Perbandingan Dua HRIS Lokal dan Non Lokal, Talenta vs SuccessFactors

Sebelum kita mulai perbandingan Talenta dan SuccessFactors, ada baiknya kita pemanasan dulu dengar penjelasan berikut ini. 

Saat ini, mulai banyak perusahaan skala menengah sampai skala atas sadar akan pentingnya suatu HR software.  Mereka umumnya tidak mencari fungsi Core HR dan Payroll saja, melainkan mencari SaaS (Software-as-a-Service) yang juga bisa membantu dalam proses Talent Management. Di dalam talent management, umumnya, terdapat juga fungsi performance management, onboarding, recruitment dan lainnya. Ingat, jangan menjadi perusahaan yang terlalu customer oriented. Anda harus bisa menyeimbangkan kebutuhan pekerja Anda juga.

talenta dan successfactors

Keluar pembahasan sebentar, tahukah anda? Saat ini banyak para pekerja Indonesia yang berani speak up ketika perusahaannya melakukan sesuatu yang tidak adil. Tidak hanya terjadi di bisnis dengan budaya korporat (seperti yang kebanyakan ditampilkan di TV), bisnis berbudaya startup pun juga mengalaminya. Bahkan salah satu e-commerce besar yang beroperasi di Indonesia dengan ciri khas warna orange pun terkena banyak protes karena upah dan jam kerja yang tidak manusiawi. Begitu pula salah satu startup besar bidang pendidikan, mereka juga terkena hal yang serupa.

Dari informasi tersebut, kita bisa mengambil pelajaran bahwa merawat pekerja di perusahaan Anda sama pentingnya dengan merawat customer. Di poin inilah fungsi HR software selain Core HR dan Payroll mengambil alih.

talenta dan successfactors

Artikel kali ini akan membandingkan dua penyedia software HRIS, Talenta dan SAP SuccessFactors. Talenta adalah salah satu penyedia layanan lokal yang fokus pada kedua hal tersebut. Tergabung dalam Mekari Group dan didirikan pada tahun 2014.

SAP SuccessFactors adalah pemain lama di bidang ini. Sudah hadir sejak 2001, perusahaan asal Amerika Serikat yang berfokus pada Human Capital Management ini memiliki track record yang mumpuni. Namun, bukan berarti dia tidak memiliki kelemahan.

Perbandingan Talenta dan SuccessFactors

Menurut TechTarget, fungsi inti dari sebuah HCM atau HRIS yang baik ada 3. Fungsi tersebut adalah:

1.) Core HR dan Payroll

2.) Talent Management

3.) Workforce Management

Tentu, di dalam setiap fungsi tersebut ada fungsi turunannya lagi. Artikel singkat ini akan berusaha untuk membandingkan Talenta.co dan SAP SuccessFactors berdasarkan ketiga fungsi tersebut.

Core HR dan Payroll

talenta dan successfactors

Secara garis besar, kedua layanan ini sudah memiliki fitur Core HR dan Payroll yang mumpuni. Namun ada beberapa catatan yang sebaiknya Anda perhatikan.

Talenta memiliki fitur Asset Management dalam Core HR mereka, sedangkan SuccessFactors tidak punya. Dengan asset management, Anda bisa memantau asset perusahaan dengan lebih mudah, sehingga mengurangi resiko kehilangan asset. Proses dokumentasi juga lebih praktis daripada hanya mengandalkan software spreadsheet tradisional. SAP sendiri sebenarnya punya layanan asset management, tetapi layanan itu tidak termasuk salam SuccessFactors.  

Di sisi lain, SAP SuccessFactors memiliki fitur Knowledge Base sedangkan Talenta tidak memilikinya. Dengan adanya knowledge base, kualitas self-service perusahaan terhadap pekerjanya menjadi baik. Bahkan, pekerja bisa request sesuatu melalui ticket dan akan ditanggapi oleh pihak perusahaan nantinya.

Talent Management

talenta dan successfactors

Fitur ini umumnya berisi kemampuan onboarding, recruitment, dan performance management. SAP SuccessFactors memiliki semua fitur tersebut ditambah dengan dua fitur, yang cukup penting, yaitu fungsi succession management dan learning management.  Anda belum bisa menemukan kedua fitur ini di Talenta. Succession management akan memudahkan Anda untuk mencari kandidat pengganti pada posisi penting di perusahaan Anda. Sedangkan learning management memudahkan Anda untuk memberikan pelatihan ke karyawan Anda. Sebagai tambahan, 360 degree feedback hadir di kedua layanan tersebut.

Workforce Management

Workforce Planning atau Workforce Management adalah salah satu komponen pembentuk HCM yang baik menurut TechTarget. SAP SuccessFactors memiliki fitur ini. Sayangnya, Anda belum bisa menemukan ini di Talenta.  Seperti Namanya, fitur ini memungkinkan Anda merancang karyawan Anda dengan segenap cara agar tetap bisa mendukung strategi bisnis perusahaan. Dengan bantuan insights berbasis AI, maka keputusan yang Anda buat untuk strategi bisnis menjadi lebih tepat.

Perlu diingat, artikel ini hanya berperan untuk memberikan suatu pandangan perbandingan. Tentu, keputusan final tetap di tangan Anda. Tidak ada yang salah antara Talenta dan SuccessFactors. Memilih satu di antara mereka sudah merupakan langkah yang tepat. Perlu kami sarankan, karena SAP SuccessFactors merupakan produk software non-Indonesia, maka Anda sebaiknya mencari official regional partner dari produk ini. Penawaran spesial atau harga yang lebih terjangkau pasti akan Anda dapatkan jika Anda tetap update dan bertransaksi melalui regional partner tersebut. Terima kasih telah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.

author
Alfan Alif

Share on: