meningkatkan produktivitas

4 Cara Memotivasi Karyawan untuk Meningkatkan Produktivitas

Menuntut karyawan bukanlah cara yang tepat untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas mereka. Memberikan tekanan demi tekanan justru akan menghambat pekerjaan dan bahkan memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan mental karyawan. 

Beberapa manajer memang belum begitu paham akan pentingnya motivasi bagi karyawan. Mereka justru mendesak karyawan untuk bekerja secara cepat dan tepat. Biasanya, jika karyawan melakukan kesalahan, mereka buru-buru menghakimi karyawan tersebut. 

Dengan begitu, produktivitas kerja akan semakin sulit untuk dicapai. 

Sebaliknya, sebagian manajer lainnya paham betul akan pentingnya memberikan motivasi pada karyawan. Misalnya, mereka menerapkan beberapa hal sebagai berikut.

#1 Menyediakan sarana pembelajaran untuk karyawan

Mencari karyawan baru dengan pengalaman dan keahlian yang luar biasa memang akan sangat menguntungkan bisnis anda. Mendapatkan karyawan yang sedemikian rupa tentu saja membutuhkan waktu yang tidak sebentar. 

Mulai dari membuka lowongan pekerjaan, proses perekrutan, dan proses pelatihan. Jadi, perlu disadari bahwa merekrut karyawan baru tentu memakan banyak waktu. 

Beberapa perusahaan teknologi saat ini mengembangkan sistem yang dapat membantu perusahaan yang ingin menjalankan learning program bagi karyawannya. 

Melatih karyawan yang sudah ada dirasa lebih menguntungkan dari pada merekrut tenaga kerja tambahan. 

Misalnya saja learning program yang disediakan oleh SAP SuccessFactors. Aplikasi ini menggunakan machine learning yang mana karyawan akan mendapatkan rekomendasi pembelajaran yang sesuai dengan bidang masing-masing.

Dengan demikian, karyawan dapat meningkatkan skill dan mendapatkan pengetahuan baru sekaligus.  

#2 Mengapresiasi hasil pekerjaan

Karyawan perlu diakui atas pekerjaan-pekerjaan yang berhasil mereka selesaikan dengan baik. Mengapresiasi hasil pekerjaan mereka merupakan motivasi yang sangat penting dalam meningkatkan produktivitas mereka. 

Selain perlu memerhatikan apakah pekerjaan mereka sesuai dengan target perusahaan, anda juga perlu memerhatikan peningkatan mereka. 

Dengan begitu, mereka akan lebih bersemangat dan produktif dalam bekerja. 

#3 Membantu perencanaan karir

Tidak banyak perusahaan yang membantu perencanaan karir karyawan. Mungkin anda pernah mendengar ada karyawan yang bekerja selama bertahun-tahun di posisi yang sama tanpa peningkatan apapun.

Kasus seperti ini perlu diulas kembali, apa penyebab dari terjadinya hal tersebut. Karyawan yang tidak mengalami pekembangan pada karirnya mungkin dikarenakan tidak adanya perhatian dari atasan yang mendukung perkembangan dan perencanaan karirnya. 

#4 Memberikan feedback

Melakukan penilaian kinerja sudah diterapkan oleh banyak perusahaan. Namun, masih ada perusahaan yang merasa bahwa hal itu masih kurang efisien. 

Misalnya penilaian karyawan yang dilakukan selama satu tahun sekali. Hal tersebut hanya membuat dokumen-dokumen menumpuk. 

Beberapa manajer saat ini memutuskan untuk memberikan feedback pada karyawan atas pekerjaan mereka. Sehingga, hal tersebut lebih mudah untuk diulas dari pada memberikan penilaian tahunan.

Baca Juga: 7 Tren di Dalam Dunia Kerja dan Pengaruhnya Terhadap Employee Engagement
Dengan memberikan karyawan pembelajaran, apresiasi, feedback serta membantu mereka dalam perencanaan karir, produktivitas akan lebih meningkat sehingga menciptakan lingkungan kerja yang lebih efisien.
Untuk melancarkan proses tersebut, SAP SuccessFactors menyediakan solusi Learning & Development. Solusi ini akan sangat membantu karyawan dalam pengembangan diri. Tersedia platform khusus di mana karyawan akan mendapatkan materi yang sesuai dengan posisi mereka.
Pelajari SAP SuccessFactors lebih lanjut.

WhatsApp

Email

Simillar post