implementasi freshdesk

4 Pertanyaan yang Sering Muncul sebelum Proses Implementasi Freshdesk

Suatu ketika Anda mendapatkan mandate dari perusahaan untuk segera menggunakan software helpdesk. Anda sudah melakukan riset berjam-jam untuk menentukan layanan mana yang sesuai dengan perusahaan. Akhirnya Anda menjatuhkan pilihan ke Freshdesk, karena menurut banyak review, layanan software ini memiliki rating User Interface dan Ease of Use yang tinggi. Anda sudah siap untuk membeli dan melakukan implementasi Freshdesk. Namun, Anda ternyata masih punya 4 pertanyaan tentang layanan helpdesk ini. Tenang saja, Artikel singkat ini akan membahas 4 pertanyaan umum yang sering muncul sebelum melakukan proses implementasi Freshdesk.

Sebelum memasuki pokok pembahasan, sebaiknya kita membahas sedikit dulu tentang software helpdesk. Software helpdesk, seperti Freshdesk, dapat membantu suatu perusahaan dalam mempercepat penyelesaian masalah yang dialami oleh pelanggannya. Sederhananya, software helpdesk dapat mengumpulkan informasi, menyederhanakan workflows, dan menghilangkan banyak proses operasional manual, semuanya dilakukan untuk mempercepat pemberian solusi kepada pelanggan. Agent customer support Anda tidak lagi harus bersusah payah untuk mencatat masalah pelanggan secara manual di spreadsheet, mencari email lama untuk menemukan dasar masalah pelanggan, melacak status masalah pelanggan secara manual, dan lainnya. Tentu, masih banyak lagi fitur lainnya yang bisa Anda dapatkan dari software ini.

Beberapa Riset tentang Manfaat Helpdesk

Ada berbagai cara sebuah helpdesk dapat membuat bisnis Anda lebih produktif. Hal ini menyebabkan banyak perusahaan sudah mulai mengadopsi software helpdesk semacam ini.

Menurut MarketWatch, Pangsa pasar atau market share dari software helpdesk diproyeksikan akan mencapai kurang lebih USD 1273.9 juta pada tahun 2025. Sedangkan menurut survey Hubspot, 86% tim customer service mengalami peningkatan produktivitas karena adanya sistem helpdesk. Sebuah key finding dari riset gabungan Avanade dan Sitecore menyatakan, Untuk setiap USD 1 yang Anda investasikan ke customer experience melalui software helpdesk, Anda akan memperoleh keuntungan USD 3.

Oke, bacaan pembukanya sudah cukup. Sekarang kita akan masuk pokok pembahasan

4 Pertanyaan Sebelum Melakukan Implementasi Freshdesk

  • Dalam proses implementasi Freshdesk, apakah kami akan mendapat bantuan?

Tentu Anda akan mendapatkannya. Proses implementasi adalah salah satu proses penting karena Anda harus memastikan bahwa, setidaknya, email customer service Anda terintegrasi dengan sistem Freshdesk. Hal tersebut bertujuan agar setiap email keluhan pelanggan yang masuk dapat diubah secara otomatis menjadi suatu ticket berdasarkan kategorinya.

Ada satu saran yang sebaiknya Anda perhatikan. Sebaiknya carilah regional partner resmi dari produk Freshdesk. Hal ini bertujuan agar proses bantuan implementasi tidak terkendala language barrier dan kemungkinan besar Anda juga mendapatkan harga khusus yang sudah disesuaikan dengan peraturan regional price.

  • Apakah ada Demo gratis atau Trial dalam layanan Freshdesk ini?

Jawaban singkatnya ada. Jawaban agak panjangnya, Anda akan mendapat trial 3 minggu atau 21 hari. Dalam 21 Hari, Anda dapat mencoba berbagai paket penjualannya mulai dari yang termurah paket Sprout sampai termahal paket Forest. Pastikan, apapun pilihan helpdesknya, Anda harus mencoba dulu demo dari software tersebut. Kemudian, riset juga tentang review dari software yang Anda mau pilih.

Anda mungkin bisa menetapkan suatu indikator, contohnya: helpdesk yang saya inginkan harus masuk list Gartner Magic Quadrant. Itu salah satu contoh indikator yang masuk akal karena list Magic Quadrant adalah list yang prestige. Untuk informasi, 2020, Freshdesk masuk ke kategori “visionary” dalam list tersebut.

  • Apakah kami akan mendapatkan support atau dukungan bantuan setiap hari selama 24 jam?

Anda akan mendapat support 24 jam selama lima hari. Iya, Anda tidak salah baca. Lima hari adalah support yang Anda dapat, Senin sampai Jumat. Mungkin terlihat tidak menjanjikan buat Anda, tetapi hal ini dipilih karena suatu hal. Hal tersebut adalah “work and life balance”. Bagaimanapun, manusia tetap menjadi operator dalam beberapa hal dan pastinya mereka membutuhkan waktu untuk menjalani kehidupan pribadi mereka. Hal tersebut bertujuan agar mereka tetap produktif dan tetap berkualitas. Sebuah perusahaan yang extraordinary adalah perusahaan yang mampu menyeimbangkan kesejahteraan pelanggan dan karyawannya.

  • Apakah Freshdesk bisa melakukan konfigurasi agar email pelanggan berubah menjadi tiket?

Tentu saja bisa. Anda bisa merujuk ke link ini untuk mengetahui caranya. Setiap email keluhan pelanggan yang masuk ke email customer service Anda akan berubah menjadi tiket. Tiket tersebut bisa diatur agar langsung bisa ditujukan ke agen terkait atau bisa juga dilakukan tindak lanjut lainnya seperti memberikan predefined answer.

Artikel singkat ini mungkin dirasa kurang dalam menjawab pertanyaan seputar implementasi Freshdesk. Untuk itu, Anda bisa merujuk ke website Freshdesk untuk membaca informasi tentang produk ini. Lebih baik lagi jika Anda menghubungi tim kami karena kami adalah salah satu regional partner resmi dari Freshworks. Tim terbaik kami siap memberikan informasi jauh lebih lengkap tentang produk software dari Freshworks. Klik banner dibawah agar kami lebih mengenal kebutuhan bisnis Anda.

Implementasi Freshdesk
author
Alfan Alif

Share on:

Categories:

FAQ

Tags:

Evaluate