SAP SuccessFactors dan Oracle

Dua HCM terbaik dunia: SAP SuccessFactors dan Oracle HCM

Awal tahun menjadi momentum terbaik untuk melakukan perubahan atau upgrade software HCM terbaik yang Anda miliki sekarang.

Kedua hal ini memang selalu menimbulkan pro kontra, tetapi hal ini harus dilakukan untuk bisa bertahan di kerasnya dunia persaingan global. Masa pandemi seperti ini banyak perusahaan yang kehilangan karyawan mereka.

Salah satu yang menyebabkan hal tersebut adalah perusahaan hanya melihat karyawan sebagai resource bukan asset yang harus dijaga dan dikembangkan. Disinilah letak HCM (Human Capital Management) bekerja.

Para vendor HCM terbaik dunia berlomba lomba memberikan pelayanan terbaiknya kepada klien bisnis mereka.
Ada dua rekomendasi HCM terbaik dunia saat ini. Mereka adalah SAP SuccessFactors dan Oracle HCM.

Perlu diingat, Anda tidak akan salah memilih satu diantara dua vendor HCM terbaik tersebut. Secara keseluruhan, mereka memiliki fitur yang sama dalam area HCM suitenya. Dalam review Gartner, dua vendor tersebut juga menempati posisi ‘leader’ dalam persaingan untuk menjadi HCM terbaik.

Tetapi, terdapat perbedaan kecil diantara kedua layanan HCM tersebut. Apa perbedaan kecil nya? Jawabannya akan kami berikan di artikel singkat ini.

SAP Successfactors dan Oracle

#1 Perbedaan Harga

Pricing untuk penerapan sebuah HCM suite sedikit banyak merupakan faktor penentu dalam proses pemilihan oleh perusahaan. Kita akan membahas mengenai pricing dari SAP SuccessFactors dulu.

Vendor ini sebenarnya tidak menyertakan daftar pricing di websitenya karena memang Anda harus konsultasi dulu untuk menentukan harganya. Tetapi, kami akan memberitahu harga normal yang vendor ini tawarkan.

Harga yang dikenakan adalah $8 (per employee per month) atau $85 (per employee per year). Dengan harga tersebut Anda akan mendapatkan HXM suite (rebrand dari HCM Suite milik mereka) yang memiliki 5 dasar fungsi yaitu Core HR dan Payroll, Talent Management, Employee Experience Management, HR Analytics, dan Workforce Planning.

Oracle HCM juga tidak menuliskan daftar pricing di websitenya. Jadi, kami akan memberitahu harganya dari informasi yang sudah kami himpun sebelumnya.

Core HR $15 (per employee per month), penambahan fitur helpdesk $4 (per employee per month), penambahan talent management $10 (per employee per month), penambahan fitur recruiting dan talent $5 (per employee per month), learning development $3 (per employee per month), penambahan fitur payroll $7 (per employee per month) ,dan penambahan workforce management $4.

Sebagai catatan penting, SuccessFactors memasang tarif tersebut untuk perusahaan dengan minimal 100 karyawan sedangkan Oracle HCM minimal harus 1000 karyawan.

#2 Employee Engagement atau Workforce Health and Safety

Ada perbedaan module dari kedua vendor ini. SAP SuccessFactors mempunyai dedicated module untuk sektor Employee Engagement.

Module ini mempunyai fungsi untuk meningkatkan engagement karyawan, meningkatkan digital employee experience, menilai performance kemudian memberikan feedback atau survey, dan lainnya. Hal ini sejalan dengan tujuan umum dari HCM yaitu memperlakukan karyawan, tidak sebagai resource, melainkan sebagai asset berharga.

Oracle HCM memiliki module Workforce Health and Safety. Seperti namanya, module ini memiliki fungsi seperti: workplace protection, incident reporting, dan incident management. Module ini juga selaras dengan tujuan HCM. Pemilihan antara dua module ini sangat bergantung dengan kebutuhan perusahaan Anda.

#3 Analytics vs Analytics

Jadi, bagaimana maksudnya analytics vs analytics itu?

Dua point perbandingan diatas sebelumnya merupakan perbandingan objektif karena perbandingannya menggunakan data yang sudah tertera tanpa ketimpangan pendapat.

Untuk point ketiga ini, perbandingannya kami dapatkan dari opini pengguna dua vendor tersebut. Kedua vendor ini memiliki kemampuan analytics pastinya. Kemampuan analytics mereka ternyata berbeda menurut users. SAP SuccessFactors mendapat kritik karena tingkat analytics nya yang kurang mendalam.

Ada juga yang menyebut reports nya sangat perlu untuk ditingkatkan. Anda bisa cek link ini untuk melihat berbagai pendapatnya.
Oracle HCM pun mendapat perlakuan serupa.

Third Stage Consulting Group mengeluarkan kritik opini terhadap suite ini. Analytic nya, disisi lain, terlalu overanalyze. Hal itu memicu munculnya istilah analysis paralysis yang intinya analytic nya sampai membuat orang pusing atau kebingungan.

Terlalu detail tidak mau dan kurang detail juga tidak mau, itulah salah satu kesulitan dalam melayani customers.
Semua pilihan kembali ke Anda. Stay calm dan pikirkan dengan matang sendiri atau bersama tim Anda mana HCM suite yang cocok.

Comparison diatas adalah perbandingan secara general, sangat general. SuccessFactors mampu melayani bisnis kecil sedangkan Oracle tidak. Oracle punya module kesehatan sementara SuccessFactors punya module employee engagement.

Masih menemui kesulitan dalam menentukan pilihan antara SAP SuccessFactors dan Oracle? Anda selalu bisa berkonsultasi dengan tim profesional kami terlebih dahulu.

author
Tarry Andini

Share on:

Categories:

Comparison

Tags:

Evaluate