portal gratis namun juga menyediakan jasa premium dalam situs mereka.

Jasa premium tersebut meliputi layanan headhunter bagi perusahaan yang sedang mencari karyawan untuk posisi tertentu. Jasa premium ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan dalam menemukan talenta dan posisi yang diminta perusahaan.

7) Loker.id

Situs penyedia informasi lowongan ini sudah ada sejak 2007. Loker.id memiliki banyak lowongan yang tersedia bagi para pencari kerja.

Loker.id menyediakan layanan premium bagi perusahaan. Seperti ATS (Applicant Tracking System) yang disediakan Loker.id. Fitur ini dapat menyeleksi CV dan lamaran kandidat secara otomatis.

Loker.id juga menyediakan talent pool, yaitu pengelompokan kandidat berkualitas yang bisa menghasilkan performa bagus. Sehingga, bisa memudahkan perusahaan yang sedang mencari pekerja dalam mencari talenta dengan keahlian tertentu.

8) Kalibrr.com

Kalibrr.com merupakan situs mencari lowongan pekerjaan asal Filipina. Meskipun di dalam situs tersebut menggunakan bahasa Inggris, nyatanya situs ini banyak digunakan juga oleh perusahaan asal Indonesia.

Perusahaan-perusahaan besar asal Indonesia seperti Bank BCA, Gojek, Bank Mandiri dan beberapa perusahaan besar lainnya memercayakan urusan mencari pekerja melalui platform ini. Tidak mengherankan karena platform ini juga menyediakan fitur unggulan.

Salah satunya ialah fitur tes secara online. Kalibrr.com bekerjasama dengan Asian Development Bank untuk menyelenggarakan tes IT, tes bahasa Inggris, tes kepribadian, dan tes lainnya.

Baca Juga: 20 Skill dalam CV yang Wajib Ada

9) Topkarir.com

Platform lowongan ini menyasar target anak muda. Jadi, tidak heran kandidat yang tergabung dalam situs ini kebanyakan adalah pekerja entry level.

Platform ini cocok jika perusahaan anda memang membutuhkan dan mencari pekerja untuk posisi entry level atau fresh graduate yang mungkin belum memiliki pengalaman kerja. Topkarir menyediakan informasi-informasi seputar ketenagakerjaan lainnya.

Kelebihan dari Topkarir.com adalah lowongan yang tersedia tidak hanya lowongan full-time pada perusahaan. Ada juga lowongan magang dan kerja paruh waktu yang dapat anda temukan di sini.

10) Jobs.id

Yang terakhir, ada Jobs.id. Sebuah platform job portal asal Indonesia yang sudah secara resmi bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan.

Lowongan yang ada dalam situs ini tidak hanya terbatas perusahaan swasta saja, namun juga perusahaan BUMN milik negara. Ranah industri yang tersedia di Jobs.id juga cukup luas. Mencakup bidang perbankan, IT, periklanan, dan masih banyak yang lainnya.

Perusahaan juga dapat menemukan kandidat dan mencari pekerja yang dibutuhkan berdasarkan profil kandidat di Jobs.id. Sehingga, pencarian calon karyawan menjadi lebih mudah dan praktis.

Penutup

Sebelum anda membuat iklan lowongan pekerjaan, pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu kebutuhan perusahaan dan divisi yang berkaitan.

Sehingga, proses seleksi lebih efektif dan kandidat yang didapat bisa menghasilkan kinerja sesuai harapan. Anda juga dapat memilih satu atau lebih job portal di atas untuk membantu mencari pekerja yang sesuai kebutuhan.

Semua situs di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan anda untuk memudahkan proses recruitment.

Mohamad Krisna

Share on:

Categories: (1)

Karyawan

Tags: (1)

job portal
To the top